Organisasi yang berada di Universitas Negeri Gorontalo

20 September 2020 10:21:15 Dibaca : 15

Marching Band Gita CivikaKemeriahan suara snare drum, cymbal dan lemparan stik mayoret jadi suasana yang bakal mahasiswa rasakan, kalau menjadi bagian dari Marching Band Gita Civika. UKM ini aktif mengikuti perlombaan atau parade marching band, baik di tingkat lokal atau nasional. Seperti di tahun 2014 lalu, UKM Gita Civika menyabet empat piala dari lomba marching band se-Sulawesi. Yaitu juara pertama di kontes perkusi, juara pertama untuk kategori color guard, juara ketiga di kontes parade dan juara empat untuk kategori umum. Untuk mahasiswa yang tertarik jadi anggota Gita Civika, kamu bisa cari tahu kegiatan mereka lewat Twitter @MB_GitaCivika.

UKM Penalaran dan KeilmuanUKM Penalaran dan Keilmuan menyebut komunitas mereka sebagai komunitas pelopor peradaban. Apabila mahasiswa mempunyai minat yang tinggi terhadap penelitian, UKM ini cocok untuk kamu. Ada empat bidang yang dikelola, yaitu bidang pengembangan sumber daya manusia, sosial politik dan budaya, sains dan teknologi, serta bidang ekonomi. Lewat kegiatan di sini, para anggotanya terbentuk menjadi mahasiswa yang kompetitif, inovatif, kreatif dan memiliki daya saing tinggi di bidang keilmuan dan penelitian.

UKM Shorinji KempoShorinji Kempo atau yang lebih dikenal sebagai kempo, merupakan UKM beladiri di Universitas Negeri Gorontalo. Shorinji kempo adalah beladiri dari Jepang yang didirikan oleh Doshin So. Lewat kegiatan ini, mahasiswa akan berlatih fisik untuk perlindungan diri dan tentunya bikin kamu lebih sehat. Selain itu, beladiri kempo juga menumbuhkan jiwa kepemimpinan lho. Baik di dojo (tempat latihan) atau di masyarakat. Jadi sudah jelas kan, kalau kegiatan mahasiswa satu ini adalah sarana yang pas untuk pengembangan diri baik mental, fisik dan pola pikir Quipperian.

Resimen Mahasiswa RimbajayaApa mahasiswa termasuk anak muda yang ingin berkontribusi dalam kegiatan bela negara? Kalau begitu, UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan175 Rimbajaya ini tepat untuk kamu. Menwa termasuk UKM khusus di Universitas Negeri Gorontalo karena aktivitasnya yang berkaitan dengan dunia militer. Program-program di Menwa juga di bawah pengawasan Kodim 1304 Gorontalo lho. Di UKM ini, kamu akan mendapat ilmu militer dan pelatihannya seperti strategi pertahanan, survival, terjun payung dan latihan menembak. Semua latihan ini untuk menyiapkan anggota Menwa sebagai komponen tambahan penjaga NKRI.

UKM OlahragaUKM Olahraga bertujuan untuk mengembangkan olahraga di kampus UNG. Ada beberapa cabang olahraga seperti basket, yang rutin mengadakan latihan dan menjadi sparing partner kampus lain. Kegiatan lainnya di UKM olahraga yaitu mengadakan kejuaraan di tingkat perguruan tinggi atau SMA.

UKM Pramuka RacanaBagi mahasiswa yang saat sekolah pernah aktif sebagai pramuka, UKM Racana UNG bisa jadi tempat kamu meng-upgrade ilmu. Anggota Racana punya berbagai aktivitas seperti jambore dan latihan lain yang lebih kompleks dibandingkan pramuka di sekolah. UKM ini juga rajin menyelenggarakan acara seperti seminar pendidikan, water rescue, lomba kesenian dan lomba kepramukaan.

UKM Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) MotolomoiaApa kamu mau hiking ke Gunung Boliyohuto atau menjeajah mencari anoa? Semua kegiatan itu bisa kamu ikuti dengan bergabung di Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Motolomoia UNG. Ada 3 divisi di UKM ini yaitu mountaineering, climbing dan lingkungan hidup. Jadi kamu bisa mengikuti kegiatan adventure seperti pendakian, susur goa, panjat tebing, rafting dan pelestarian alam.

UKM SKISKI (Sentra Kerohanian Islam) adalah UKM yang menjadi tempat perkumpulan mahasiswa Islam untuk mengembangkan dakwah di lingkungan kampus. Tapi kegiatannya bukan cuma beribadah. Anggota SKI juga membuat acara seminar dakwah Islam. Jadi, anggotanya bisa berbagi ilmu sambil mencari pahala.

UKM KK OikumeneUntuk mahasiswa yang beragama Kristen, UKM KK Oikumene menjadi wadah pengembangan nilai-nilai agama Kristen. Kamu juga bisa bersilaturahmi dengan rekan lain sesama pemeluk Kristen. UKM Oikumene akan membina anggotanya dalam iman, karakter dan keterampilan agar menjadi pemimpin yang menjunjung nilai agama.

UKM Hindu Dharma Ning CarasvatySejak didirikan tahun 2009, UKM Hindu Ning Carasvaty ditujukan untuk mahasiswa UNG yang beragama Hindu. UKM Hindu Ning Carasvaty juga bisa dibilang sebagai ‘Bali mini’ di kampus UNG. Kegiatan yang dilakukan sering berkaitan dengan hari raya Hindu. Selain soal keagamaan, UKM ini juga mengembangkan skill menulis para anggotanya. Tulisan-tulisan tersebut kemudian dipublish lewat blog.

So, apa mahasiswa sudah memilih kegiatan yang sesuai minat dan bakat kalian? UKM apapun yang dipilih tentunya berguna untuk pengembangan karakter. Kamu juga akan mendapat berbagai pengalaman untuk bekal di kehidupan kerja nantinya. Pastinya, mahasiswa tidak akan menjadi mahasiswa ‘kupu-kupu’. Dengan begitu, cerita kamu di kampus jadi lebih seru.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong