Progam Studi Universitas Negeri Gorontalo

16 September 2020 19:05:47 Dibaca : 7

Fakultas Ilmu PendidikanFakultas ini mempersiapkan kamu untuk jadi tenaga pendidik. Berikut prodi di dalamnya:

Prodi Bimbingan dan Konseling

Quipperian akan mempelajari  pemberian bantuan konsultasi melalui ilmu pendidikan dan psikologi. Saat lulus, kamu dapat menjadi konselor, tenaga di perusahaan atau guru dan dosen  bimbingan konseling.

Prodi Pendidikan Anak

Jurusan ini cocok untuk Quipperian yang suka berinteraksi dengan anak. Kamu akan mempelajari pendidikan yang tepat untuk anak. Nantinya kamu dapat berkarir sebagai guru PAUD, dosen dan konsultan anak.

Prodi Administrasi Pendidikan

Di prodi ini kamu tidak hanya diajarkan tata usaha (TU) sekolah tetapi juga proses pengarahan dan pengintegrasian untuk capaian pendidikan. Jadi, kamu bisa berkarir sebagai di Dinas Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Tenaga Pengajar dan Staf TU.

Prodi Pendidikan Luar Sekolah

Di prodi ini kamu akan belajar cara menjadi tenaga akademik profesional di bidang pendidikan formal maupun informal. Setelah lulus, Quipperian dapat berkontribusi di instansi pemerintah atau masyarakat. Misalnya sebagai pengelola, pengembang desa dan wirausahawan.

 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamFakultas ini mempelajari ilmu alam murni dan pendidikannya, dengan pilihan prodi berikut ini:

Prodi  Ilmu dan Teknologi Kebumian

Quipperian akan belajar ilmu Geologi. Asyiknya, kamu akan kuliah praktik dengan praktisi dan atau instansi terkait kebumian. Kamu bisa berkarir di pertambangan, menjadi dosen atau peneliti.

Prodi  Pendidikan Matematika

Kamu akan mempelajari matematika murni, terapan dan teknik survei. Setelah itu Quipperian bisa berkarir di lembaga survei seperti Badan Pusat Statistik, peneliti, guru  atau dosen.

Prodi Biologi

Quipperian akan belajar ilmu biologi murni dan terapan yang cakupannya luas, seperti bioteknologi dan ilmu lingkungan. Sehingga kamu bisa berprofesi sebagai peneliti, dosen, guru, atau staf di lembaga pelestari lingkungan.

Prodi  Kimia

Quipperian tertarik mempelajari  ilmu kimia mendetail? Kamu bisa memilih prodi pendidikan kimia. Quipperian akan diajarkan ilmu kimia pengembangan maupun terapannya dalam keseharian, sebagai persiapan berkarier sebagai peneliti, guru dan dosen.

Prodi   Fisika

Quipperian tertarik membuat pesawat seperti B.J.Habibie? Salah satu ilmu yang harus kamu pelajari yaitu fisika. Di prodi ini diajarkan tentang fisika di kehidupan manusia. Nantinya kamu berkarir sebagai ilmuwan, peneliti, guru dan dosen fisika.

Prodi  Geografi

Di pendidikan geografi, Quipperian mempelajari fenomena alam dan manusia dari sudut pandang keruangan bumi. Quipperian bisa kerkarir sebagai perencana tata kota, ahli pemetaan, klimatolog atau peneliti.

Fakultas Ilmu SosialProdi  Sosiologi

Prodi ini pas untuk Quipperian yang ingin mendalami interaksi sosial, sosiologi interpretasi dan budaya di masyarakat. Lulusannya dapat berkarir menjadi peneliti sosial, pebisnis dan jurnalis

Prodi  Sejarah

Quipperian yang mau belajar sejarah manusia akan mendapatkan ilmu di prodi ini. Nantinya, kamu bisa menjadi sejarawan, jurnalis atau dosen.

Prodi  Ilmu Komunikasi

Quipperian yang ingin mempelajari komunikasi secara teori maupun praktik bisa memilih prodi komunikasi. Pilihan karirnya yaitu jurnalis, public relations dan pekerjaan lain terkait media danperiklanan.

Prodi Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan

Kamu yang berjiwa nasionalis pasti tertarik mempelajari hukum dan politik dalam  masyarakat. Kamu dapat menjadi guru, dosen atau peneliti hukum-politik.

 

Fakultas Sastra dan BudayaProdi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ilmu seperti teori sastra, kritik sastra, kebahasaan dan kemampuan dasar berbahasa bisa memilih prodi ini. Quipperian dapat berkarir menjadi sastrawan, editor, wartawan dan pustakawan.

Prodi  Pendidikan Bahasa Inggris

Di prodi ini, Quipperian akan dibekali ilmu Bahasa Inggris dasar sampai perkembangannya. Biasanya, lulusan prodi ini berkarir sebagai guru, jurnalis, asisten public relation dan copywriter.

Prodi  Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik

Quipperian yang berjiwa seni atau ingin mendalami tari, drama dan musik bisa menimba ilmu di prodi ini. Kamu bisa berkarir sebagai seniman, pelatih atau guru kesenian.

Prodi Pariwisata

Traveling jadi hal yang disukai banyak orang. Kamu bisa mendalami ilmu pariwisata dan cara pengembangannya di prodi ini. Setelah lulus, Quipperian dapat menjadi konsultan pariwisata atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta.

Fakultas TeknikProdi  Teknik Sipil

Quipperian yang memilih teknik sipil akan belajar perencanaan dan pelaksanaan proyek konstruksibangunan. Ilmu ini akan bermanfaat untuk kamu yang ingin berkarir sebagai kontraktor atau arsitek.

Prodi  Teknik Industri

Teknik industri melibatkan banyak disiplin ilmu, seperti teknik, matematika, fisika hingga ilmu sosial. Banyak sarjana dari prodi ini yang berkarir di berbagai bidang industri, baik di bagian produksi, safety, quality control hingga pemasaran.

Prodi  Pendidikan Kriya Seni

Kamu bisa lebih mendalami teknik pembuatan karya seni rupa serta perencanaannya di prodi teknik kriya. Dengan ilmu tersebut, kamu bisa menjadi pemilik industri kreatif, pelatih keterampilan dan tentunya guru atau dosen kriya seni.

Prodi  Teknik Elektronika

Pada prodi teknik elektro, Quipperian akan mempelajari teknik sifat elektron dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mendukung Quipperian saat berkarier menjadi teknisi telekomunikasi, PNS dan pegawai BUMN seperti di PLN.

Prodi  Teknik Arsitektur

Quipperian yang memilih teknik arsitektur akan mempelajari ilmu desain dan rancang bangunan. Sehingga setelah lulus, kamu dapat berkarir sebagai konsultan dan arsitek.

Prodi  Teknik Informatika

Prodi teknik informatika mempelajari penerapan logika matematika untuk pengelolaan informasi.Bidang ini termasuk yang sedang berkembang lho. Quipperian dapat berkarir sebagai konsultan informatika atau tenaga ahli IT di perusahaan.

 

Fakultas PertanianProdi  Ilmu dan Teknologi Pangan

Prodi ilmu dan teknologi pangan mempelajari rekayasa proses pangan sampai manajemen industrinya. Ini pas banget untuk Quipperian yang ingin menjadi konsultan pangan atau bekerja di bagian pengendalian mutu dari suatu produk.

Prodi  Agribisnis

Pada jurusan agribisnis, kamu akan mempelajari ilmu bisnis yang berhubungan dengan industri perkebunan maupun pertanian. Setelah lulus, kamu dapat berkarir sebagai peneliti, pengusaha agribisnis atau tim quality control di perkebunan.

Prodi  Agroteknologi

Agroteknologi mempelajari berbagai teknik pengembangan varian tanaman unggulan atau teknologi lain di dunia pertanian. Kamu dapat berprofesi sebagai peneliti, dosen atau wiraswasta di bidang pertanian.

Prodi Peternakan

Prodi ini mempelajari teknologi produksi dan manajemen peternakan untuk memaksimalkan produktivitas ternak. Setelah lulus, kamu bisa berkarir di posisi manajerial atau operasional dalam perusahaan peternakan, instansi pemerintah, balai penelitian atau wirausahawan.

Fakultas Olahraga dan KesehatanProdi  Kesehatan Masyarakat

Prodi ini mempelajari kesehatan masyarakat pada tingkat global, melalui pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat. Dengan ilmu tersebut kamu dapat berkarir sebagai manajer rumah sakit, supervisor perusahaan makanan serta promotor dan analis kesehatan.

Prodi  Farmasi

Apa Quipperian tertarik belajar meracik obat? Kamu bisa mendalaminya di prodi farmasi. Kamu juga mempelajari cara standarisasi obat, pendistribusian dan penggunaannya. Setelah lulus, Quipperian dapat menjadi apoteker atau staf di perusahaan obat.

Prodi  Ilmu  Keperawatan

Quipperian akan mempelajari dunia perawat, seperti ilmu bio-psiko-sosio di bidang kesehatan serta pelayanan kesehatan yang baik. Setelah lulus, kamu dapat berprofesi sebagai perawat atau dosen ilmu keperawatan.

Prodi  Pendidikan Kepelatihan dan Olahraga

Di prodi pendidikan kepelatihan dan olahraga, Quipperian akan belajar teknik pelatihan olahraga yang dibutuhkan untuk akademisi maupun olahragawan profesional. Nantinya kamu bisa berkarir sebagai pelatih olahraga, guru atau dosen.

Prodi Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Quipperian akan mempelajari ilmu olahraga dan sport internpreneurship. Nantinya kamu akan berkarir sebagai pembina olahraga rekreasi, wirausaha, dan guru atau dosen mata pelajaran jasmani,kesehatan dan rekreasi

Fakultas EkonomiProdi  Manajemen

Pada prodi manajemen, Quipperian akan belajar ilmu akuntansi, ekonomi, bisnis sampai pemasaran. Setelah lulus, kamu bisa meniti karir sebagai manajer perusahaan. Ada juga pilihan profesi lain, seperti administrator keuangan, supervisor, atau wiraswasta dengan bekal kemampuan manajerial.

Prodi  Akutansi

Prodi ini cocok untuk Quipperian yang bercita-cita menjadi akuntan, administrator pajak, auditor atau karir lain di dunia perbankan. Kamu akan mempelajari ilmu keuangan, seperti perhitungan neraca, cash flow dan laporan laba rugi.

Prodi  Pendidikan Ekonomi

Di prodi ini, Quipperian akan mempelajari pendidikan ekonomi, akuntansi dan administrasi perkantoran, temasuk proses-prosesnya. Kamu dapat berkarir sebagai guru atau dosen bidang ekonomi.

Fakultas Perikanan dan Ilmu KelautanProdi  Manajemen Sumberdaya Perairan

Prodi ini mempelajari sumberdaya perairan laut dan pesisir, seperti pengelolaan, masalah lingkungan dan kehidupan sosial masyarakat. Quipperian disiapkan untuk menjadi ahli di bidang perairan laut. Jadi kamu bisa berkarir di instansi kelautan swasta atau pemerintahan dan menjadi wiraswasta.

Prodi Budidaya Perairan

Quipperian akan mempelajari tentang budidaya perikanan ikan air tawar, air payau dan air asin, manajemen kesehatan ikan, pengembangan pakan dan industri perikanan. Setelah lulus kamu bisa berkarir menjadi pengusaha, PNS dinas perikanan atau balai penelitian dan wirausahawan.

Prodi Teknologi Hasil Perikanan

Quipperian akan mempelajari  teknologi pengolahan sumberdaya perikanan seperti tataniaga hasil perikanan, manajemen pakan dan ekonomi perikanan. Setelah lulus kamu bisa berkarir di industri perikanan, dinas perikanan atau menjadi wirausahawan,

Fakultas HukumFakultas ini memiliki satu prodi yaitu ilmu hukum. Quipperian yang tertarik mempelajari hak asasi manusia dan berbagai bidang ilmu hukum bisa mendapatkannya ilmunya di sini. Setelah lulus, Quipperian dapat berkarir menjadi advokat, pengacara, peneliti hukum, sekretaris hukum, hakim dan jaksa.

Biaya Kuliah di Universitas Negeri GorontaloUniversitas Negeri Gorontalo memiliki tingkatan biaya agar bisa mengakomodir mahasiswanya yang berasal dari berbagai kalangan. Ada tujuh tingkatan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang nilainya berbeda-beda pada tiap fakultas. Berikut informasi biaya kuliah di UNG:

No.FakultasKisaran biaya UKT1.Fakultas Ilmu Sosial(Kecuali prodi sosiologi : Rp 500 ribu – Rp 5 juta)Rp 425 ribu – Rp 3,5 juta2.Fakultas Ilmu PendidikanRp 425 ribu – Rp 3,5 juta3.  Fakultas Sastra dan BudayaRp 425 ribu – Rp 3,5 juta4.Fakultas EkonomiRp 425 ribu – Rp 3,5 juta5.Fakultas MIPA(Kecuali prodi biologi: Rp 425 ribu – Rp 3,5 juta)Rp 500 ribu – Rp 5 juta6.Fakultas TeknikRp 500 ribu – Rp 5 juta7.Fakultas Hukum 8.Fakultas PertanianRp 500 ribu – Rp 5 juta9.Fakultas Olahraga dan KesehatanRp 500 ribu – Rp 5 juta10.Fakultas PerikananRp 500 ribu – Rp 5 juta*Biaya dapat berubah, tergantung kebijakan universitasSedangkan biaya kuliah jalur mandiri dibebankan atas SPP dan BPP (uang pangkal). Dengan besaran SPP  Rp 2 juta sampai Rp 3 juta dan BPP antara Rp 10 juta sampai Rp 12 juta. Biaya ini tergantung prodi yang kamu pilih. Selamat memilih program studi ya Quipperian

10 Fakultas Universitas Negeri Gorontalo

16 September 2020 18:54:21 Dibaca : 3

Universitas Negeri Gorontalo memiliki 10 fakultas, yaitu:

Fakultas Ilmu PendidikanFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamFakultas Ilmu SosialFakultas Sastra dan BudayaFakultas TeknikFakultas PertanianFakultas Ilmu Olahraga dan KesehatanFakultas EkonomiFakultas HukumFakultas Perikanan dan Ilmu KelautanBerikut daftar jurusan dan program studi yang ada di Universitas Negeri Gorontalo:

NoFakultasJurusanProgram StudiAkreditasiKeterangan1Ilmu PendidikanPendidikan AnakS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia DiniB  S1 Pendidikan Guru Sekolah DasarB Bimbingan dan KonselingS1 Bimbingan dan KonselingB Administrasi PendidikanS1 Manajemen PendidikanA Pendidikan Luar SekolahS1 Pendidikan Luar SekolahB 2Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamIlmu dan Teknologi KebumianS1 Pendidikan GeografiA S1 Teknik GeologiB Pendidikan MatematikaS1 Pendidikan MatematikaB S1 MatematikaB S1 StatistikaB FisikaS1 Pendidkan FisikaA S1 FisikaB KimiaS1 Pendidikan KimiaA S1 KimiaB BiologiS1 Pendidikan BiologiA S1 BiologiB 3Ilmu SosialSosiologiS1 SosiologiB Ilmu KomunikasiS1 Ilmu KomunikasiB Pendidikan SejarahS1 Pendidikan SejarahB Ilmu Hukum dan KemasyarakatanS1 Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanB 4Sastra dan BudayaPendidikan Bahasa dan Sastra IndonesiaS1 Pendidikan Bahasa IndonesiaB Pendidikan Bahasa InggrisS1 Pendidikan Bahasa InggrisB Pendidikan Seni Drama, Tari, dan MusikS1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan MusikB PariwisataD3 PariwisataA 5TeknikTeknik ElektroS1 Teknik ElektroB Teknik SipilS1 Teknik SipilB Teknik ArsitekturS1 Teknik ArsitekturB Teknik IndustriS1 Teknik IndustriB Teknik InformatikaS1 Sistem InformasiB Pendidikan Teknik KriyaS1 Pendidikan Teknik KriyaB 6PertanianIlmu dan Teknologi PanganS1 Ilmu dan Teknologi PanganB AgribisnisS1 AgribisnisB AgroteknologiS1 AgroteknologiB PeternakanS1 PeternakanB 7Olahraga dan KesehatanKesehatan MasyarakatS1 Kesehatan MasyarakatB FarmasiS1 FarmasiB Ilmu KeperawatanS1 Ilmu KeperawatanB Pendidikan Kepelatihan dan OlahragaS1 Pendidikan Kepelatihan dan OlahragaB Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan RekreasiS1 Pendidkan Jasmani, Kesehatan, dan RekreasiB 8EkonomiManajemenS1 ManajemenB D3 Administrasi PerkantoranB S1 Administrasi PublikB AkuntansiS1 AkuntansiB Pendidikan EkonomiS1 Ekonomi PembangunanB S1 Pendidikan EkonomiB 9HukumIlmu HukumS1 Ilmu HukumB 10Perikanan dan Ilmu KelautanManajemen Sumber Daya PerairanS1 Manajemen Sumber Daya PerairanB Budidaya PerairanS1 Budidaya PerairanB Teknologi Hasil PerikananS1 Teknologi Hasil PerikananA Pasca Sarjana[sunting | sunting sumber]Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo

Program S2 Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi B)Program S2 Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Akreditasi B)Program S2 Pendidikan Matematika (Akreditasi B)Program S2 Pendidikan Dasar (Akreditasi B)Program S2 Pendidikan Biologi (Akreditasi B)Program S2 Pendidikan Fisika (Akreditasi B)Program S2 Administrasi Pendidikan (Akreditasi B)Program S2 Agribisnis (Akreditasi B)Program S2 Ilmu Kelautan dan Perikanan (Akreditasi B)Program S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Akreditasi B)Program S2 Teknologi Pendidikan (Akreditasi B)Program S2 Pendidikan Ekonomi (Akreditasi B)Program S2 Ilmu Administrasi (Akreditasi B)Program S2 Ilmu Hukum (Akreditasi B)Program S2 Pendidikan Luar Sekolah (Akreditasi B)Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Akreditasi B)Program S3 Ilmu AdministrasiProgram S3 Ilmu PendidikanProgram S3 Pendidikan BahasaProgram S3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Negeri Gorontalo

16 September 2020 18:52:54 Dibaca : 1

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) merupakan universitas yang dikembangkan atas dasar perluasan mandat (wider mandate) dari IKIP Negeri Gorontalo. Keberadaan Universitas Negeri Gorontalo dimulai dari Junior College FKIP Universitas Sulawesi Utara-Tengah (UNSULUTTENG) Manado di Gorontalo berdasarkan surat keputusan pejabat Rektor UNSULUTTENG Nomor 1313/II/E/63 tanggal 22 Juni 1963, Cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 67 tahun 1963 tanggal 11 Juli 1963, IKIP Manado Cabang Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 114 tahun 1965 tanggal 18 Juni 1965, FKIP UNSRAT Manado di Gorontalo berdasarkan Keppres nomor 70 tahun 1982 tanggal 7 September 1982, STKIP Gorontalo berdasarkan Kepres RI nomor 9 tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, IKIP Negeri Gorontalo berdasarkan Kepres RI nomor 19 tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001.

Perubahan IKIP Negeri Gorontalo menjadi Universitas Negeri Gorontalo ditetapkan dengan surat Keputusan Presiden RI nomor 54 tahun 2004 tanggal 23 Juni 2004. Hari lahir UNG ditetapkan sama dengan lahirnya cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo yaitu, tanggal 1 September 1963 sebagaimana dinyatakan dalam surat keputusan menteri PTIP nomor 67 tahun 1963 tanggal 11 Juli 1963. Dalam perjalanannya selama 50 tahun telah mengalami tujuh kali pergantian pimpinan dan enam kali perubahan nama lembaga.

 

Secara rinci nama pejabat pimpinan sejak tahun 1963 – sampai sekarang sbb :

Drs. Idris Djalali - Dekan Koordinator  IKIP Yogyakarta Cab. Manado di Gorontalo - 1963-1966Drs. Ek. M. J. Neno - Dekan Koordinator IKIP Manado Cab. Gorontalo - 1967-1969Prof. Drs. H. Thahir A. Musa - Dekan Koordinator    IKIP Manado Cab. Gorontalo - 1969-1981Prof. Drs. H. Kadir Abdussamad - Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1982-1988Drs. H. Husain Jusuf, M.Pd - Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1989-1992Prof. Dr. H. Nani TuloliDekan  FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1992-1993Ketua STKIP Negeri Gorontalo - 1993 - 2001Pj. Rektor IKIIP Negeri Gorontalo - 2001 - 2002Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd  Rektor IKIP Negeri Gorontalo - 2002-2004Rektor Universitas Negeri Gorontalo  - 2004-2010Dr. H. Syamsu Qamar Badu, M.Pd - Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 2010 - 2019Dr. H. Eduart Wolok, ST, MT - Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 2019 - 2023Logo

Logo Universitas Negeri Gorontalo

 

 

Keterangan Logo

Kurva segi lima sama sisi adalah ornamen khas daerah Gorontalo melambangkan lima sila dari dasar negara pancasila yang menjadi azas UNG, serta lima sendi peradaban Gorontalo yang disebut {Payu Limo to Talu, Lipu Pei Hulalu}Kerangka bunga teratai yang telah mekar penuh mengandung harapan UNG akan menghasilkan SDM yang utuh dan berkualitas.Lingkaran bola dunia melambangkan komitmen untuk mencapai visi, misi dan tujuan UNG, sedangkan warna biru melambangkan keamanan dan perdamaian.Buku berwarna putih yang terbuka memiliki makna sikap terbuka dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya.Pena berbentuk ornamen lima mata melambangkan antara ilmu agama, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya merupakan satu kesatuan yang utuh dalam dunia pendidikan.Mahkota raja berwarna hitam dengan hiasan kuning emas melambangkan kebudayaan, keteguhan dan kejayaan suatu martabat. 23 butir emas melambangkan hari bersejarah masyarakat Gorontalo, di mana tanggal 23 Januari 1942 sebagai hari kemerdekaan masyarakat Gorontalo dan sekaligus tanggal 23 Juni 2004 hari peresmian UNG oleh Presiden RI.Sayap burung Maleo berwarna jingga melambangkan semangat juang yang tinggi serta gerakan dinamis civitas akademika dalam mengembangkan UNG