PENGENALAN SISTEM MODULASI

26 February 2013 22:06:24 Dibaca : 797 Kategori : Goresan Penaku

 

PENGENALAN SISTEM MODULASI

Informasi dapat disalurkan melalui saluran transmisi ke tempat yang jauh jaraknya dengan mempergunakan gelombang yang berfrekuensi tinggi sebagai pembawanya. Gelombang pembawa ini disebut sebagai carrier. Proses penumpangan sinyal informasi ke gelombang pembawa disebut sebagai modulasi.

SISTEM MODULASI ANALOG

Gelombang Sinusoidal

Sistem modulasi analog adalah sistem modulasi yang mempergunakan gelombang pembawanya berbentuk gelombang sinusoidal. Dibedakan atas :

1) Amplitude Modulation ( AM )

Modulasi ini mempergunakan amplitudo sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital.pada AM frekuensi dan phase sinyal tetap,sedangkan yang berubah adalah amplitudonya. Keadaan high “1” sinyal digital diwakili oleh tegangan yang besar dibandingkan dengan keadaan “0” (low) amplitudo modulation adalah cara modulasi yang paling mudah, namun mudah pula dipengaruhi oleh keadaan media transmisinya.

1) Frecuency Modulation ( FM )

Modulasi ini menggunakan sinyal analog, untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital.pada FM, amplitudo dan phase tetap sedangkan frekuensi berubah.

1) Phase Modulation ( PM )

Modulasi ini mempergunakan perbedaan sudut phase dari sinyal analog untuk membedakan kedua sinyal digital.cara modulasi ini amplitudo dan frekuensi tetap,sedangkan phasenya berubah-ubah.jenis modulasi ini untuk mengirimkan jumlah data yang sangat banyak dalam kecepatan tinggi

SISTEM MODULASI PULSA

Sistem modulasi pulsa, adalah sistem modulasi yang mempergunakan gelombang pembawanya berbentuk gelombang diskrit ( pulsa ). Gelombang pulsa adalah gelombang hasil pencuplikan gelombang analog yang berbentuk sinusoidal, sehingga dihasilkan gelombang empat persegi secara berulang-ulang. Dibedakan atas :

Modulasi Amplitudo Pulsa ( Pulse Amplitudo Modulation )

Jenis modulasi ini mengubah amplitudo pulsa gelombang dengan amplitudo gelombang informasi.

Modulasi Lebar Pulsa ( Pulse Width Modulation )

Biasa juga disebut dengan modulasi panjang pulsa / lama pulsa

Modulasi Posisi Pulsa ( Pulse Posision Modulation )

Modulasi terjadi dengan cara mengubah posisi gelombang pembawa terhadap waktu, sesuai dengan sifat sinyal informasi. Tidak terjadi perubahan amplitudo dan lebar pulsa .

Modulasi Kode Pulsa ( Pulse Code Modulation )

PCM digunakan untuk mengirim informasi dengan menggunakan bilangan(kode-kode) digital.artinya mengubah sinyal analog ke dalam bentuk digital.

Modulasi Delta ( Delta Modulation )

Delta modulation : bentuk penyaluran informasi melalui pulsa digital

SISTEM MODULASI DIGITAL

Sistem modulasi digital adalah sistem modulasi yang mempergunakan gelombang pembawanya berbentuk digital. Dibedakan atas :

Amplitudo Shift Keying ( ASK )

ASK : pengiriman sinyal berdasarkan pergeseran amplitudo. Dalam proses ini munculnya gelombang tergantung ada / tidaknya sinyal informasi digital.

Frecuency Shift Keying ( FSK )

FSK : Frekuency Shift Keying = pergeseran sinyal melalui pergeseran frekuensi.modulasi berjenis ini memungkinkan sebuah gelombang frekuensi menggeser frekuensi output geombang pembawa.

Phase Shift Keying ( PSK )

PSK : metode ini merupakan suatu bentuk fasa yang memungkinkan fungsi pemodulasi menggeser fasa gelombang termodulasi.

MODEM

Modem adalah perangkat modulator-demodulator yang melaksanakan fungsi modulasi demodulasi sinyal yang ditransmisikan.

Modem : perangkat yang mengizinkan komputer berkomunikasi dengan komputer lain melalui saluran telephone standar. Perangkat ini mengubah sinyal digital (sinyal listrik yang menyatakan biner 1 dan 0 ) dari komputer menjadi sinyal analog (sinyal yang banyak memiliki variasi )

v Modem ada 2 macam :

Modem internal = dipasang dalam CPU

Modem eksternal = dipasang diluar CPU