Seperti Apa Jadwal Buang Air Besar yang Sehat ?

20 October 2012 15:19:24 Dibaca : 1464

 

Tanya:

Saya ingin tahu jadwal buang air besar yang sehat itu seperti apa? Apakah harus setiap hari? Terkadang saya buang air besar 2-3 hari sekali, namun kata ibu saya harusnya sehari sekali. Apa ada yang salah dengan pencernaan saya?

 

Putra

Jawab:

Dear Putra,

 

Anda tidak perlu khawatir. Frekuensi buang air besar (BAB) anda masih dalam batas wajar dan normal. Kebiasaan dan frekuensi BAB pada setiap orang memang berbeda-beda. Frekuensi BAB yang dinilai masih dalam batas wajar adalah mulai dari 3 kali sehari hingga 3 hari sekali. Frekuensi BAB 3 kali atau lebih dalam sehari dinilai sebagai tidak normal (diare), apabila konsistensinya berupa cairan disertai ampas. Apabila konsistensi BAB anda masih solid atau lunak, maka hal tersebut dinilai wajar.

Perbedaan dan variasi frekuensi BAB tersebut terjadi karena perbedaan jenis diet, asupan cairan, dan kecepatan pergerakan usus masing-masing orang. Semakin banyak anda mengkonsumsi serat dan minum air putih, maka BAB anda akan lebih sering dan lebih banyak. Hal ini tentunya baik bagi kesehatan.

Selain makanan, asupan suplemen probiotic juga baik untuk menstabilkan dan melancarkan proses BAB. Probiotik adalah jenis asupan makanan atau zat yang mengandung bakteri yang dapat menunjang fungsi pencernaan. Bakteri yang banyak digunakan sebagai probiotik adalah Lactobacillus acidophillus. Bakteri ini banyak terdapat pada produk olahan susu seperti yogurt dan minuman kesehatan pencernaan yang diproduksi di pasaran.

Semoga membantu. Terima kasih.

 

 

# Rafly EL-Roaders

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong