CISC DAN RISR ( TEKNOLOGI INSFORMASI )

11 March 2013 11:56:58 Dibaca : 1329

PENGERTIAN RISC DAN CISC

1. Processor RISC (Reduced Instruction Set Computer

RISC adalah sebuah arsitektur komputer modern dengan instruksi-instruksi dan jenis eksekusi yang paling sederhana. Arsitektur ini digunakan pada komputer dengan kinerja tinggi, seperti komputer vektor. Selain digunakan dalam komputer vektor, desain ini juga diimplementasikan pada prosesor

komputer lain, seperti pada beberapa mikroprosesor

2. Processor CISC (Complex Instruction-Set Computer)

CISC merupakan suatu bentuk arsitektur komputer yang mana pada setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari memory, operasi aritmetika, dan penyimpanan ke dalam memory, semuanya sekaligus hanya dalam sebuah instruksi

PERBEDAAN RISC DAN CISC

CISC(complexinstructionsetcomputers)adalahmelaksanakansuatuperintahcukupdenganbeberapabarisbahasamesinsedikitmungkin.Halinibisatercapaidengancaramembuatperangkatkerasprosesormampumemahamidanmenjalankanbeberaparangkaianoperasi.Untuktujuancontoh,sebuahprosesorCISCsudahdilengkapidengansebuahinstruksikhusus,yangkitaberinamaMULT.

RISC(reducedinstructionsetcomputers)hanyamenggunakaninstruksi-instruksisederhanayangbisadieksekusidalamsatusiklus.Dengandemikian,instruksi‘MULT’sebagaimanadijelaskansebelumnyadibagimenjaditigainstruksiyangberbeda,yaitu“LOAD”,yangdigunakanuntukmemindahkandatadarimemorikedalamregister,“PROD”,yangdigunakanuntukmelakukanoperasiproduk(perkalian)duaoperanyangberadadidalamregister(bukanyangadadimemori)dan“STORE”,yangdigunakanuntukmemindahkandatadariregisterkembalikememori

CONTOH PROSESSOR

RISC

Intel 960, Itanium (IA64) dari Intel Corporation, Alpha AXP dari DEC, R4x00 dari MIPS Corporation, PowerPC dan Arsitektur POWER dari International Business Machine. Selain itu, RISC juga umum dipakai pada Advanced RISC Machine (ARM) dan StrongARM (termasuk di antaranya adalah Intel XScale), SPARC dan UltraSPARC dari Sun Microsystems, serta PA-RISC dari Hewlett-Packard.\

CISC

Contoh-contoh prosesor CISC adalah System/360, VAX, PDP-11, varian Motorola 68000 , dan CPU AMD dan Intel x86.

KEUNTUNGAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan RISC

- Berkaitan dengan penyederhanaan kompiler, dimana tugas pembuatan kompiler untuk menghasilkan rangkaian instruksi mesin bagi semua pernyataan HLL.

- Intruksi mesin yang kompleks sering kali sulit digunakan karena kompiler harus menemukan kasus-kasus yang sesuai dengan konsepnya.

- Pekerjaan mengoptimalkan kode yang dihasilkan untuk meminimalkan ukuran kode,mengurangi hitungan eksekusiinstruksi,dan meningkatkan pipelining jauh lebih mudah apabila menggunakan RISC dibanding menggunakan CISC.

Kekuranagn

- Program yang di hasilkan dalam bahasa simbolik akan lebih panjang

- Program berukuran lebih besar sehingga membutuhkan memory yang lebih banyak,ini tentunya kurang menghemat sumber daya.

- Program yang berukuran lebih besar akan menyebabkan menurunnya kinerja,yaitu instruksi yang lebih banyak artinya akan lebih banyak byte-byte instruksi yang harus di ambil.