soft skill

08 March 2013 01:55:50 Dibaca : 868

 

Soft skill yaitu kemampuan yang lebih mengutaman kemampuan intra dan interpersonal diluar kemampuan teknis dan akademis. Soft skill merupakan pengembangan dari kecerdasan emosional yang dimiliki oleh setiap manusia. Soft skill bisa disebut juga kemampuan internal yang dimiliki oleh setiap manusia.
Softskill mempunyai dua keterampilan yaitu Interpersonal skill (keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri) dan intra personal skill (keterampilan untuk mengembangkan unjuk kerja secara maksimal). Interpersonal skill mencakup kesadaran sosial (kesadaran politik, mengembangkan orang lain, memanfaatkan keragaman, orientasi pelayanan, empati dan keterampilan sosial (kepemimpinan, pengaruh, komunikasi, manajemen konflik, kerjasama, kerjasama tim, sinergi). Sedangkan, intrapersonal skill mencakup: kesadaran diri (percaya diri, penilaian sifat, diri & preferensi, kesadaran emosional) dan kemampuan diri (perbaikan, kontrol diri, kepercayaan, kelayakan, waktu / manajemen sumber, proaktif, hati nurani).
Soft skill itu sangatlah penting untuk menentukan kesuksesan seseorang. Sebuah penelitian telah menyatakan bahwa kesuksesan seseorang itu sebagian besar dikarenakan adanya 80% soft skill dan 20% hard skill. Karena dari itulah perlu adanya kerjasama yang baik antara soft skill dan hard skill.
Dalam dunia karir dan di dunia bisnis itu, soft skill memiliki manfaat yang sangat penting. Dengan adanya soft skill, kita dapat berfikir secara logis dan tepat untuk menyelesaikan dengan baik dalam dunia karir maupun dunia bisnis. Sebagai contoh, saya pernah membaca buku tentang seorang bisnis tersukses di dunia. Dia mengatakan bahwa faktor utama yang bisa membuat kesuksesan dalam sebuah bisnis adalah faktor kedekatan dengan pelangan atau banyak orang. Disitulah telah terbukti bahwa kita harus pandai dalam bergaul dan berkomunikasi dengan baik kepada setiap orang. Perlu kita ketahui bahwa pandai dalam bergaul dan berkomunikasi dengan baik itu adalah salah satu contoh dari soft skill yang dimiliki oleh setiap manusia. Tetapi, itu semua tergantung pada diri manusia sendiri bagaimana cara memanfaatkan soft skill tersebut.
Soft skill bisa dikatakan dengan istilah sosiologis yang mengacu pada karakter kepribadian, kebiasaan sosial, kebiasaan bahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme. Soft skill melengkapi keterampilan hard skill, yang merupakan persyaratan teknis pekerjaan.
Contoh soft skill antara lain:
1. Kemampuan komunikasi
2. Beradaptasi
3. Pengambilam keputusan
4. Pemecahan masalah
5. Kepemimpinan
6. Cara menggunakan bahasa tubuh
7. Kemampuan verbal dan tertulis
8. Mendengarkan
9. Memberikan dukungan
10. Kerjasama
11. Bernegosiasi
12. Membangun relasi
13. Mengelola sumber daya
14. Berinovasi dan berwirausaha
15. Berkreasi , dan lain sebagainya.
Cara untuk melihat kemampuan soft skill yang dimiliki oleh seseorang itu dapat dilakukan dengan wawancara yang menyeluruh dengan melihat penampilan wawancara seseorang , dari gaya bicara dan bahasa tubuhnya. Karena dari penampilan wawancara seseoranglah kita dapat menilai kemampuan softskill yang dimilikinya.