tugas biner dan sistem komputer
17 October 2012 00:19:41
Dibaca : 2398
Pengantar Teknologi Sistem Informasi
Biner Komputer hanyan mengenal 0 adalah bit yang mati (off) dan 1 adalah bit yang hidup (on). 1bit – 4bit bilangan desimal sampai 15 dan 5bit – 8bit, bil desimal sampai 255 angka.
Konversi biner ke dalam desimal Dalam biner hanya mengenal 2 angka saja yaitu 1 dan 0 sehingga bisa di tuliskan seperti berikut :
1 0 1 0 1 1 0 1
Untuk menyalin bilang biner ke dalam bilangan desimal maka dari ujung sebelah kanan kekiri yang bilangan 2 di pangkatkan dari 0 sampai 7 untuk 8 bit dan seterusnya. Seperti berikut :
1 0 1 0 1 1 0 1
27 26 25 24 23 22 21 20
Yang di tuliskan seperti yang di atas sehingga hasilnya menjadi :
128 64 32 16 8 4 2 1
Apabila dalam bilangan biner tersebut adalah angka 0 sehingga tidak perli di tuliskan hasilnya seperti contoh berikut :
128 0 32 0 8 4 0 1 = 173 Karena kesemua bilngan tersebut dijumlahkan sehingga bilangan biner 10101101 jika di salin ke bilangan biner adalah 173.
Penjumlahan Biner Dalam penjumlahan biner sama dengan penjumlahan dasar biasanya bentuk dan penulisannya juga sama seperti berikut :
01101100
10101101 +
Akan tetapi pada biner ada langkah – langkah penjumlahan biner yaitu :
- Jumlahlah dari kanan 0 – 1
- Jika menemukan bilangan biner 1+1 maka menghasilkan 10 dengan 0 yang ditulis dan 1 di ingat.
- Apabila menemukan bilangan biner dijumlah seperti ini 1+1+1 maka hasilnya adalah 11 maka yang di tukiskan 1 dan di ingat 1.
111 00101100 = 44 10101101 + 173 + 11011001 217
Pengurangan Biner
Dalam pengurangan biner ada rumus sederhana :
- 0 – 0 = 0
- 1 – 0 = 1
- 1 – 1 = 0
- 0 – 1 = 1
10 – 10 jika di salin ke desimal adalah 2
11 maka hasilnya adalah 3.
Angka 1 yang bertanda merah adalah contoh rumusan yang keempat yaitu angka 1 itu di pinjam oleh angka 0 sehingga menjadi 10 dan di kurangkan dan 1 sehingga menghasilkan 1 karena 1 + 1 dalam biner adalah 10. Sehingga 5 – 2 adalah 3. Perkalian Biner Dalam biner juga ada perkalian biner yang sama dengan perkalian biasanya.
- 0 x 0 = 0
- 0 x 1 = 0
- 1 x 0 = 0
- 1 x 1 = 1
10100 10100 = 20 110 x 110 = 6 00000 10100 10100 + 1111000 sehingga hasil perkalian dari 6 x 2 adalah 120
Sistem Komputer Sebelum di temukannya mesin komputer seperti sekarang ada beberapa alat yang pernah di ciptakan yang merupakan dasar penciptaan komputer.
- Abacus
- Logarithm
- Calculating clock
- Pascaline
- Punched Card
- Diference Engine
- Hollerith Desk
- Harvard Mark I
- ENIAC
- UNICAV
- COBOL dan Copailer
- IBM Produk
- Time Sharing dan Batch Processing
Komponen Sistem Komputer
- Hardware
- Software
- Brainware
- Komponen Hardware :
- CPU (Central Processing Unit)
- Penyimpanan Primer dan Sekunder
- Teknologi Input, Output, serta Komunikasi
- ALU dan Register
ALU berfungsi berhitung secara matematis dan membandingkan secara logis, Register berfungsi tempat penyimpanan data yang sederhan dalam waktu yang sangat sinkat. Cara kerja CPU pada dasarnya yaitu ketika kita meng Input sesuatu itu akan di proses pada microprocessor yang dimana akan masuk dalam Unit Pengendali kemudian masuk pada ALU yang merupakan angka dll dan diteruskan pada Register dimana data yang di Inputkan tadi akan di tampung sementara dengan kecepatan yang tinggi kemudian Penyimpanan sekunder setelah itu kembalipada Register kemudian akan Di tampilkan hasil di monitor atau hasil cetakan yang merupakan Output dari data yang dimasukkan atau pada alat tambahan seperti Spiker dll. Pada penyimpanan sekunder itu data tersebut akan di simpan sehingga tidak mudah hilang. Dalam komputer ada namanya siklus pemrosesan yang dimana siklus perintah yang terjadi jutaan kali atau lebih bergantung pada :
- Kecepatan Jam (Clock Speed)
- Panjang Kata (Word Lenght)
- Lebar Bus (Bus Width)
- Jumlah transistor dalam chip
- Kemajuan Dalam Desain Mikroprosesor
Gordon Moore memprediksi di tahun 1965 bahwa kompleksitas mikroprosessor akan 2 kali lipat kira – kira setiap 2 tahun sekali.
- Penyimpanan Primer
- Register
- RAM (Random Access Memory)
- Memori Chace
- Dan Read-only Memory (ROM)
- Penyimpanan Sekunder
- Media magnetis
- Pita Magnetis
- Cakram Magnetis
- Antarmuka Disk Drive
- Disket Magnetis
- Peralatan Penyimpanan Optis
- Compact Disk Read-Only (CD-ROM)
- Digital Video Disk (DVD)
- Flourescent Multilayer Disk (FMD-ROM)
- Teknologi Input
- Keyboard - Mouse
- Mouse Optic - Track Ball
- Papan Sentuh - Joystick
- Layar Sentuh - Pengenal Suara dll
- Teknologi Output
Monitor :
- Tabung Sinar Katoda
- Liquid Cristal Display (LCD)
Printer :
- Impact
- Laser non-Impact
- Inkjet
- Plotter
Posted in Uncategorize | Leave a comment
Kategori
- Masih Kosong
Blogroll
- Masih Kosong