Definisi algoritma

07 March 2013 13:53:51 Dibaca : 905

 

Definisi Algoritma:


Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

Sebagai pembanding, disini dikemukakan definisi kata algoritma menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terbitan Balai Pustaka Tahun 1988 :
Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah.

Kata logis merupakan kata kunci dalam sebuah algoritma. Langkah-langkah di dalam algoritma harus logis, ini berarti hasil dari urutan langkah-langkah tersebut harus dapat ditentukan, benar atau salah. Langkah-langkah yang tidak benar dapat memberikan hasil yang salah.

ARRAY

Array : a finite ordered set of homogenous elements. Elemen-elemen array tersusun secara berderet dan dapat diakses secara random di dalam memori. Array memiliki alamat yang besebelahan/berdampingan tergantung lebar tipe datanya. Array dapat berupa array 1 dimensi, 2 dimensi, bahkan n-dimensi. Elemen-elemen array bertipe data sama dan bisa berisi nilai yang sama atau berbeda-beda.

Elemen-elemen array dapat diakses oleh program menggunakan suatu indeks tertentu secara random ataupun berurutan. Pengisian dan pengambilan nilai pada indeks tertentu dapat dilakukan dengan mengeset nilai atau menampilkan nilai pada indeks yang dimaksud. Dalam C, tidak terdapat error handling terhadap batasan nilai indeks, apakah indeks tersebut berada di dalam indeks array yang sudah didefinisikan atau belum. Hal ini merupakan tanggung jawab programmer. Sehingga jika programmer mengakses indeks yang salah, maka nilai yang dihasilkan akan berbeda atau rusak karena mengakses alamat memori yang tidak sesuai.

2.1. Array Satu Dimensi
Array Satu dimensi tidak lain adalah kumpulan elemen-elemen identik yang tersusun dalam satu baris. Elemen-elemen tersebut memiliki tipe data yang sama, tetapi isi dari elemen tersebut boleh berbeda.

2.2. Array Dua Dimensi
Array dua dimensi sering digambarkan sebagai sebuah matriks, merupakan perluasan dari array satu dimensi. Jika array satu dimensi hanya terdiri dari sebuah baris dan beberapa kolom elemen, maka array dua dimensi terdiri dari beberapa baris dan beberapa kolom elemen yang bertipe sama.

POINTER
Penggunaan pointer sangat mendukung dalam pembentukan struktur data dinamis. Salah satu struktur data dinamis yang paling sederhana adalah senarai berantai (linked list ), atau senarai satu arah ( one-way list). Dengan demikian, linked list adalah kumpulan komponen yang disusun secara berurutan dengan bantuan pointer. Masing-masing komponen, dinamakan dengan simpul (node). Dengan demikian, setiap simpul dalam suatu linked list terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, disebut medan informasi, berisi informasi yang akan disimpan dan diolah. Bagian kedua, disebut medan penyambung (link field), berisi alamat simpul berikutnya.

STRUCTURE

Struktur merupakan suatu tipe data yang merupakan kumpulan tipe data lainnya. Struktur terdiri dari data yang disebut suatu field. Field-field dapat berupa tipe data sederhana maupun tipe data turunan, macam tipenya juga tidak dibatasi, bahkan di dalam struktur juga boleh terdapat tipe data struktur.
Struktur sangat erat hubungannya dengan pola penyimpanan dalam file, sehingga struktur biasanya digunakan untuk membuat program yang berhubungan dengan file. File adalah kumpulan dari banyak struktur, sedangkan struktur adalah kumpulan field-field.

Contoh :
struct mahasiswa
{
char nim[11];
char nama[30];
char alamat[50];
float ipk;
};

 

http://vivipunya.blogspot.com/

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong