Program IT di Rusunawa pertemuan Ke 3 tentang "INTERNET"

18 November 2013 14:41:01 Dibaca : 1036

Assalam alaikum warahmatullahi wabarakatu

Selamat berjumpa kembali bersama saya, kali ini saya akan menuliskan mengenai pembahasan yang ada di Rusunawa untuk program IT, materi yang dijelaskan yaitu “INTERNET”.

Internet yaitu sekumpulan jaringan yang terhubung satu sama lain, yang sangat mendunia sampai saat ini...

Dalam internet ada yang dikenal dengan istilah Pop Up yaitu bahasa program yang dibuat oleh orang-orang jahat agar dapat mengakses password kita atau istilahnya mencuri akun kita.

Kita ketahui bersama kita sudah sangat sering menggunakan internet, istilahnya browsing. Baik kita browsing mencari tugas, sosial media misalnya chattingan atau hal lainnya. Terkadang saat browsing kita lupa atau bahkan mengabaikan bagaimana cara yang baik untuk melakukan browsing. Untuk menghindari hal-hal kejahatan seperi istilah Pop up maka saat melakukan browsing kita tidak lupa mengetikkan perintah https:// contohnya saat kita akan masuk ke akun facebook maka alamat yang kita ketikkan yaitu https://facebook.com .

Ada dua jenis kejahatan dalam internet

-Carding yaitu dapat memancing user untuk masuk kealamat yang kita inginkan tetapi dia seperti pengkopian atau tidak asli, misalnya kalau kita hanya mengetikkan facebook.com tanpa adanya https://

-Spofing yaitu kejahatan yang memancing user untuk masuk kelamat yang berbentuk gambar.

Kemudian di jelaskan bagaimana mengecek suatu internet itu apakah aktif digunakan atau tidak. Misalnya jika kita menegetikkan alamat dari suatu internet contohnya google, kita cukup masuk ke cmd (comand prompt) kita ketikkan perintah ping 8.8.8.8 maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini,

Tampilan diatas menunjukan bahwa internet itu aktif,

Jika muncul tampilan Request Time Out (RTO) maka berarti internet itu mengalami gangguan.

Saat itu juga dijelaskan bagaimana mengakses internet secara aman, kita cukup melihat panduannya di alamat http://www.insan.or.id/ di situ kita dapat melihat panduan menggunakan internet secara aman..

Demikian hasil tulisan saya saat menerima materi program IT di Rusunawa UNG

Wassalamalaikum warahamatullahi wabarakatuhh

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong