Tugas Struktur Direktori Kelas A

04 November 2013 12:57:01 Dibaca : 1072

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

 

Pada Kesempatan kali ini, saya akan menjelaska tugas SO mengenai pembuatan direktori.

15 perintah pembuatan struktur direktori :

 

1. Lakukan pembuatan direktori UNIX

2. didalam direktori UNIX buatlah direktori GNU, LINUX, dan FREEBSD

3. selanjutnya dimasing-masing direktori diatas buatlah file dengan nama "OPENSOURCE"

4. selanjutnya didalam direktori GNU, buatlah direktori NASH, dan buatlah file RICHARD_STALLMAN

5. sedangkan di direktori LINUX, buatlah folder yang bernama DISTRIBUSI_LINUX dan file LINUS_TROVALDS

6. sedangkan didalam direktori FREEBSD buatlah direktori BSDOS dan buatlah file UNIVERSITAS_BERKELEY

7. didalam direktori DISTRIBUSI LINUX buatlah direktori -> REDHAT, DEBIAN, SLACKWARE

8. buatlah file OPENSOURCE dimasing-masing direktori diatas...

9. buatlah direktori FEDORA pada direktori REDHAT

10. buatlah direktori UBUNTU didalam direktori DEBIAN

11. buatlah direktori SLACKSOFT dan file SUSE dan OPENSUSE didalam direktori SLACKWARE

12. selanjutnya pada direktori FEDORA buatlah file KDE

13. didalam direktori DEBIAN buatlah file GNOME

14. didalam direktori SLACKWARE buatlah file XFCE dan KDE

15. selanjutnya buatlah direktori TURUNAN dimasing-masing direktori -> DEBIAN, SLACKSOFT dan SUSE.

Sebelum membuat struktur direktori pada terminal, saya terlebih dahulu membuat pohon direktorinya. Pohon direktori ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam pembuatan nanti diterminal. Pohon direktorinya yaitu sebagai berikut.

Ket : hijau = file sedangkan biru = folder

 

 
 


 Pembuatan struktur direktori

 

1. Gambar diatas ini  merupakan cara pembuatan direktori yang bernama UNIX  dengan mengetikan perintah mkdir dan kemudian nama direktorinya. Untuk melihat direktori UNIX, itu menggunakan perintah lsyang kemudian akan menampilkan direktori-direktori yang ada pada home.

 

 

 

2. Gambar selanjutnya yaitu, membuat direktori GNU LINUX FREEBSB didalam direktori UNIX. Langkah pertama kita hrs msk terlebih dahulu dalam direktori UNIX dengan mengetikan perintah cd UNIX. Setelah itu baru kita dpt membuat direktori GNU, LINUX, FREEBSB menggunakan perintah mkdir. Untuk membuktikannya menggunakan perintah ls.

 

 

3. Selanjutnya gambar ini terlihat lebih rumit dari sebelumnya, karena ini merupakan pembuatan file pada setiap direktori yang telah kita buat sebelumnya pada gambar ke-2. Cara ini meggunakan  penggabungan perintah 1 dengan perintah yang lainnya dengan menggunakan perintah &&. Dan untuk membuat sebuah file itu menggunakan perintah touch. cd .. merupakan perintah untuk keluar dari sebuah direktori.

 

 

4. Perintah selanjutnya yaitu membuat direktori NASH dan file RICHARD_STALLMAN. Dan gambar diatas ini merupakan proses dari pembuatan direktori dan file yang menggunakan perintah sebelumnya yaitu mkdir dan touch. Gambar ini juga menggunakan perintah && agar lebih sederhana dan lebih cepat.

 

 

 

5. Gambar diatas yaitu membuat sebuah direktori dan sebuah file dalam direktori LINUX. Sebelumnya kita berada didalam direktori GNU, jadi terlebih dahulu keluar dari direktori GNU dengan perintah cd .. dan selanjutnya mengetikan perintah cd LINUX dengan bantuan &&. Selanjutnya ketikan perintah ls untuk melihat direktori dan file yang telah dibuat.

 

 

6. Gambar ke-6  ini mirip dengan gambar ke-5, karena perintah yang digunakan sama. Perbedaannya hanya pada dalam folder yang akan dibuat dan nama direktori, serta  filenya. Disini  direktori dan file yang akan dibuat bernama BSDOS dan UNIVERSITAS_BERKELEY yang akan dibuat dalam folder yang bernama FREEBSD.

 

 

 

7. Selanjutnya pada gambar ini kita membuat 3 direktori dalam sebuah direktori yang bernama DISTRIBUSI_LINUX. Ke-3 direktori  tersebut yaitu DEBIAN, REDHAT, SLACKWARE yang pembuatan direktorinya bersama-sama menggunakan perintah &&. Selanjutnya mengetikan perintah ls.

 

 

8. Gambar ke-9 ini memiliki kemiripan dengan gambar ke-3, karena menggunakan perintah yang sama. Perbedaannya yaitu hanya pada dalam folder yang akan dibuat. Pada gambar ini kita membuat file yang bernama OPENSOURCE pada setiap folder yang telah dibuat sebelumnya yaitu, DEBIAN, REDHAT, dan SLACKWARE dengan bantuan perintah && agar pembuatannya sekalian. Setelah itu ls.

 

 

9. Perintah selanjutnya pada gambar ini yaitu membuat direktori FEDORA dalam folder REDHAT. Sebelumnya kita berada pada folder DEBIAN, maka hrs keluar dan masuk pada direktori REDHAT menggunakan perintah cd. Langkah selanjutnya yaitu membuat direktori FEDORA dengan mengetikan perintah mkdir FEDORA. Kemudian ls.

 

 

10. Sebelumnya kita berada pada direktori REDHAT untuk membuat folder FEDORA, maka selanjutnya kita akan masuk pada direktori DEBIAN untuk membuat folder bernama UBUNTU. Tetapi harus keluar terlebih dahulu dari direktori REDHAT dengan memakai perintah cd .. dan kemudian mengetikan perintah cd DEBIAN. Perintah selanjutnya yaitu mkdir UBUNTU && ls.

 

 

11. Gambar ini menjelaskan cara pembuatan direktori dan file-file sekaligus dalam direktori SLACKWARE. Cara ini menggunakan perintah gabungan agar pembuatannya sekaligus. Pertama ketikan cd SLACWARE selanjutnya yaitu mkdir SLACKSOFT &&  touch  SUSE && touch OPENSUSE, maka otomatis akan terbuat foldernya dan file lalu ketikan ls.

 

 

12. Gambar ini mejelaskan pembutan file KDEdalam direktori FEDORA dengan mengetikan terlebih dahulu cd .., karna sebelumnya kita berada pada SLACKWARE dan selanjutnya mengetikan perintah cd REDHAT/FEDORA && touch KDE setelah itu enter. Untuk membuktikannya maka ketikan perintah ls. ls ini menampilkan isi dari suatu direktori yang kita inginkan.

 

 

13. Untuk membuat  file GNOME dalam direktori DEBIAN, maka kita harus ketikan perintah cd DEBIAN agar berada didalam folder tersebut. Perintah selanjutnya sangat mudah yaitu, ketikan perintah touch GNOME. Tetapi dalam gambar ini saya menggabungkannya agar tidak berbelit-belit. Setelah itu di ls.

 

 

14. Perintah selanjutnya pada gambar ini yaitu membuat 2 file yang bernama SUSE dan XFCE dalam sebuah direktori SLACKWARE. Caranya yaitu  ketikan perintah cd .. && cd SLACKWARE dan selanjutnya ketik perintah touch XFCE KDE lalu enter. Ketika di ls maka file tersebut sudah ada pada direktori SLACKWARE.

 

 

15. Sebenarnya pada gambar yang terakhir ini, kami diberikan tugas untuk membuat folder yang bernama TURUNAN dalam folder DEBIAN, SLACKSOFT dan SUSE. Tetapi yang menjadi kendalanya yaitu pembuatan direktori pada file SUSE, karena didalam file tdk untuk bisa membuat sebuah folder. Untuk solusinya maka saya membuat folder SUSE1 untuk menggantikan file SUSE. Setelah itu barulah kita dapat membuat foldernya yaitu dengan cara seperti yang biasa menggunakan mkdir dengan terlebih dahulu masuk pada setiap folder yang akan dibuat direktori TURUNAN.

Sekian penjelasan dari saya, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita sekalian. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

 

<!--[if gte mso 9]>

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong