[PERTEMUAN 5-SISTEM OPERASI-KELAS A]

06 November 2013 22:55:38 Dibaca : 128

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Pada pertemuan kali ini kami membahas materi tentang BASH SHELL.

Apa itu Pemrograman Bash Shell ?

Setelah mendengar kata-kata pemrograman bash shell, pasti terbayangkan pemrograman menggunakan terminal yang biasanya digunakan di Linux. Namun, apa itu sebenarnya pemrograman bash shell? . Di dalam sub judul ini akan dijelaskan pengertian dari bash shell dan pemrograman bash shell itu sendiri.

Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Shell adalah program yang menjadi jembatan antara perintah yang dimasukkan user melalui input dari keyboard dengan sistem operasi untuk melakukan perintah yang dimasukkan user tersebut. Sekarang ini, program seperti shell ini sudah tergantikan oleh user interface yang lebih mudah digunakan.

Pemrograman bash shell itu sendiri adalah pemrograman kumpulan perintah menggunakan script yang ditulis ke dalam bash shell, sehingga nantinya dapat dieksekusi oleh sistem operasi. Selain bash shell, ada banyak shell lainnya yang bisa digunakan untuk programming, namun penggunaan bash lebih fleksibel karena script yang ditulis lebih kompatibel untuk dibaca dari mesin yang berbeda, distro linux yang berbeda , atau bahkan sistem operasi yang berbeda. Pemrograman menggunakan shell terutama bash shell berkembang terus sampai sekarang karena penggunaannya di kalangan system administrator sangat dibutuhkan.

Bagaimana Konsep dari Pemrograman Bash Shell?

Konsep kerja dari pemrograman bash shell hampir mirip dengan bahasa pemrograman lainnya. Pemrograman bash shell juga menggabungkan perintah-perintah untuk memilih suatu kondisi, memproses suatu I/O, looping, dan membuat fungsi-fungsi yang dapat dijalankan user. Konsep pemrograman bash shell ini akan mudah dipelajari apabila kita sudah mengetahui perintah-perintah sederhana yang ada di bash shell seperti whoami, cd, cat, dan lainnya. Dengan penguasaan perintah-perintah sederhana ini, pemrograman bash shell akan membuat pekerjaan user menjadi lebih efektif. Hal penting yang harus diketahui sebelum menggunakan pemrograman bash shell adalah konsep mengenai variabel, format syntax dan struktur di dalam pemrograman bash shell itu sendiri.

Format syntax dan struktur dalam bash shell programming adalah hal yang paling penting untuk diketahui. Kita dapat menulis script menggunakan editor seperti vim, emacs, gedit, dan dtpad. Namun vim dan emacs adalah yang paling cocok karena bisa membantu kita dalam membenarkan syntax dari script yang kita tulis jika kita mengaktifkan fiturnya. File script harus disimpan dalam bentuk .sh. Kemudian di headernya harus diberikan komentar bahwa script ini merupakan pemrograman berbasis bash shell

Ok sekian penjelasan mengenai BASH SHELL ini bila ada kekurangan dari penjelasan ini mohon di maklumi.. terimakasih

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong