[PERTEMUAN 11 - SISTEM OPERASI-KELAS B]

21 November 2013 23:22:03 Dibaca : 129

pada saat ini saya akan membahsa tentang Sistem Pemaketan & Konsep Distribusi pada Linux.

Linux adalah sebuah system operasi yang dikembangkan dengan berbasis Unix-sys dan Linux dikembangkan pertama kali oleh Linux Trovalds dimana nama os tersebut diambil dari nama depannya sendiri. Ada 3 variasi kernel yang jadi pendahulu yaitu

Redhat, Debian, dan Slackware. Dan pada saat ini sudah tercatat banyak turunan-turunan dari Redhat, Debian, dan Slackware yang dapat juga diakses denganaman.

konsep distribusi

1. Repository

Repository merupakan sebuah media penyimpanan paket aplikasi, library, maupun source code yang dibutuhkan oleh linux secara lengkap.Kumpulan dari berbagai macam aplikasi yang berasal di internet, dikumpulkan menjadi satu, dikemas pada media DVD (contohnya) termasuk didalamnya software aplikasi, games, multimedia, internet, office, themes.Dengan file repository, Anda dapat melakukan instalasi program apa saja yang terdapat dalam repository Ubuntu tanpa perlu terhubung dengan Internet. Saat ini repository Ubuntu bisa di-download dan dimasukkan ke DVD sehingga dapat didistribusikan dengan mudah.

2. System pemaketan

Pada awalnya sebuah aplikasi (source code) dilinux belum berbentuk sebuah package, untuk itu kita perlu melakukan build terlebih dahulu sebelum decompile & dapat digunakan.

3. Debian Package Management (sistem pemaketan debian)

Debian Package Management System, paketnya berformat .deb (paket debian). Sistem toolnya adalah dpkg dan dikembangkan pula sistem managemen paket yang sangat memudahkan end user yakni APT (Advanced Packaging Tool).

4. Manajemen paket

Manajemen paket juga berfungsi membantu pengguna dalam memanage sebuah paket aplikasi yang berbentuk code sehingga pengguna tidak sulit lagi dlam melakukan build dan compile pada sebuah software secara manual.Teknologi sistem APT ini banyak di adopsi ke distribusi GNU/Linux lain, karena kemudahan dan kemampuannya yang teruji powerfull.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong