Wolo Uwito UNIX???

19 November 2013 20:38:24 Dibaca : 157

assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....

Dan salam sejahterah untuk para pengunjung blog ini,

Di kesempatan kali ini Ane nge-posting tentang UNIX. Terus terang Ane udah sering dengar dengan yang namanya UNIX, tapi gak tau apa sih Pengertiannya, -_-. Makanya kemaren Ane’ baca-baca artikel tentang UNIX. Dan ternyata, pengertian UNIX itu, adalah sebuah OS (Operating System) yang mendukung banyak pengguna (Multi-User) dan Multitasking yang digunakan sebagai OS baku di berbagai jenis computer, terutama pada computer mini baik sebagai workstation atau server (sistem yang menyediakan pelayanan pada jaringan).Karena dengan unix sebagai server berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer lainnya menjadi mudah. Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. Pada tahun 1960, Massachusetts Institute of Technology, AT&T Bell Labs, and General Electric bekerja dalam sebuah sistem operasi eksperimental yang disebut Multics (Multiplexed Information and Computing Service). Unix adalah salah satu sistem operasi pertama yang ditulis dengan bahasa pemrograman tingkat-tingkat, yaitu C.

UNIX juga dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal. Tabel berikut menyebutkan beberapa jenis-jenis UNIX.

Nama varian UNIX Dikembangkan oleh (vendor/organisasi)
Domain/X Apple Computer Apple Computer
A/UX Apple Computer Apple Computer
CTIX  Convergent Technology
Distrix  Convergent Technology
UniCOS Cray Research (sekarang bagian dari Silicon Graphics Incorporated)
DG/UX Data General Corporation
CLIX Fairchild Company
HP/UX Hewlett-Packard
Tru64 Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
AIX International Business Machine (IBM) Corporation
Coherent Mark William Company
XENIX Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)
DVIX Northern Telecom
SunOS Stanford Universities Network (SUN)

 berikut adalah arsitekturnya :

Operating system dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak (software) yang mengendalikan sumber daya perangkat keras (hardware) dan menyediakan tempat dimana program aplikasi dapat dijalankan. Secara umum, kita menyebut software tersebut (operating system) sebagai kernel (inti). Gambar di bawah ini memperlihatkan diagram dari system arsitektur UNIX.

Alat yang menghubungkan (interface) ke kernel, kita sebut dengan system call, library yang berfungsi secara umum dibangun di atas interface system call. Tetapi program aplikasi bebas menggunakan keduanya (system call dan kernel). Shell adalah suatu aplikasi khusus yang menyediakan alat penghubung (interface), untuk menjalankan aplikasi yang lain.

Didalam pengertian yang lebih luas, operating system adalah kernel itu sendiri dan semua sofftware yang lain digunakan sesuai kepentingan user (pengguna komputer). Software tersebut antara lain : sistem utiliti, applikasi, shell, library yang berfungsi secara umum, dan seterusnya.

Sebagai contoh, linux adalah kernel yang digunakan oleh sistem operasi di bawah lisensi GNU. Beberapa orang mereferensikan sistem operasi ini dengan GNU/Linux operating system, tetapi yang lainnya hanya menyebut linux saja. Walaupun hal itu dapat dikatakan tidak benar, tetapi dapat dimengerti, hanya karena berbeda dua ungkapan, tetapi maksudnya sama.

 

wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong