Materi Unix

19 November 2013 20:45:21 Dibaca : 124

TUGAS MANDIRI

Membahas tentang pengertian, cara kerja dan arsitektur dari UNIX

Pengertian UNIX

Unix merupakan salah satu system operasi yang pertama kali ditulis menggunakan bahasa tingkat tinggi yaitu bahasa C. Bahasa C digunakan untuk menulis system operasi Unix denagn sebagai hasilnya menjadi bahasa yang digunakan dan menjadi popular sampai sekarang. Unix merupakan system operasi yang mendukung multi-user dan multitasking yang digunakan sebagai system operasi baku pada berbagai jenis computer terutama computer mini, baik sebagai workstation atau system yang menyediakan pelayanan pada jaringan internet.

Sejarah UNIX

Unix adalah sebuah system operasi computer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. Ken thompson dari laboratorium bell membuat versi awal dari UNIX dengan nama UNICS (Uni plexed information and computing servicess) suatu nama yang dipengaruhi oleh sistem opersi pendahulunya.MULTICS (multifexed information and computing services). Multics sendiri juga diciptakan olek Ken Thompson dengan rekan-rekannya versi pertama unix diselesaikan pada tahun 1969 dan tulis dengan bahasa rakitan (assembly) pada computer PDR 7 C sebuah computer pengeluaran digital equipment corporation.

Pada tahun 1973 Ken Thompson dan Denis Ritche menulis ulang kernel bagian inti
dari system unix dengan bahasa C. Perkembangan inilah yang membuat unix kini dapat diterapkan pada berbagai mesin mengingat bahasa portable adalah mudah dipindahkan. Pemakaian unix pada mesin lain dimulai pada tahun 1976/1977 saat itu Denis Ritce dan Stephen Johnson berhasil memindahkan system unix ke system interdata 8/32 hal inilah yang menjadi tambak sejarah yang menunjukan keportabilitasan unix.

Sekitar tahun 1975, laboratorium memberikan UNIX ke Universitas-Universitas dengan imbalan yang sangat murah, salah satu universitas yang akhirnya melahirkan UNIX yang sangat populer adalah universitas Catalonia, barkeley versi unixnya terkenal dengan nama BSD (barkeley software distribution). Lisensi UNIX yang bersifat komersial di berikan pertama kali oleh AT dan T ke system onyx. Sebuah perusahaan yang didirikan oleh BOB Mars dan Kypmyers pada tahun 1978 saat itu UNIX dianggap sebagai system operasi yang ampuh untuk menangani system 16 bit. Pada dekade 80-an UNIX berkembang dengan pesat termasuk pada PC yang terkenal oleh XENIX (santa cruz operation) yang merupakan system mikrosoft. Pada dekade ini pula lahir system v (1984 dikembangkan di computing science reshearce group, bell laboratoris, new jersey) yang menjadi kiblt proyek yang di sebut GNU LGNU'S not unix yang di kembangkan oleh yhe free soft ware kondation (FSF) tujuan dari proyek ini adalah membangun system secara unix yang bersifat bebas royalti bagi pemrogran dan pengembang. Proyek inilah yang kemudian hari mendasari system operasi unix.

Cara kerja

kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman. Shell adalah suatu aplikasi khusus yang menyediakan alat penghubung (interface), untuk menjalankan aplikasi yang lain. Hardwareatau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras.

Arsitektur

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong