Struktur Direktory Linux

07 November 2013 13:49:52 Dibaca : 548

Kali ini saya akan membahas tntang membuat Struktur Direktory Di Linux,,,

Kita akan membuat struktur direktori seperti pada gambar di atas step by step,,,,

Pertama Buka terminal dengan menekan tombol Ctrl+Alt+t. Dan kita langsung saja masuk sebagai super user dengan menjalankan perintah sudo su.

 

 

Membuat folder root (/).
Dalam linux, root ada pengguna tertinggi. Dengan menggunakan perintah mkdir root, kita akan membuat root directory.

Untuk dapat membaca, menulis dan mengeksekusi directori ini, gunakan perintah chmod 777 root.

Membuat direktori-direktori seperti gambar berikut:

Sebelum kita membuat direktori-direktori tersebut, kita masuk dulu ke root direktory dengan menggunakan perintah cd root. Dengan menggunakan perintah mkdir bin bot dev etc home lib sbin root opt proc mnt tmp usr var srv, kita akan membuat direktori seperti gambar diatas.

Membuat sebuah file di dalam boot directory.

Untuk masuk ke boot directory, gunakan perintah cd boot. Lalu kita buat file vmlinuz didalamnya dengan perintah touch vmlinuz. Tampilkan dengan perintah ls.

Membuat beberapa file di dalam dev directory.

Sebelumnya, kita keluar dulu dari boot diretory terlebih dahulu dengan perintah cd .. dan kita berpindah pada dev directory, cd dev. Lalu buat file didalamnya, touch hda sda st0. Tampilkan dengan perintah ls.

Membuat beberapa folder dan didalam folder tersebut terdapat folder atau file.

Kita keluar lagi dari dev directory, dan pindah ke home directory. Masih menggunakan perintah seperti sebelumnya, cd .. lalu cd home. Buat folder dengan mkdir yxz linux tux. Untuk membuat folder dalam sebuah directori, kita bisa membuatnya dari luar folder tersebut yaitu dengan cara mkdir yxz/bin yxz/Mail. Lalu untuk membuat sebuah file di folder tux, kita bisa melakukannya dengan perintah touch tux/test.c. Tampilkan dengan perintah tree.

Membuat file di dalam lib directory.

Keluar lagi dari home directory dan masuk ke lib directory. Lalu buat file didalamnya. Sama seperti perintah sebelumnya (cd .. >> cd bin >> touch ld.so >> ls).

Membuat folder di dalam opt directory.

Sebelum membuat folder, keluar dari lib directory, kemudian masuk ke opt directory lalu buat folder di dalamnya (cd .. >> cd opt >> mkdir kde gnome >> ls).

Membuat beberapa folder didalam usr directory.

Yang pasti kita harus keluar terlebiih dahulu dari opt directory dan masuk ke usr directory (cd .. >> cd usr). Dan kita akan membuat beberapa folder serta file didalamnya. Berikut perintah yang akan di jalankan.

  1. mkdir XIIR6 bin etc local sbin share
  2. mkdir XIIR6/bin XIIR6/lib XIIR6/man
  3. touch bin/f2c
  4. mkdir local/bin local/lib local/man
  5. mkdir share/doc share/man
  6. cd XIIR6
  7. touch bin/xdm bin/xterm bin/xv
  8. cd ..
  9. cd share
  10. mkdir doc/faq doc/howto doc/packages
  11. cd ..
  12. tree    

 

 

Hasilnya jika ditampilkan,

Membuat folder dalam srv directory.

Sebelumnya kita keluar dari usr directory (cd ..). Lalu pindah ke srv directory (cd srv). Dan kita buat foldernya dengan perintah mkdir ftp www.

Selesailah kita membuat pohon direktori. Jika kita kembali ke root (cd ..) dan menampilkan isi direktorinya dengan perintah tree, maka hasilnya akan seperti berikut.

selesai ... Selamat Mencoba,,, 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll