UNIX-Sys dan Puppy Linux

17 November 2013 20:42:55 Dibaca : 207

Unix-Sys

Hallo Kawan:)) kali ini saya akan memposting materi tentang Unix-Sys..

Unix adalah sistem operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bel abs. UNIX didesain sebagai Sistem Oprasi yang portabel. Multi-Tasking dan multi-User. Karena faktor kesediaan dan kompatibilita yang tinngi enyebabkan UNIX lebih fleksibel jadi dapat digunakan, dissalin dan dimodifikasi. Maka dari pada itu UNIX dapat dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebakan banyak sekali varian dari UNIX itu sendiri. UNIX ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX dapat dikatakan mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based selain itu UNIX pun merupakan Sistem Operasi lain, karena setiap file, direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk dapat diakses. Karena adanya dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menajdi LINUX (Salah satu varian UNIX)

 

Beberap sifat dan keistimewaan yang terdapat pada UNIX :

  •  Portabilitas
  •  Multi User
  •  Multi Tasking
  •  Shell Unix
  •  Utilitas
  •  Masyarakat Unix

 

Gambar Arsitektur Unix

 

Puppy Linux

Sistem operasi Linux Puppy adalah distribusi Linux yang ringan yang berfokus pada kemudahan penggunaan dan memori . Puppy linux merupakan system operasi yang lengkap. Puppy berukuran kecil, sehingga dapat boot dari berbagai jenis media. Hal ini juga berguna sebagai system demonstrasi, meninggalkan system operasi yang asli/yang tidak berubah,atau sebagai OS untuk system dengan hard drive kosong atau hilang, atau menjaga computer tua yang berguna.

Tidak seperti beberapa OS lainnya , Puppy Linux tidak mount ( yaitu mempersiapkan diri untuk membaca dari / menulis ke ) hard drive atau terhubung ke jaringan secara otomatis . Sejak Puppy Linux fundamental berjalan dalam RAM , semua file , operasi dan konfigurasi yang dibuat / dimodifikasi dalam sesi akan hilang ketika sistem dimatikan . Namun mungkin untuk menyimpan file pada shutdown. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk baik menyimpan file ke disk ( USB , HDD dll ) atau bahkan menulis sistem file ke CD Puppy yang sama telah boot dari, jika " multisession " digunakan untuk membuat CD boot dan jika CD burner hadir .

 

Ada lima versi Puppy Linux.

  • Versi pertama dirilis pada tanggal 29 maret 2005. Puppy 1 series dapat berjalan lancar pada komputer lama, seperti komputer Pentium dengan RAM minimal 32 MB. Untuk komputer lebih baru, lebih baik menggunakan versi USB keydrive.
  • Versi kedua dirilis pada tanggal 1 juni 2006. Puppy 2 merupakan perbaikan dari versi 1 dalam hal struktur penyimpanan file. Dalam versi 1 (Puppy 1 Series) semua file sistem operasi, driver, maupun pengaturan pemakaian dijadikan satu file, sedangkan dalam Puppy versi 2 dipisah-pisah.
  • Versi ketiga dirilis pada tanggal 2 oktober 2007. Puppy 3 dibuat kompatibel Artinya instalasi paket-paket Slackware dapat dengan mudah dilakukan sebab hampir semua program-program dasarnya sudah ter-instal.
  • Versi keempat dirilis pada tanggal 5 mei 2008. Puppy 4 di-compile langsung dari source dengan T2 (Open System Development Environment project) untuk memperkecil ukuran dan menambah fungsionalitas dibanding versi 3. Selain itu, pada tiap versi, ada Puppy Unleashed yang terdiri lebih dari 500 paket program yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengguna untuk membuat live CD khusus dengan memakai "remaster tool".
  • Versi kelima dirilis pada tanggal 15 mei 2010. dibuat dengan Woof suatu perangkat lunak untuk merakit Puppy Linux dari paket-paket distribusi GNU/Linux lain, misalnya: paket-paket Ubuntu, Debian, Slackware, Arch, dll.

 

Tampilan Puppy Linux

 

 

 

Sekian:))

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong