[PERTEMUAN 5-SISTEM OPERASI-KELAS A]

06 November 2013 22:21:52 Dibaca : 26

ass.wr.wb.

hari kamis tanggal 26 Oktober padapertemuan ke 5 , kami belajar materi mengenai bash shell..

Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Shell adalah program yang menjadi jembatan antara perintah yang dimasukkan user melalui input dari keyboard dengan sistem operasi untuk melakukan perintah yang dimasukkan user tersebut. Sekarang ini, program seperti shell ini sudah tergantikan oleh user interface yang lebih mudah digunakan.

shell adalah program (penterjemah perintah) yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini kernel (inti sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command), selain itu shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai program.

Di sini kita akan belajar menggunakan statement read yang cukup ampuh untuk membaca atau menerima masukan dari input standar

#!/bin/bash

#rd1

echo -n "rahmat:"

read nama;

echo "Hi $nama, apa khabarmu";

read “baik”;

echo "Pesan dan kesan :";

read “pakai linux sangat menyenangkan”;

echo " $nama, $REPLY";

sekian materi ringkasan bash shell dari saya , semoga dapat bermanfaat..


wassalam..

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong