Unix-sys Dan Distro mepis

20 November 2013 09:16:54 Dibaca : 153

ASALAMALAIKUM WR.WB.

Pada posting kali ini saya akan menjelasan tentang UNIX-SIS dan distro (MEPIS).

UNIX-SIS :

UNIX terdiri atas sejumlah program (dapat instruksi untuk memperoleh hasil tertentu). Yang dirancang untuk mengontrol interaksi antara fungsi –
fungsi tugas dari system operasi

Melakukan fungsi manajemen system berkas
2. Mengendalikan berbagai sumber pada system, seperti disk dan printer.
3. Mengantar sejumlah pemakai yang menggunakan system bersamaan
4. Membentuk penjadwalan proses didalam system.

Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.

Sistem operasi UNIX yang terdiri dari tiga komponen utama:
1. Kernel
Ini adalah perintah dari pusat sistem operasi.Dari sini program konfigurasi memori ditugaskan, serta waktu-urutan peristiwa. Kernel juga mengelola sistem repositori dalam menanggapi sistem panggilan.
2. Programs
Program yang ini membuat individu atas perintah yang diberikan oleh user untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
3. Shell
Shell memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem. Di sinilah perintah baris yang dimasukkan, Shell menterjemahkan perintah untuk kernel.

Beberapa sifat dan keistimewaan yang terdapat pada UNIX

1. PORTABILITAS

. Untuk beralih dari suatu system UNIX ke MULTI USER system UNIX lainnya. Dapat dilakukan dengan mudah, hal ini tidak hanya terbatas pada sistemnya saja, melainkan juga pada aplikasinya. Program aplikasi yang berjalan pada suatu system UNIX dapat dipindahkan ke system UNIX lainnya, dengan jalan mentransfer program dan kemudian melakukan kompilasi lagi pada system UNIX yang baru. Bahkan beberapa aplikasi bersifat kompatibel dalam bentuk obyek, sehingga tidak diperlukan proses kompilasi

2 MULTI USER

Multiuser berarti sejumlah orang (pemakai) dapat menggunakan system secara bersamaan dan berbagai sumber. UNIX mendukung keperluan seperti ini, yaitu keuntungan dengan adanya sifat MULTI USER :
a) Penhematan perangkat keras, sebab perangkat keras dapat dipakai oleh orang banyak.
b) Data dapat diakses oleh orang banyak secara serentak. Ini berarti tidak ada penduplikasi data. Selain itu konsistensi data lebih terjamin.

3.MULTI TASKING

Seorang pemakai dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dari sebuah terminal. Pekerjaan – pekerjaan yang tidak memerlukan interaksi dari pemakai. Bisa dilaksanakan dilator belakang. Pemrosesan ini memungkinkan saat suatu pekerjaan sedang dilaksanakan oleh system, pemakai dapat melakukan tugas-tugas yang lain.

4. SHELL UNIX

Shell UNIX menjadi jembatan antara pemakai dan system. Ia bertindak sebagai penerjemah perintah yang sangat bermanfaat bagi pemakai kemampuan, Shell mencakup dua hal, yaitu :
¾ Modus Interaktif dan
¾ Modus Pemrograman

5. UTILITAS

Sistem Operasi UNIX atas sejumlah program yang antara lain berupa utilitas-utilitas yang
tersedia pada UNIX mempunyai tugas yang bermacam-macam, antara lain berhubungan dengan :
a) Manajemen berkas
b) Penyunting berkas
c) Pendukung Komunikasi
d) Pendukung pengembangan perangkat lunak

6. Masyarakat UNIX

Kalau semua pemakaian UNIX terbatas pada keinginan tertentu terutama lingkungan Universitas, kjini UNIX juga banyak dipakai untuk menangani aplikasi bisnis. UNIX juga seringkali banyak digunakan untuk memecahkan persoalan yang kompleks pada permasalahan statistic dan engineering.

perkembangan UNIX juga tidak lepas dengan lembaga – lembaga atau organisasi yang melakukan standarisasi, antara lain :

a) ANSI (American National Standards Institute)

b) X/OPEN

e) AT & T

d) X-Consorfium

c) ISO (International Standards Organization)

Arsitektur Sistem operasi UNIX

Operating system dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak (software) yang mengendalikan sumber daya perangkat keras (hardware) dan menyediakan tempat dimana program aplikasi dapat dijalankan. Secara umum, kita menyebut software tersebut (operating system) sebagai kernel (inti). Gambar di bawah ini memperlihatkan diagram dari system arsitektur UNIX.

Alat yang menghubungkan (interface) ke kernel, kita sebut dengan system call, library yang berfungsi secara umum dibangun di atas interface system call. Tetapi program aplikasi bebas menggunakan keduanya (system call dan kernel). Shell adalah suatu aplikasi khusus yang menyediakan alat penghubung (interface), untuk menjalankan aplikasi yang lain.

DISTRO (MEPIS):

MEPIS Linux diluncurkan oleh Warren Woodford di bulan Juli 2003, yang merupakan distro terbaru di daftar ini. Meskipun demikian, MEPIS berhasil mendapatkan sambutan positif dari pengguna dan pengulas. MEPIS adalah gabungan dari Debian Sid dan Knoppix, satu jenis distro Linux baru yang dapat digunakansebagai liveCD dan distribusi penuh dengan instaler grafis. Dengan cara ini, pengguna dapat mencoba dengan menjalankan secara langsung, dan dapat menginstalasinya ke harddisk jika mereka menyukainya. Banyak distro lain yang meniru, namun MEPIS-lah yang memelopori konsep sebuah liveCD + instaler grafis yang diluncurkan langsung dari CD.

MEPIS Linux juga memiliki kemampuan deteksi perangkat keras yang sangat baik (termasuk mengenali beberapa jenis winmodem) dan menyertakan beberapa utiliti konfigurasi yang dikembangkan sendiri.

Keunggulan : Distribusi penuh dan live CD dalam satu paket, menyertakan driver NVidia, Java, Flash, codec multimedia, dan perangkat lunak tidak-bebas lainnya, deteksi perangkat keras yang sangat baik

Kelemahan : Belum teruji sebagai distribusi mainstream, tampilan UI standar kurang menarik

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong