Installasi DualBoot OS pada Laptop Atau PC (Windows & Ubuntu)

08 September 2019 10:01:04 Dibaca : 990

Banyak dari teman teman yang mungkin menginginkan laptopnya terinstall OS lebih dari satu OS, Tapi sering timbul pertanyaan di kepala meraka apakah mungkin? emang bisa sebuah laptop atau PC dapat terinstall dua OS?dan gimana kita bisa menjalankannya? bagaimana kita ingin menjalankan OS yang telah terinstall sesuai keinginan kita?.

Jadi pertnyaan-pertyaan itu yang sering timbul di kepala mereka. tetapi untuk anak informatika sudah bukan hal yang musthail lagi hal seperti itu di kalangan anak informatika. bahakan telah menjadi kebiasaan, bahkan selalu mencoba coba hal yang tidak bisa masuk akal dan menggunakan sesuatu yang terbilang sulit utuk di operasikan.

nah kali ini saya ingin berbagi kepada anda bagaimana cara meng-Install DUALBOOT OS pada laptop atau PC kita?, jadi seblum itu, disini saya memanggil dualboot OS in dengan nama dualboot saja, agar teman teman tidak pusing nantinya..

jadi dual boot ini dapat kita lakukan di laptop dengan spek rendah maupun tinggi. tetapi yang harus di perhatikan adalah penyimpanannya dan RAM yang beroperasi untuk menjalankan dual boot tersebut., jadi untuk installasi dual boot kita harus mempunyai penyimpanan harddisk yang cukup untuk menampung os yang nantinya akan kita install sesuai ke inginan dan kebutuhan kita. makin besar penyimpanan yang kita miliki kita bisa dengan leluasa menginstall os yang kita sukai sesuai keinginan kita dengan SPACE yang kita inginkan. dan yang kedua adalah RAM itu sendiri. dimana fungsi dari ram sendiri adalah menjalankan si OS tersebut.. jadi berbeda dengan si HARDDISK ya teman teman.. jangan sampai teman teman salah paham dan terkcoh tentang perbedaan RAM dan HARDDISK(penyimpanan)

nah sebelum kita melakukan installasi, kita harus punya dulu OS yang nantinya akan kita jalankan di laptop kita. anda bisa mencarinya di situs resmi OSnya tersebut, atau bisa langsung search di google dengan syarat anda harus berhati hati dalam memilih OS yang teman teman, karena di takutkan OS yang anda dowload dan yang nnti akan anda install di laptop anda berpotensi terindikasi VIRUS, jadi saya selaku penulis menyaranakan agar anda mendownload langusng dari situs resminya.

 

langsung saja ke tutorialnya

Disini saya menggunakan laptop dengan spek seperti berikut ini

Laptop ACER

- Merek => Spin 3

- Harddisk => 1TB ( 1000GB)

- RAM => 8GB

- Layar => 14 inch

- Processor => intel core-i5 1.60GHz

 

Installasi OS WINDOWS 10

1.