Tugas Sistem Operasi

21 October 2023 18:06:29 Dibaca : 49

Nama  : Alya Rahma Abubakar

NIM    : 531423004

Kelas/Prodi : A/Sistem Informasi

Mata Kuliah : Sistem Operasi

1. Program Control 

           Program control atau program pengendalian adalah bagian dari perangkat lunak yang mengatur, mengelola, dan mengendalikan operasi dari sistem. Pengendalian program ini mencakup semua tugas yang diperlukan untuk menjalankan program, seperti alokasi memori, penjadwalan, dan manajemen input/ouput. Control program mengendalikan eksekusi program user untuk mencegah eror dan penggunaan yang tidak efisien , khususnya pengoperasian dan pengendalian input/output.

2. Input/Output

         Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan kedalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan pengguna memasukan data kedalam komputer atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukan data dari luar kedalam mikroprosesor.

        Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.

     Dalam sistem komputer, manajemen input output sangat diperlukan karena input output adalah sarana pengguna untuk dapat berkomunikasi dengan komputer.

3. File System

     Sistem file adalah struktur logika yang digunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada harddisk atau disk lainnya. Sistem file memisahkan informasi yang tersimpan ke dalam masing-masing dokumen secara individual dan menciptakan berbagai macam kemungkinan dan kemudahan bagi pengguna. Sistem file akan berbeda-beda pada setiap sistem operasi (sistem pengoperasian) Misalnya, sistem manajemen file pada Windows pasti akan berbeda dengan yang ada di macOS maupun Linux.

4. Comms

     Comms" dalam sistem operasi adalah singkatan dari "communications"  yang mengacu pada segala bentuk interaksi antara proses-proses yang berjalan pada sistem operasi. Komunikasi antar proses atau Interprocess Communication (IPC) adalah mekanisme pertukaran data antara satu proses dengan proses lainnya, baik itu proses yang berada di dalam satu komputer atau di dalam beberapa komputer yang terhubung dalam suatu jaringan.

5. Error Mngt

     Manajemen kesalahan dalam sistem operasi adalah suatu mekanisme yang digunakan untuk mengatasi kesalahan atau kegagalan dalam sistem operasi. Error ini meliputi error hardware internal dan eksternal, seperti memory error atau kegagalan atau kesalahan fungsi perangkat, dan berbagai macam error software seperti overflow aritmetik, adanya usaha untuk mengakses lokasi memori yang terlarang, dan ketidakmampuan sistem operasi untuk memenuhi permintaan sebuah aplikasi.Implementasi manajemen kesalahan pada sistem operasi dapat membantu mengidentifikasi, menangani, dan melaporkan kesalahan atau kegagalan dalam sistem operasi.

6. Resource

      Resource dalam sistem operasi adalah segala sesuatu yang digunakan oleh sistem operasi untuk menjalankan aplikasi dan memproses data. Resource ini dapat berupa sumber daya fisik seperti CPU, motherboard, memori, perangkat penyimpanan, perangkat komunikasi, perangkat multimedia, perangkat grafis, output device, keyboard, tetikus, joystick, dan track-ball. Selain itu, resource juga dapat berupa sumber daya abstrak seperti data seperti PCB (program control block), berkas (file), semaphore, segmen tabel, halaman tabel, i-node, FAT, dan program seperti kumpulan instruksi yang dapat dijalankan. Implementasi Resource Manager pada sistem operasi dapat membantu mengalokasikan sumber daya secara efisien dan mengoptimalkan kinerja sistem operasi.

7. Auditing

     Auditing dalam sistem operasi adalah proses untuk memastikan keamanan sistem operasi dan mengendalikan sistem operasi yang ada. udit sistem operasi bertujuan untuk memverifikasi bahwa kebijakan dan prosedur manajemen yang efektif diterapkan untuk mencegah pendahuluan dan penyebaran program yang berbahaya, serta memastikan bahwa sistem operasi melindungi dirinya dari pengguna dan melindungi pengguna dari satu sama lain. 

8. Security

   Keamanan dalam sistem operasi adalah suatu upaya untuk melindungi sistem operasi dari serangan pihak luar atau dalam dan menjaga keamanan informasi yang diterapkan pada komputer dan jaringannya.Keamanan komputer  bertujuan untuk mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan dalam sebuah sistem yang berbasis informasi.

  Beberapa contoh upaya keamanan dalam sistem operasi adalah sebagai berikut:

  •     Firewall
  •     Perangkat lunak pemindaian
  •     Software Antivirus dan Anti Spyware

 Implementasi keamanan pada sistem operasi dapat membantu melindungi sistem operasi dari serangan pihak luar atau dalam dan menjaga keamanan informasi yang diterapkan pada komputer dan jaringannya.

        

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong