LK 3 Sistem Operasi

30 November 2023 19:37:04 Dibaca : 23

Nama                 : Alya Rahma Abubakar

NIM                    : 531423004

Kelas/Prodi       : A/Sistem Informasi

Vidio cli#1 

pada vidio ini ada beberapa perintah seperti :

- man atau manual yang berfungsi untuk dapat membantu melihat informasi dari sebuah perintah contohnya man man jadi kita akan mengecek atau melihat manual dari perintah ini.

-pwd, perintah ini berfungsi untuk memberikan informasi ke user terkait lokasi kita saat ini

-mkdir adalah perintah untuk membuat folder, contohnya ketika kita ketik mkdir latihan1 maka akan dilakukan proses pembuatan folder dengan nama latihan 1 lalu kita bisa melihatnya melalui perintah

-ls, ketika kita ketik ls maka akan menampilkan daftar direktori

-cd yang berfungsi untuk bisa pindah dari direktori 1 ke direktori yang lain, caranya seperti di contoh dengan ketikan cd latihan1,artinya kita akan masuk ke direktori latihan1.

- mv adalah perintah yang berfungsi untuk melakukan rename, contohnya smp1 akan diganti menjadi smp negeri 1 dengan cara ketikan mv smp1 "SMP Negeri 1 Gorontalo" jadi kalau ini mengubah nama ketikan nama direktori lama lalu nama direktori baru. dan jika kita ingin menggunakan  nama pakai spasi kita maka kita buat pakai tanda petik, adapun fungsi lain dari mv adalah kita bisa melakukan proses pemindahan file.

- cara untuk melihat isi dari sebuah direktori dengan perintah ls lalu nama direktori contohnya dengan mengetik ls SEKOLAH_MENENGAH_ATAS dan langsung ditampilkan folder yang berada dalam folder menengah atas. 

Vidio cli#2

pada vidio ini ada beberapa perintah seperti :

- nano perintah yang berfungsi untuk layaknya text editor yang berbasis command line interface

-ls adalah perintah yang berfungsi untuk melihat isi dari sebuah direktori 

- cat merupakan perintah yang berfungsi untuk melakukan proses pembacaan terhadap sebuah file, kita bisa menginputan kedalam file contohnya dengan mengetikan cat > sekolah/sma/sma4/ainiaira.txt lalu kita berikan informasi seperti nama,asal.

-touch adalah perintah untuk membuat file, dengan touch juga bisa membuat file yang tidak bisa dilihat contohnya ketikan touch sekolah/sma/sma4/ . rahasia ainiaira.txtd dan untuk melihatnya kita bisa menggunaka ls -a

 

 Vidio Cli#3

Pada vidio ini ada beberapa perintah seperti :

- rm yang berfungsi untuk menghapus file contohnya kita bisa menetikan rm lalu nama file yang ingin dihapus

- rmdir adalah perintah yang berfungsi untuk menghapus folder yang tidak ada isinya, jika ingin menghapus direktori yang ada isinya kita bisa menggunkan rm -rf sebagai contoh dengan ketikan rmdir lalu nama direktori yang ingin dihapus

-cat adalah perintah untuk membaca sebuah file, bisa juga untuk join file 

Vidio cli#4

 Pada vidio ini ada beberapa perintah seperti :

- whoami yang dapat digunakan untuk melihat user yang sedang login saat ini

-sudo su  yang dapat digunakan untuk memberikan user biasa untuk menjalankan perintah yang hanya bisa digunakan oleh user root

- w adalah perintah yang dapat digunakan untuk menginformasikan statistik secara lengkap

- cat  /etc/group untuk melihat berapa banyak group yang ada dalam perangkat kita

- cat  /etc/passwd untuk melihat berapa banyak user yang dalam perangkat kita

-  adduser / useradd adalah perintah untuk membuat user, perbedaanya adalah kalau adduser membuat user dengan melakukan seting password/kata sandi terlebih dahulu, dan ada home direktorinya, dan meberikan keterangan lengkap dari user sedangkan useradd tanpa set password, tanpa home direktori, dan tanpa keterangan lengakp mengenai user.

-addgroup adalah perintah untuk membuat group dan untuk menghapusnya menggunkan perintah groupdel

Vidio cli#5

Pada Vidio ini membahas tentang manajemen user, group dan file permission

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong