SEKILAS TENTANG UNIX

25 November 2013 00:22:47 Dibaca : 63

1. apa sih itu UNIX?

Unix adalah sebuah system operasi computer yang dikembangkan oleh AT & T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. Unix di desain sebagai system operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu dari turunan (varian) Unix yang di kembangkan oleh Universitas California, Berkeley.

System operasi unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal dikomputer. Linux, yang merupakan system operasi yang diadopsi dari Unix operasi proprietary seperti Microsoft Windows.

Sistem operasi UNIX yang terdiri dari tiga komponen utama:

1. Kernel Ini adalah perintah dari pusat sistem operasi.Dari sini program konfigurasi memori ditugaskan, serta waktu-urutan peristiwa. Kernel juga mengelola sistem repositori dalam menanggapi system panggilan.

2. Programs Program yang ini membuat individu atas perintah yang diberikan oleh user untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

3. Shell Shell memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem. Di sinilah perintah baris yang dimasukkan, Shell menterjemahkan perintah untuk kernel.

Manfaat dari sistem operasi UNIX dibandingkan sistem operasi lain pada komputer Anda tergantung pada kebutuhan khusus komputer untuk apa. UNIX menyediakan lingkungan yang stabil, yang berarti itu mengurangi kerentanan terhadap crash program ketika baru dipasang.

UNIX juga merupakan sistem yang lebih mandiri dalam program yang dapat berfungsi sebagai sendiri mail dan mencetak server. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan privasi, karena mail akan didownload secara langsung ke komputer tidak dengan di web server. kemampuan memproses akan lebih cepat, dan memerlukan sedikit memori.

2.  Arsitektur UNIX

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong