UNIX

23 November 2013 11:15:32 Dibaca : 156

Nama : Indrawaty Saleh

Nim : 532413052

 

Apa itu UNIX...???

UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang bisa digunakan di komputer pribadi, server dan jaringan. Sistem operasi UNIX dikenal karena ringan fiturnya dan dapat dengan lancar dengan sistem operasi lain.

Nama UNIX itu sendiri berasal dari kata UNICS, yaitu Uniplexed Information and Computing System, yang dicetuskan oleh Brian Kernighan pada tahun 1970. UNIX adalah program berdasarkan klien-server model yang memungkinkan untuk multi-user interface atau jaringan dan menggunakan utilitas program kecil, sehingga sistem UNIX ini mampu melakukan beberapa tugas dari beberapa pengguna dalam kerangka waktu yang sama.

UNIX adalah sistem operasi yang mendukung multi-user dan multitasking yang digunakan sebagai sistem operasi baku pada berbagai jenis komputer, terutama komputer mini baik sebagai workstation atau server berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer lainnya menjadi mudah. UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. Pada tahun 1960, Massachusetts Institute of Technology, AT&T Bell Labs, and General Electric bekerja dalam sebuah sistem operasi eksperimental yang disebut Multics (Multiplexed Information and Computing Service). UNIX adalah salah satu sistem operasi pertama yang ditulis dengan bahasa pemograman tingkat-tingkat, yaitu C.

Sistem operasi UNIX digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur UNIX dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. LINUX, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari UNIX dan tersedia secara bebas mendapat popuralitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows.

UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking, multi-user, sistem berkas hierarkis (membuat tingkatan-tingkatan) dan utilitas (kegunaan/manfaat)

Seiring dengan kekuatan dan flexibilitas datang beberapa konsep unik yang membuat UNIX apa itu.

Konsep-konsep ini relatif sederhana dan harus dipahami untuk mengambil keuntungan penuh dari sistem operasi.

Pengguna – Dalam rangka untuk menggunakan sistem UNIX, Anda harus terlebih dahulu login, ini memerlukan account pengguna, yang terdiri dari :

UsernamePasswordDefault grup

(Kelompok standar bahwa username milik anda)

Info kontakDirektori home

(Ini dimana anda akan menyimpan file anda dan data.)

Standar shell

(program yang mengelola login dari sesi baris perintah

Grup

(grup UNIX adalah kumpulan pengguna yaitu daftar nama pengguna)

permissions

 

 

ARSITEKTUR UNIX...

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong