Pengertian Kernel Dan Jenis-jenisnya

02 October 2014 18:46:21 Dibaca : 812

Nama : Zikrillah Dwi Putra Damopolii

Nim : 532414009

Prodi : PTI

Kelas : A

Tugas : Sistem Operasi

 

Kali ini saya akan share pengertian dan penjelasan tentang kernel mengenai tugas SO, berhubung saya di tugaskan oleh Dosen saya.Kernel adalah suatu perangkat lunak yang berguna sebagai perangkat utama dalam sistem komputer,kernel bisa juga sebagai sarana komunikasi antara perangkat software dan hardware .Kernel juda bertanggung jawab untuk menghubungkan semua aplikasi yang berjalan ke perangkat keras, untuk mendapatkan informasi dari satu sama lain.

Pengertian Kernel

Sebuah sistem operasi mempunyai sebuah bagian sangat penting yang disebut dengan kernel. Kernel merupakan inti dari sistem operasi dan bagian yang pertama kali diload ke memori ketika sistem mulai dan tetap berjalan sampai sistem berhenti. Servisnya diperlukan oleh bagian dari sistem operasi lainnya dan program aplikasi.
Tujuan utama kernel adalah untuk mengelola sumber daya komputer dan memungkinkan program lain untuk menjalankan dan menggunakan sumber daya. Biasanya, sumber daya terdiri atas:

• Central Processing Unit. Ini adalah bagian paling sentral dari sebuah sistem komputer, yang bertanggung jawab untuk menjalankan atau mengeksekusi program-program.

• Memori Komputer. Memori digunakan untuk menyimpan instruksi program kedua dan data. Biasanya, keduanya harus hadir dalam memori dalam rangka untuk mengeksekusi sebuah progam.

 

Kernel terkelompokan menjadi 4 jenis , yaitu :

 

Kernel monolitik

Kernel monolitik mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.

Mikrokernel

Mikrokernel menyediakan sedikit saja dari abstraksi perangkat keras dan menggunakan aplikasi yang berjalan di atasnya yang disebut dengan server—untuk melakukan beberapa fungsionalitas lainnya.

hybrid kernel

Kernel hibrida adalah pendekatan desain microkernel yang dimodifikasi. Pada hybrid kernel, terdapat beberapa tambahan kode di dalam ruangan kernel untuk meningkatkan performanya.

Exokernel

Exokernel menyediakan hardware abstraction secara minimal, sehingga program dapat mengakses hardware secara langsung. Dalam pendekatan desain exokernel, library yang dimiliki oleh sistem operasi dapat melakukan abstraksi yang mirip dengan abstraksi yang dilakukan dalam desain monolithic kernel.