Masalah Pada keyboard

10 September 2014 19:56:07 Dibaca : 1264

Masalah keyboard ada dua macam yaitu non operasional dan kerusakan tombol.
Kerusakan Non Operasional
Terjadi sebelum keyboard tersebut di gunakan, contohnya adalah kesalahan posisi saklar saat kita menghubungkan keyboard dengan motherboard. Jika saklar koneksi salah posisi, maka keyboard tidak dapat digunakan pada saat booting, kesalahan posisi tersebut akan menampilkan pesan POST error “keyboard error ….cheksum cmos failure…press F1 to continue and del to set up”dan tidak bisa masuk operating system. Anda juga dapat memeriksa kabel keyboard. Ujilah sambungan kawat dengan memakai meteran volt-ohm, dan gantilah kabel jika sudah usang.
Kerusakan Tombol
Dibagi menjadi dua macam, yaitu semua tombol tidak berfungsi dan sebagian tombol tidak berfungsi. Kerusakan semua tombol tidak berfungsi akan menampilkan error seperti pada kerusakan non operasional dan solusi perbaikannya sama dengan kerusakan non operasional diatas. Kerusakan keyboard di sebagian tombol yang tidak berfungsi ada beberapa kemungkinan.

Kemungkinan kerusakan keyboard tersebut disebabkan oleh debu yang menempel pada jalur penekanan karakter. Hal inilah yang dapat menyebabkan tombol keyboard tersebut tidak berfungsi. Solusinya adalah dengan membuka keyboard. dan bersihkan jalur penekanan karakter dengan menggunakan tisu yang diberi alkohol secara merata pada seluruh permukaan. Jalur penekanan tersebut terbuat dari lembaran tipis yang diberi jalur PCB sebagai bahan dasar. Lembaran tipis ini ada 3 buah, satu PCB atas, satu PCB bawah dan ditengah sebagai isolator.
Jalur penghubung antar tombol ada yang terputus atau socket longgar juga menjadi penyebab keyboard tidak berfungsi sebagian tombolnya. Solusinya adalah dengan mengecek jalur dengan AVO meter. Setelah diketahui jalur tersebut terputus maka sambung dengan menggunakan tinta emas yang bersifat logam agar tersambung lagi.

Perawatan Keyboard
Beberapa faktor yang dapat membantu dalam memperpanjang usia keyboard antara lain :

Bersihkan keyboard dengan cairan khusus untuk komputer setiap 1 bulan sampai sampai 3 bulan sekali.
Kuas dan bersihkan dari debu yang menebal disela-sela tombol yang nantinya akan menutupi jalur penekanan tombol. Bersihkan debu tersebut dengan vacum cleaner dan kuas lembut.
Jangan meletakkan benda cair dekat dengan keyboard anda, jika terjadi tumpahan akan merusak keyboard anda.
Biasakan sehabis memakai PC tutup kembali cover PC agar dapat melindungi dari debu yang masuk.