Mengatasi Blackberry 10 yang Mati

10 September 2014 19:53:53 Dibaca : 1232

Perlakuan yang tidak normal yang mungkin bisa menyebabkan perangkat bisa mati, hank atau restart antara lain, setelelah melakukan :
- Upgrade software
- Wipe
- Install Aplikasi
Sedangka untuk penyebab lain yang bisa menyebabkan blackberry 10 menjadi mati total atau hank adalah karena jatuh, tertekan, atau terkena cairan. Dan ini merupakan penyebab yang terjadi akibat kesalahan pengunaan. Dari kesalahan - kesalahan tersebut, kerusakan bisa bersal dari hardware berupa komponen chip ataupun mekanikal komponen, namun bisa juga kerusakan karena software atau OS BlackBerry 10 itu sendiri.

Dari beberapa masalah dan penyebab yang telah saya jelaskan sebelumnya, maka untuk kerusakan akibat kesalahan penggunaan yang terkait dengan fisik perangkat biasanya tergantung seberapa berat unit tersebut rusak pada fisiknya, jika hanya terbentur ringan dan tanpa ada efek fisik yang terlalui berat maka kemungkinan ini masih bisa diselamatkan. Namun apabila kerusakan sudah mengakibatkan perangkat pecah, bengkok atau terkena cairan yang banyak, kemungkinan ini tidak dapat diperbaiki atau disarankan untuk tidak diperbaiki karena ini akan menimbulkan kerusakan yang berulang.
Untuk kerusakan karena kesalahan karena perlakuan yang tidak normal setelah melakukan aktivitas tertentu yang dianggap tidak wajar, seperti mematikan device saat melakukan wipe, setelah ungrade software tiba-tiba hank atau restart, ataupun juga setelah melakukan wipe perangkat menjadi hank dengan tampilan koneksi phone dan USB. Beberapa diantaranya pernah saya alami sendiri yaitu mati, hank dan restart.

Memperbaiki masalah BlackBerry mati, hank atau restart
Dari masalah – masalah ataupun kerusakan – kerusakan terkait power yang disebabkan karena perlakuan normal diatas, salah satu penyebabnya adalah software problem sehingga salah satu solusinya adalah dengan melakukan re-load atau flashing pada perangkat BlackBerry 10 yang rusak tersebut. Ada beberapa metode untuk melakukan flashing namun untuk mem-flash dari kondisi mati tidak semuanya bisa, terutama metode OTA. Karena flashing atau upgrading melalui OTA harus melalui menu upgrade dan tentunya dalam keadaan mati. Adapun yang metode yang bisa melakukan flashing dari keadaan mati dan juga rekomendasi dari BlackBerry adalah metode flashing atau re-load melalui BlackBerry Link dan¬ melalui web. Saya akan berikan panduan untuk flashing dari kedua metode tersebut.

Reload menggunakan BlackBerry Link
Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dan step-step yang harus dilakukan untuk melakukan re-load menggunakan BlackBerry link.
• Download BlackBerry Link dari www.blackberry.com/blackberrylink , jika belum ada atau download ke blackberry link terbaru dari alamat yang sama
• Jika sudah diinstall atau di upgrade, Buka BlackBerry link nya
• Hubungkan perangkat BlackBerry 10 ke komputer
• Pada bagian kiri bawah, klik tab nama komputer yang tertera
• Pilih setting
• Cari menu Reload Device Software, kemudian pilih Reload
• Ikuti perintah yang ditampilkan selama proses reload berlangsung
• Bila proses berjalan lancar maka blackberry link akan melakukan start up.

Reload Melalui Web
Metode reload atau upgrade BlackBerry 10 ini tentunya membutuhkan koneksi internet dan saat ini hanya berjalan untuk komputer dengan OS Windows. Dan kerusakan yang dapat diperbaiki dengan metode ini adalah kerusakan yang mana walaupun mati atau display tidak menyala namun masih bisa terdeteksi oleh komputer. Berikut step-step untuk melakukan recovery melalui web.
• Tutup aplikasi BlackBerry Link atau desktop manager, bila masih terbuka
• Lepaskan perangkat BlackBerry 10 dari komputer
• Buka browser, rekomendasr Internet Explorer atau Chrome, dan arahkan ke alamat www.blackberry.com/updates
• Bila baru pertama kali melakukan ini maka akan diminta untuk mendownload dan menginstal add-on
• Setelah diinstall bka kembali alamat web tersebut dan scroll kebawah dan cari tombol updates
• Hubungkan perangkat BlackBerry 10 ke komputer
• Tekan tombol power sampai led berwarna merah muncul
• Akan muncul tampilan untuk mengecek update software, setelah itu perangkat BlackBerry 10 akan mati dan akan menyala led hijau.
• Akan muncul tampilan dilayar untuk memulai proses loading atau flashing, ikuti perintahnya selama proses berlangsung.

Bila step ini kurang jelas dapat membacanya disini untuk lebih detail. Kedua metode ini hanya bisa menyelesaikan masalah untuk kerusakan yang diakibatkan oleh kerusakan atau kesalah dari software BlackBerry 10, bila kerusakan pada hardware seperti chip power, chip memory ataupun mekanikal komponen yang rusak tentu tidak dapat diselesaikan dan tentunya harus memperbaiki komponen hardware yang rusak tersebut untuk menyelesaikannya. Bila metode ini tidak berhasil maka disarankan untuk membawa nya ke tempat service atau BlackBerry Expert Center.