PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMASARAN RR OUTDOR GEAR

09 October 2023 16:41:35 Dibaca : 87

“PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMASARAN RR OUTDOR GEAR”

 

RR  Outdoor  Gear  berdiri  pada tahun 2015. Bisnis ini didirikan oleh Reza  Rivaldi.  Nama  RR  Outdoor Gear  diambil dari  awal huruf  nama lengkap pemilik. R berarti Reza dan R yang kedua adalah Rivaldi. Nama tersebut  disingkat  menjadi  RR. Untuk  kata  Outdoor  Gear  sendiri memiliki  arti  perlengkapan  luar ruangan.  RR  Outdoor  Gear  adalah bisnis  yang  menjual  perlengkapan-perlengkapan  pendakian  (naik gunung).

Saat ini RR Outdoor Gear sudah merambah  kebisnis  yang  lain, diantaranya  persewaan  (rental) alat-alat gunung, perbaikan/reparasi alat-alat gunung, dan Trip Organizer. RR Outdoor Gear  menggunakan 3  akun instagram  untuk  melakukan  strategi pemasaran  diantaranya  adalah menggunakan  akun  yang  bernama rroutdoorgear_official, juga ada akun rroutdoorgear_catalog,  serta  akun rr_trip.organizer.

Akun  rroutdoorgear_official digunakan  RR  Outdoor  Gear  untuk memasarkan  semua  lini  bisnisnya diantaranya  penjualan,  persewaan, perbaikan/reparasi,  dan  juga  trip organizer. Untuk akun yang bernama rroutdoorgear_catalog  hanya  khusus digunakan untuk  memajang produk-produk  gunung  yang  dijual.  Dalam akun  ini  tidak  memasarkan  bisnis persewaan,  perbaikan,  dan  trip organizer,  sedangkan  untuk  akun rr_trip.organizer  khusus  digunakan untuk  memasarkan  pelayanan  jasa kegiatan  trip  organizer.  Jadi  pada dasarnya  hanya  ada dua  akun  yang khusus pada satu  lini dan  yang satu akun  digunakan  untuk  semua  lini bisnis.

Sejak  dibuat  pada  tahun  2015 Akun  rroutdoorgear_official  sampai sekarang  sudah  memiliki  1.401 pengikut.  Sebenarnya  akun  ini pernah  mencapai  5.000  pengikut. Karena  terkendala  pada tahun  2019 ada yang hack (dari bulan Juni 2019 sampai  Agustus  2019)  membuat pengikut  akun  instagram  RR Outdoor  Gear  menurun  drastis hingga  mencapai  412.  Setelah akun bisa dikembalikan normal pada bulan September  2019  oleh  RR  Outdoor Gear, kini pengikut instagram mulai naik perlahan hingga mencapai 1.401 pengikut.

Akun instagram ini adalah akun pertama kali RR Outdoor Gear dalam membuka  usaha/bisnis  penjualan perlengkapan  gunung.  Akun  ini digunakan  untuk  memasarkan seluruh aktivitas kegiatan bisnis RR Outdoor  Gear dari  mulai  penjualan, persewaan,  perbaikan/reparasi,  dan trip  organizer.  Semua  lini  bisnis tersebut sengaja dijadikan  satu  pada akun  ini  karena  dijadikan  identitas keseluruhan  bisnis  yang  dilakukan RR Outdoor Gear.

Foto  yang  dijadikan  profil dalam  akun  rroutdoorgear_official merupakan  gambar  logo  dari bisnis RR  Outdoor  Gear.  Gambar  logo tersebut  terdiri  dari  gambar  gunung melingkar,  pohon  cemara,  dan gambar jalan. Ketiga gambar tersebut memiliki makna yaitu “apa  yang ada dialam  bebas/terbuka  khususnya pegunungan”.  Sesuai  dengan  bisnis yang  dijalankan  oleh  RR  Outdoor Gear  yang  mengusung  bisnis  yang berkaitan dengan alat-alat pendakian termasuk bisnis jasa antar perjalanan untuk  naik  gunung.  Dalam  gambar profil  tersebut  juga  terdapat  tulisan RR  Outdoor  Gear.  RR  merupakan singkatan  nama  dari  pemilik  yaitu Reza  Rivaldi,  sedangkan  Outdoor Gear  adalah  makna  dari perlengkapan pendakian.

gambar1. Logo RR Outdor Gear

Profil akun yang dibuat dengan logo  RR  Outdoor  Gear  memiliki tujuan  agar  pengikut  atau  calon pengikut  akun  ini  dapat  langsung melihat dan memahami bahwa  akun instagram  tersebut  merupakan  akun bisnis  yang  menjual  alat-alat gunung/peralatan  untuk  pendakian. Ditambah tulisan Outdoor Gear yang artinya  perlengkapan  luar  ruangan. Dengan  menggunakan  gambar  logo dan  tulisan  Outdoor  Gear, diharapkan  dapat memudahkan  para konsumen  yang  tertarik  untuk mencari  produk  perlengkapan gunung  mampir  ke  akun  tersebut. Ketika  konsumen  melakukan pencarian  di  aplikasi  instagram dan melihat  profil,  maka  konsumen langsung paham bahwa akun tersebut berkaitan  dengan  perlengkapan gunung. Diharapkan calon konsumen tersebut  pada  nantinya  dapat mengikuti  rroutdoorgear_official atau melihat-lihat  dan akhirnya  bisa membeli.  Profil  dipasang  gambar logo RR  Outdoor Gear  yang identik dengan  perlengkapan  gunung,  atau dapat  dikatakan  sebenarnya  strategi ini  merupakan  simbol  awal  untuk dijadikan alat pemasaran pada profil instagram.

Profil  atau  yang  bisa  disebut sebagai  bio  merupakan  cara menciptakan  kesan  pertama  untuk pengguna  akun  lain.  Bio  pada Instagram memberikan  150  karakter untuk  menunjukkan  kepada pengguna  lain  tentang  profil instagram  (bisnis),  apa  yang ditawarkan, dan mengapa  konsumen lain harus melirik brand atau produk yang  dijual.  Oleh  karena  itu,  RR Outdoor  Gear  melakukan  bentuk kreatifitas  untuk  membuat  bio tentang  brand  atau  bisnis  dengan benar.  Dengan  bio  Instagram  ini dapat  memastikan  bahwa  profil instagram  memberikan  gambaran yang akurat dan menarik dari brand atau bisnis di Instagram.

Deskripsi  atau  yang  biasa disebut  bio  digunakan  oleh  RR Outdoor  Gear  untuk  menerangkan keseluruhan  lini  bisnis.  Deskripsi yang  ditulis  dalam  akun rroutdoorgear_official  diantaranya terdiri  dari nama  RR Outdoor  Gear Official,  lalu  ada  penjelasan penjualan perlengkapan pakaian luar ruangan,  persewaan,  dan  jasa  trip organizer.  Dalam  deskripsi  akun tersebut  juga  mencantumkan  akun instagram  RR  Outdoor  Gear  yang lain.  Selain  itu  juga  tertera  No  Hp yang  bisa  dihubungi.  No  Hp dicantumkan  dalam  deskripsi  agar konsumen yang ingin bertanya lebih detail  tentang  barang  yang  dijual dapat  segera  menghubungi  penjual. Lalu  pada bawah  sendiri dalam  bio tersebut  ditulis  alamat  lengkap  RR Outdoor  Gear  yang  berada  di  Jl. Durian  No.  26  Tanggul  Wetan Kecamatan  Tanggul  Kabupaten Jember.

Keseluruhan  deskripsi  diatas yang ditulis oleh RR Ooutdoor Gear dalam  bio  memperlihatkan  bahwa akun tersebut merupakan akun resmi. Penjelasan  lengkap  (bio)  untuk menghindari  keraguan  konsumen apakah akun tersebut resmi milik RR Outdoor Gear atau bukan. Selain itu digunakan  sebagai  strategi  profil instagram  untuk  memberikan gambaran  yang  akurat  dan menarik dari  brand  atau  bisnis  RR Outdoor Gear.

Strategi  yang  dilakukan  selain menampilkan  profil  yang  lengkap adalah  juga  dengan  posting  (feed instagram),  baik  berbentuk  foto maupun  video.  Foto  yang  diupload berkaitan dengan aktivitas semua lini bisnis.  Melihat  memang  akun  ini tidak  digunakan  khusus  untuk  satu bisnis.  Foto-foto  yang  diposting diantaranya  kegiatanan  di  gunung, produk-produk  RR  Outdoor  Gear, perbaikan  alat-alat  gunung, persewaan  alat-alat  gunung,  info open  trip,  tips  perjalanan  naik gunung  dan  ekspedisi  gunung tertinggi.

Akun  ini  juga  tidak  hanya mengupload  foto, tetapi  juga video. Unggahan  Video  yang  ditampilkan diantaranya  adalah  video  tentang tips-tips  perjalanan,  tips  memasang tenda dengan benar, dan juga video-video  keseruan  kegiatan  ketika digunung.  Tampilan  video  itu memiliki  beberapa  sasaran  dan tujuan.  Sasaran  pertama  untuk pendaki  pemula  dan  sasaran  kedua untuk  orang-orang  yang  memang sudah  hobi  melakukan  perjalanan naik  gunung.  Tujuannya  juga berbeda-beda.  Video  aktivitas keseruan  naik  gunung  ditujukan untuk  pendaki  pemula  agar  mereka memiliki  ketertarikan  untuk  naik gunung. Pendaki  pemula tidak akan dapat  naik  gunung  tanpa perlengkapan  gunung  seperti  baju gunung, jaket gunung, tenda, sepatu gunung  dan  sebagainya.  Dengan begitu  diharapkan  setelah  melihat video keseruan naik gunung tersebut, para  pendaki pemula  pada akhirnya ingin  membeli  produk-produk  yang dijual  oleh  RR  Outdoor  Gear. Sedangkan  video  yang  ditujukan kepada  orang-orang  yang  sudah berpengalaman  naik  gunung memiliki  tujuan  agar  mereka menambah  perlengkapan  gunung yang  belum  dimilikinya,  baik  sewa maupun membeli produk.

 

gambar2. postingan akun rroutdorgear_official

RR  Outdoor  Gear  dalam melakukan  upload  foto/video  juga melihat  waktu  yang  strategis.  Jadi tidak  sembarangan  dalam menentukan  waktu  upload.  Waktu yang sering digunakan untuk upload foto/video  produk-produk  yang ditawarkan pada waktu jam sebelum orang  sibuk  pergi  kekantor  atau kesekolah  dan  pada  waktu sebelum orang-orang  pulang  kerja/sekolah. Ini  adalah  waktu  kesempatan  agar pengguna  lain  dapat  melihat-lihat instagram  karena  pada  jam  tersebut masih senggang diantara pukul 06.00 WIB – pukul 07.00 WIB. Setelah itu akan  melakukan  upload  foto/video pada  sekitar  pukul  16.00  WIB  – pukul  17.00  WIB.  Karena  pada waktu  sore  hari  ini  banyak  orang-orang  yang  sudah  memiliki  waktu senggang.

Foto/Video  yang  diupload  oleh akun  intagram  ini  tersebut  juga menambahkan  hashtag.  Hashtag berasal dari kata bahasa inggris yang jika  diterjemahkan  dalam  bahasa Indonesia  memiliki  makna  tagar. Hashtag  menyediakan  suatu  cara untuk  mengelompokkan  pesan tersebut, karena pengguna lain dapat mencari  hashtag  dan  mendapatkan seperangkat pesan yang mengandung hashtag yang sama.

Penggunaan  hashtag  sendiri digunakan  oleh  RR  Outdoor  Gear sebagai  strategi  pemasaran  dalam memasarkan  produknya.  Caranya adalah  dengan  membuat  kata  kunci yang  mudah  dicari  oleh  pengguna lain.  Setiap  unggahan  baik  foto maupun  video  selalu  diberikan hashtag  yang  berkaitan  dengan unggahannya. Misalkan mengupload kegiatan  pendakian  digunung Arjuna,  maka  hashtag  yang digunakan  juga  #arjuna.  Ini digunakan  agar  pendaki  yang mencari  gunung  arjuna  melalui media instagram akan terarahkan  ke akun  rroutdoorgear_official,  tetapi dari keseluruhan hashtag yang sering dipakai adalah #rr_triporganizer dan juga hashtag #rroutdoorgear_catalog. Fungsi  memperbanyak hashtag  agar pengguna/konsumen  yang  akan melakukan  pencarian  di  instagram mudah  untuk  menemukan  akun rersmi instagram RR Outdoor Gear.

Secara  keseluruhan  dalam penggunaan  hashtag  dalam  setiap unggahan  foto  maupun  video  yang dilakukan  oleh  RR  Outdoor  Gear memiliki  tujuan  diantaranya  yaitu untuk  mempermudah pengguna  lain untuk menemukan akun RR Outdoor Gear,  Strategi  ini  juga  berlaku  jika ada pengguna instagram lain (bukan followers  dari  RR  Outdoor  Gear) ingin mencari atau membeli produk-produk gunung di instagram, mereka cukup  mencarinya  dengan  hashtag nama  barang  yang  diinginkan. Dengan  begitu  produk-produk  yang dijual  oleh  RR  Outdoor  Gear  bisa muncul.

RR  Outdoor  Gear  juga memanfaatkan  insta  story  untuk dijadikan strategi memajang produk-prouduk  yang  dijual.  Insta  story berasal  dari  singkatan  Instagram Stories. Insta story bisa memposting berbagai  foto  atau video yang tidak muncul di halaman profile dan bakal terhapus dalam waktu 24 jam. Dalam insta  story  RR  Outdoor  pada  akun rroutdoorgear_official  sering  juga mengupload  aktivitas  keseluruhan bisnis diantaranya  adalah penjualan, persewaan,  perbaikan  dan  trip organizer. Karena insta story bersifat hanya sementara (24 jam) maka RR Outdoor  Gear  sering  memposting foto atau video agar insta story tidak kosong.  Tujuan  sering  membuat insta  story  agar  konsumen  atau pengguna  lain  percaya  bahwa  akun tersebut  merupakan akun  resmi dan aktif.

Insta  story  yang  membuat  foto atau video yang diposting tidak bisa bertahan  1 hari  lebih,  membuat  RR Outdoor  Gear  memanfaatkan  fitur highlight.  Fitur ini adalah fitur yang dapat  digunakan  menyimpan  dan menampilkan daftar stories di profil lebih  dari  24 Jam.  Dalam  highlight atau yang biasa disebut sorotan pada rroutdoorgear_official  menampilkan beberapa  cerita  (foto  dan  video) diantaranya  produk-produk  yang dijual,  daftar  harga  sewa  peralatan gunung,  maupun  bisnis  trip organizer  yang  dijalankan  oleh  RR Outdoor Gear secara keseluruhan.

Strategi  lain  yang  digunakan adalah dengan melakukan DM. Kata DM  adalah  kepanjangan  dari Direct Message yang merupakan  salah  satu fitur Instagram juga. Fitur DM pada Instagram  ini  memungkinkan  akun RR  Outdoor  Gear  dapat  berbagi banyak  hal  melalui  pesan  langsung tersebut  karena dapat  mengirim file teks,  foto  dan  video  ke  pengguna lainnya.  Ini  digunakan  oleh  RR Outdoor Gear untuk menyebar pesan kepada  pengikut untuk  menawarkan produk-produk  yang  dijual.  Pesan yang  dikirim  lebih  bersifat  pribadi karena  langsung  masuk  ke  inbox akun  yang  disasar.  DM  yang dilakukan lebih memungkinkan juga untuk  langsung  dibaca  oleh  akun yang  telah  dikirimi  pesan.

strategi  pemasaran RR  Outdoor  Gear  melalui  akun instagram  rroutdoorgear_official dilakukan  dengan  menggunakan fitur-fitur  instagram  diantaranya strategi posting produk, penggunaan hashtag,  penggunaan  insta  story (highlights),  serta  menggunakan cara  DM  (Direct  Message).  Fitur yang  ada  dalam instagram  tersebut dijadikan  alat  RR  Outdoor  Gear dalam  memasarkan  produk  yang dijual,  baik  penjualan  barang (pakaian/perlengkapan  alat-alat gunung),  maupun  penjualan  jasa (persewaan, reparasi/perbaikan, dan trip organizer).

 

Sumber : Sampir dan rizal, Majalah Ilmiah "DIAN ILMU" (2020)