PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMASARAN RR OUTDOR GEAR
“PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMASARAN RR OUTDOR GEAR”
![]()
RR Outdoor Gear berdiri pada tahun 2015. Bisnis ini didirikan oleh Reza Rivaldi. Nama RR Outdoor Gear diambil dari awal huruf nama lengkap pemilik. R berarti Reza dan R yang kedua adalah Rivaldi. Nama tersebut disingkat menjadi RR. Untuk kata Outdoor Gear sendiri memiliki arti perlengkapan luar ruangan. RR Outdoor Gear adalah bisnis yang menjual perlengkapan-perlengkapan pendakian (naik gunung).
Saat ini RR Outdoor Gear sudah merambah kebisnis yang lain, diantaranya persewaan (rental) alat-alat gunung, perbaikan/reparasi alat-alat gunung, dan Trip Organizer. RR Outdoor Gear menggunakan 3 akun instagram untuk melakukan strategi pemasaran diantaranya adalah menggunakan akun yang bernama rroutdoorgear_official, juga ada akun rroutdoorgear_catalog, serta akun rr_trip.organizer.
Akun rroutdoorgear_official digunakan RR Outdoor Gear untuk memasarkan semua lini bisnisnya diantaranya penjualan, persewaan, perbaikan/reparasi, dan juga trip organizer. Untuk akun yang bernama rroutdoorgear_catalog hanya khusus digunakan untuk memajang produk-produk gunung yang dijual. Dalam akun ini tidak memasarkan bisnis persewaan, perbaikan, dan trip organizer, sedangkan untuk akun rr_trip.organizer khusus digunakan untuk memasarkan pelayanan jasa kegiatan trip organizer. Jadi pada dasarnya hanya ada dua akun yang khusus pada satu lini dan yang satu akun digunakan untuk semua lini bisnis.
Sejak dibuat pada tahun 2015 Akun rroutdoorgear_official sampai sekarang sudah memiliki 1.401 pengikut. Sebenarnya akun ini pernah mencapai 5.000 pengikut. Karena terkendala pada tahun 2019 ada yang hack (dari bulan Juni 2019 sampai Agustus 2019) membuat pengikut akun instagram RR Outdoor Gear menurun drastis hingga mencapai 412. Setelah akun bisa dikembalikan normal pada bulan September 2019 oleh RR Outdoor Gear, kini pengikut instagram mulai naik perlahan hingga mencapai 1.401 pengikut.
Akun instagram ini adalah akun pertama kali RR Outdoor Gear dalam membuka usaha/bisnis penjualan perlengkapan gunung. Akun ini digunakan untuk memasarkan seluruh aktivitas kegiatan bisnis RR Outdoor Gear dari mulai penjualan, persewaan, perbaikan/reparasi, dan trip organizer. Semua lini bisnis tersebut sengaja dijadikan satu pada akun ini karena dijadikan identitas keseluruhan bisnis yang dilakukan RR Outdoor Gear.
Foto yang dijadikan profil dalam akun rroutdoorgear_official merupakan gambar logo dari bisnis RR Outdoor Gear. Gambar logo tersebut terdiri dari gambar gunung melingkar, pohon cemara, dan gambar jalan. Ketiga gambar tersebut memiliki makna yaitu “apa yang ada dialam bebas/terbuka khususnya pegunungan”. Sesuai dengan bisnis yang dijalankan oleh RR Outdoor Gear yang mengusung bisnis yang berkaitan dengan alat-alat pendakian termasuk bisnis jasa antar perjalanan untuk naik gunung. Dalam gambar profil tersebut juga terdapat tulisan RR Outdoor Gear. RR merupakan singkatan nama dari pemilik yaitu Reza Rivaldi, sedangkan Outdoor Gear adalah makna dari perlengkapan pendakian.
gambar1. Logo RR Outdor Gear
Profil akun yang dibuat dengan logo RR Outdoor Gear memiliki tujuan agar pengikut atau calon pengikut akun ini dapat langsung melihat dan memahami bahwa akun instagram tersebut merupakan akun bisnis yang menjual alat-alat gunung/peralatan untuk pendakian. Ditambah tulisan Outdoor Gear yang artinya perlengkapan luar ruangan. Dengan menggunakan gambar logo dan tulisan Outdoor Gear, diharapkan dapat memudahkan para konsumen yang tertarik untuk mencari produk perlengkapan gunung mampir ke akun tersebut. Ketika konsumen melakukan pencarian di aplikasi instagram dan melihat profil, maka konsumen langsung paham bahwa akun tersebut berkaitan dengan perlengkapan gunung. Diharapkan calon konsumen tersebut pada nantinya dapat mengikuti rroutdoorgear_official atau melihat-lihat dan akhirnya bisa membeli. Profil dipasang gambar logo RR Outdoor Gear yang identik dengan perlengkapan gunung, atau dapat dikatakan sebenarnya strategi ini merupakan simbol awal untuk dijadikan alat pemasaran pada profil instagram.
Profil atau yang bisa disebut sebagai bio merupakan cara menciptakan kesan pertama untuk pengguna akun lain. Bio pada Instagram memberikan 150 karakter untuk menunjukkan kepada pengguna lain tentang profil instagram (bisnis), apa yang ditawarkan, dan mengapa konsumen lain harus melirik brand atau produk yang dijual. Oleh karena itu, RR Outdoor Gear melakukan bentuk kreatifitas untuk membuat bio tentang brand atau bisnis dengan benar. Dengan bio Instagram ini dapat memastikan bahwa profil instagram memberikan gambaran yang akurat dan menarik dari brand atau bisnis di Instagram.
Deskripsi atau yang biasa disebut bio digunakan oleh RR Outdoor Gear untuk menerangkan keseluruhan lini bisnis. Deskripsi yang ditulis dalam akun rroutdoorgear_official diantaranya terdiri dari nama RR Outdoor Gear Official, lalu ada penjelasan penjualan perlengkapan pakaian luar ruangan, persewaan, dan jasa trip organizer. Dalam deskripsi akun tersebut juga mencantumkan akun instagram RR Outdoor Gear yang lain. Selain itu juga tertera No Hp yang bisa dihubungi. No Hp dicantumkan dalam deskripsi agar konsumen yang ingin bertanya lebih detail tentang barang yang dijual dapat segera menghubungi penjual. Lalu pada bawah sendiri dalam bio tersebut ditulis alamat lengkap RR Outdoor Gear yang berada di Jl. Durian No. 26 Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.
Keseluruhan deskripsi diatas yang ditulis oleh RR Ooutdoor Gear dalam bio memperlihatkan bahwa akun tersebut merupakan akun resmi. Penjelasan lengkap (bio) untuk menghindari keraguan konsumen apakah akun tersebut resmi milik RR Outdoor Gear atau bukan. Selain itu digunakan sebagai strategi profil instagram untuk memberikan gambaran yang akurat dan menarik dari brand atau bisnis RR Outdoor Gear.
Strategi yang dilakukan selain menampilkan profil yang lengkap adalah juga dengan posting (feed instagram), baik berbentuk foto maupun video. Foto yang diupload berkaitan dengan aktivitas semua lini bisnis. Melihat memang akun ini tidak digunakan khusus untuk satu bisnis. Foto-foto yang diposting diantaranya kegiatanan di gunung, produk-produk RR Outdoor Gear, perbaikan alat-alat gunung, persewaan alat-alat gunung, info open trip, tips perjalanan naik gunung dan ekspedisi gunung tertinggi.
Akun ini juga tidak hanya mengupload foto, tetapi juga video. Unggahan Video yang ditampilkan diantaranya adalah video tentang tips-tips perjalanan, tips memasang tenda dengan benar, dan juga video-video keseruan kegiatan ketika digunung. Tampilan video itu memiliki beberapa sasaran dan tujuan. Sasaran pertama untuk pendaki pemula dan sasaran kedua untuk orang-orang yang memang sudah hobi melakukan perjalanan naik gunung. Tujuannya juga berbeda-beda. Video aktivitas keseruan naik gunung ditujukan untuk pendaki pemula agar mereka memiliki ketertarikan untuk naik gunung. Pendaki pemula tidak akan dapat naik gunung tanpa perlengkapan gunung seperti baju gunung, jaket gunung, tenda, sepatu gunung dan sebagainya. Dengan begitu diharapkan setelah melihat video keseruan naik gunung tersebut, para pendaki pemula pada akhirnya ingin membeli produk-produk yang dijual oleh RR Outdoor Gear. Sedangkan video yang ditujukan kepada orang-orang yang sudah berpengalaman naik gunung memiliki tujuan agar mereka menambah perlengkapan gunung yang belum dimilikinya, baik sewa maupun membeli produk.
![]()
gambar2. postingan akun rroutdorgear_official
RR Outdoor Gear dalam melakukan upload foto/video juga melihat waktu yang strategis. Jadi tidak sembarangan dalam menentukan waktu upload. Waktu yang sering digunakan untuk upload foto/video produk-produk yang ditawarkan pada waktu jam sebelum orang sibuk pergi kekantor atau kesekolah dan pada waktu sebelum orang-orang pulang kerja/sekolah. Ini adalah waktu kesempatan agar pengguna lain dapat melihat-lihat instagram karena pada jam tersebut masih senggang diantara pukul 06.00 WIB – pukul 07.00 WIB. Setelah itu akan melakukan upload foto/video pada sekitar pukul 16.00 WIB – pukul 17.00 WIB. Karena pada waktu sore hari ini banyak orang-orang yang sudah memiliki waktu senggang.
Foto/Video yang diupload oleh akun intagram ini tersebut juga menambahkan hashtag. Hashtag berasal dari kata bahasa inggris yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki makna tagar. Hashtag menyediakan suatu cara untuk mengelompokkan pesan tersebut, karena pengguna lain dapat mencari hashtag dan mendapatkan seperangkat pesan yang mengandung hashtag yang sama.
Penggunaan hashtag sendiri digunakan oleh RR Outdoor Gear sebagai strategi pemasaran dalam memasarkan produknya. Caranya adalah dengan membuat kata kunci yang mudah dicari oleh pengguna lain. Setiap unggahan baik foto maupun video selalu diberikan hashtag yang berkaitan dengan unggahannya. Misalkan mengupload kegiatan pendakian digunung Arjuna, maka hashtag yang digunakan juga #arjuna. Ini digunakan agar pendaki yang mencari gunung arjuna melalui media instagram akan terarahkan ke akun rroutdoorgear_official, tetapi dari keseluruhan hashtag yang sering dipakai adalah #rr_triporganizer dan juga hashtag #rroutdoorgear_catalog. Fungsi memperbanyak hashtag agar pengguna/konsumen yang akan melakukan pencarian di instagram mudah untuk menemukan akun rersmi instagram RR Outdoor Gear.
Secara keseluruhan dalam penggunaan hashtag dalam setiap unggahan foto maupun video yang dilakukan oleh RR Outdoor Gear memiliki tujuan diantaranya yaitu untuk mempermudah pengguna lain untuk menemukan akun RR Outdoor Gear, Strategi ini juga berlaku jika ada pengguna instagram lain (bukan followers dari RR Outdoor Gear) ingin mencari atau membeli produk-produk gunung di instagram, mereka cukup mencarinya dengan hashtag nama barang yang diinginkan. Dengan begitu produk-produk yang dijual oleh RR Outdoor Gear bisa muncul.
RR Outdoor Gear juga memanfaatkan insta story untuk dijadikan strategi memajang produk-prouduk yang dijual. Insta story berasal dari singkatan Instagram Stories. Insta story bisa memposting berbagai foto atau video yang tidak muncul di halaman profile dan bakal terhapus dalam waktu 24 jam. Dalam insta story RR Outdoor pada akun rroutdoorgear_official sering juga mengupload aktivitas keseluruhan bisnis diantaranya adalah penjualan, persewaan, perbaikan dan trip organizer. Karena insta story bersifat hanya sementara (24 jam) maka RR Outdoor Gear sering memposting foto atau video agar insta story tidak kosong. Tujuan sering membuat insta story agar konsumen atau pengguna lain percaya bahwa akun tersebut merupakan akun resmi dan aktif.
Insta story yang membuat foto atau video yang diposting tidak bisa bertahan 1 hari lebih, membuat RR Outdoor Gear memanfaatkan fitur highlight. Fitur ini adalah fitur yang dapat digunakan menyimpan dan menampilkan daftar stories di profil lebih dari 24 Jam. Dalam highlight atau yang biasa disebut sorotan pada rroutdoorgear_official menampilkan beberapa cerita (foto dan video) diantaranya produk-produk yang dijual, daftar harga sewa peralatan gunung, maupun bisnis trip organizer yang dijalankan oleh RR Outdoor Gear secara keseluruhan.
Strategi lain yang digunakan adalah dengan melakukan DM. Kata DM adalah kepanjangan dari Direct Message yang merupakan salah satu fitur Instagram juga. Fitur DM pada Instagram ini memungkinkan akun RR Outdoor Gear dapat berbagi banyak hal melalui pesan langsung tersebut karena dapat mengirim file teks, foto dan video ke pengguna lainnya. Ini digunakan oleh RR Outdoor Gear untuk menyebar pesan kepada pengikut untuk menawarkan produk-produk yang dijual. Pesan yang dikirim lebih bersifat pribadi karena langsung masuk ke inbox akun yang disasar. DM yang dilakukan lebih memungkinkan juga untuk langsung dibaca oleh akun yang telah dikirimi pesan.
strategi pemasaran RR Outdoor Gear melalui akun instagram rroutdoorgear_official dilakukan dengan menggunakan fitur-fitur instagram diantaranya strategi posting produk, penggunaan hashtag, penggunaan insta story (highlights), serta menggunakan cara DM (Direct Message). Fitur yang ada dalam instagram tersebut dijadikan alat RR Outdoor Gear dalam memasarkan produk yang dijual, baik penjualan barang (pakaian/perlengkapan alat-alat gunung), maupun penjualan jasa (persewaan, reparasi/perbaikan, dan trip organizer).
Sumber : Sampir dan rizal, Majalah Ilmiah "DIAN ILMU" (2020)