Mengkaji tentang Social Media Analytics

24 October 2023 19:26:07 Dibaca : 41

Apa itu Social Media Analytics? 

Social Media Analytics adalah proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi data yang berasal dari platform media sosial untuk memahami kinerja dan dampak kampanye, konten, dan aktivitas di media sosial. Berikut ada beberapa hal yang dilakukan dalam Social Media Analytics yaitu :

  • Pemantauan (Monitoring) yaitu mengawasi aktivitas dan percakapan di platform media sosial untuk mengidentifikasi tren dan perasaan.
  • Pengukuran Kinerja (Performance Measurement) adalah proses mengukur berbagai metrik, seperti like, komentar, share, retweet, dan sebagainya.
  • Segmentasi Audiens (Audience Segmentation) yaitu membagi audiens berdasarkan karakteristik demografis, perilaku, dan minat.
  • Analisis Sentimen (Sentiment Analysis) adalah proses penilaian apakah percakapan di media sosial positif, negatif, atau netral.
  • Penelusuran Hashtag (Hashtag Tracking) merupakan proses mengamati popularitas dan efektivitas hashtag dalam kampanye.
  • Benchmarking adalah proses membandingkan kinerja dengan pesaing atau tujuan yang ditetapkan.

Jenis-jenis Social Media Analytics

  1. Social Listening Analytics, pemantauan percakapan di media sosial untuk memahami persepsi dan tren.
  2. Engagement Analytics proses mengukur tingkat interaksi dan partisipasi pengguna.
  3. Web Analytics merupakan pelacakan lalu lintas dari media sosial ke situs web dan perilaku pengguna di situs tersebut.
  4. Social Sentiment Analytics proses penilaian apakah umpan balik di media sosial positif, negatif, atau netral.
  5. Competitive Analytics, membandingkan kinerja Anda dengan pesaing di media sosial.

Referensi:

Smith, A. N. (2019). The Handbook of Social Media Analytics. Academic Press.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson UK

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong