Analisis Strategi Content Marketing Pada Bisnis Pariwisata Museum Nasional Indonesia

09 October 2023 23:59:47 Dibaca : 86

 Analisis strategi content marketing pada bisnis pariwisata dengan studi kasus pada Museum Nasional Indonesia. Museum merupakan tempat yang menyimpan barang-barang yang bersejarah dari karya seseorang. Karena adanya pandemi covid-19, museum mengalami penurunan jumlah pengunjung. Oleh karena itu pemerintah meminta para staff di museum untuk berkembang mengikuti zaman sekarang yang dimana banyak para pembisnis melakukan promosi melalui platfrom sosial media.

 Instagram dan Youtube merupakan media promosi yang paling berpengaruh, karena para pengguna kedua sosial media tersebut adalah dari semua kalangan usia. Dengan hal ini Museum Nasional Indonesia menggunakan platform sosial media instagram untuk berkomunikasi dengan para masyarakat dengan tujuan promosi. Media Sosial Instagram @museumnasionalindonesia memiliki pengikut sebanyak 81,7 ribu, akun instagram ini tidak hanya untuk berpromosi saja, akun ini juga pusat menyampaikan informasi tentang Museum Nasional Indonesia melalui fitur Postingan, Reels dan Stories yang ada pada platform instagram. Museum Nasional Indonesia melakukan kerjasama kolaborasi bersama selebriti/influencer untuk aktivitas promosi pada Museum Nasional.

 Museum Nasional juga melakukan cara lain untuk  berpromosi yaitu virtual tour yang menampilkan lokasi pameran dan apa saja yang ada di dalam museum. Virtual Tour ini dibuat dengan 3D agar para pengujung bisa melihat dengan jelas, virtual tour ini di tayangkan di Youtube Museum Nasional Indonesia. Dari beberapa upaya tersebut Museum Nasional berhasil menarik pengunjung untuk memiliki ketertarikan berkunjung.  Hal ini menunjukkan bahwa media sosial sangat berpengaruh dalam promosi bisnis, maka sangat penting bagi pembisnis untuk mengelola akun media sosialnya untuk menunjang aktivitas bisnis yang lebih baik. 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong