PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK UMKM (Studi Kasus UMKM Sejoli Jamu Instan)

10 October 2023 13:41:39 Dibaca : 57

Latar Belakang:

UMKM Sejoli merupakan Usaha Jamu instan yang masih satu-satunya di Desa Paringan kecamatan Jenangan, produk Jamu instan Sejoli berani bersaing di pasar luar negeri yakni Hong-Kong, Taiwan bahkan Amerika. Produk UMKM Sejoli lolos seleksi masuk ke dalam barang-barang yang akan di ekspor oleh kementrian ketenagakerjaan. UMKM Sejoli memiliki banyak varian jamu dan Packaging yang menarik dan banyak jenisnya akan membuat produk tersebut dilirik banyak konsumen.

Hasil Analisis:

Cara Facebook Sebagai Media Promosi Produk UMKM.

Penggunaan Facebook dipilih pemilik UMKM Sejoli sebagai media promosi produknya karena Facebook memiliki beberapa layanan fitur yang dapat membantu pelaku bisnis kecil dalam mempromosikan produk dagangan mereka, oleh karena itu UMKM Sejoli juga ikut andil dalam memanfaatkan kecanggihan Facebook saat ini. Facebook marketing merupakan layanan yang diberikan Facebook, untuk membantu pada proses promosi produk para pengguna yang termasuk pelaku usaha.

fitur-fitur Facebook yang digunakan oleh para reaseler UMKM Sejoli dalam mempromosikan produk diantaranya:

1. Mengunggah Foto dan Memberi Caption

Cara yang dilakukan oleh pemilik UMKM dan para reaseler juga menampilkan produk yang mereka jual disertai dengan judul foto (caption) di akun personal milik pribadi.

2. Iklan di Marketplace Facebook

Adapun reaseler dari UMKM Sejoli yang menawarkan produknya di Marketplace untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

 

Pemanfaatan Facebook sebagai Media Promosi Produk UMKM.

Pada UMKM Sejoli jamu instan ini, pemilik meanfaatkan Facebook sebagai tempat promosi produk yang diharapkan dapat menjadi media yang efektif dan juga sebagai media e-commerce yang dapat mempromosikan produk UMKM Sejoli di Facebook hanya dengan cara mengunggah foto produk Sejoli selain itu dapat mencari mitra bisnis bagi UMKM Sejoli.

Pemanfaatan Facebook yang tepat dapat menjangkau konsumen dengan jumlah besar. Berikut beberapa pemanfaatan fitur-fitur Facebook oleh pemilik dan para reaseler UMKM Sejoli jamu instan:

1. Caption

Manfaat Caption sangat berpengaruh pada foto yang kita unggah, caption dapat menjadi keterangan dari foto tersebut dan dapat menambah info kepada pengguna Facebook lainya.

2. Geotag/Lokasi

Penggunaan geotag pada postingan foto di Facebook menambahkan informasi mengenai tempat maupun lokasi dari sebuah postingan foto, yang dapat membantu para calon konsumen menemukan keberadaan pemilik akun tersebut.

3. Like/Suka

Kebanyakan pengguna lain lebih sering menekan tombol like daripada berkomentar mengenai foto produk jamu Sejoli yang telah diunggah di Facebook.

4. Komentar

Komentar yang diberikan pengguna Facebook lainya terhadap sebuah postingan produk jamu Sejoli juga sangat membantu untuk pemilik UMKM Sejoli.

5. Status

Status Facebook yang akan menayangkan sebuah postingan dari akun pengguna Facebook selama duapuluh empat jam yang dapat berupa foto, tulisan maupun video dari pembuat status Facebook.

 

Efektivitas Pengguna Media Facebook Terhadap Minat Produk UMKM.

Promosi yang dilakukan dengan memposting sebuah foto di Facebook dapat menjadi bahan pertimbangan pengguna Facebook lainya untuk menarik minat calon konsumen. Berdasarkan tahap dalam minat konsumen dalam pembelian pada sebuah produk UMKM jamu Sejoli instan yakni:

1. Perhatian (Attention)

Pada tahap ini dimana attention merupakan bentuk dari perhatian dari sebuah adanya produk, yang berbentuk sebuah media-media yang bersifat komunikatif sehingga mampu menyampaikan hal-hal unik pada produk

2. Ketertarikan (Interest)

Pada tahap ini rasa tertarik dari pengguna Facebook terhadap produk Jamu sejoli dianggap cukup banyak karena adanya respon memberi komentar dan like pada postingan pemilik UMKM Sejoli.

3. Keinginan (Desire)

Sebuah keinginan yang kuat datang dari sebuah rasa ketertarikan pada sebuah produk hal ini akan menyebabkan calon konsumen membuat pertimbangan dalam proses pembelian produk yang telah diinginkan.

4. Aksi (Action)

Sebuah tindakan akan muncul dan keputusan antara melakukan pembelian ataupun tidak.

 

Referensi:

Wahyuningtyas, Meti. Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk UMKM (Studi Kasus UMKM Sejoli Jamu Instan Di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo). Diss. IAIN Ponorogo, 2021.

http://etheses.iainponorogo.ac.id/13829/

Link Vidio Presentasi:

https://youtu.be/HMStLYr3CSk?feature=shared

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong