TUGAS SISTEM OPRASI

24 October 2023 13:30:27 Dibaca : 20

Nama   : NI LUH MEGA

NIM      : 532423055

Kelas : C-PTI

 

Komponen Ddasar Oprasi

 

1. Program kontrol

Merupakan inti dari sistem operasi yang menjalankan eksekusi program, mengatur proses, dan menentukan alokasi sumber daya.

2.Infut Dan Output (I/O) 

"Input" adalah data atau informasi yang dimasukkan ke dalam suatu sistem atau program komputer. Ini bisa berupa apa pun, mulai dari teks yang Anda ketik, gambar yang Anda unggah, atau sinyal yang diterima oleh perangkat.

"Output" adalah hasil atau respons yang dihasilkan oleh sistem atau program komputer setelah memproses data masukan. Ini bisa berupa tampilan teks, gambar, suara, atau tindakan lain yang diambil oleh sistem.

Dalam konteks komputasi, input dan output penting karena mereka mencerminkan cara komputer berinteraksi dengan dunia sekitarnya dan pengguna.

3. File System

File system adalah metode memisahkan data pada disk/drive dan membaginya menjadi beberapa bagian. Antara lain, sistem file menyediakan cara untuk menyimpan data seperti nama file, izin akses, dan berbagai atribut lainnya. Sistem file juga mengindeks semua data yang disimpan. Jadi, sistem operasi bisa mengetahui lokasi file simpanan Anda.

4.COMMS

communications" dalam bahasa Inggris. Istilah ini mengacu pada segala bentuk interaksi atau pertukaran informasi antara individu, kelompok, atau entitas melalui berbagai saluran, seperti pembicaraan, pesan teks, email, media sosial, dan banyak lagi. Komunikasi sangat penting dalam berbagai konteks, termasuk bisnis, teknologi, dan kehidupan sehari-hari, untuk mengirim dan menerima pesan, berbagi informasi, dan menjaga hubungan antarindividu

5.Error management

Error Management adalah proses yang mendeteksi, menangani, dan kadang-kadang melaporkan kesalahan dalam sistem komputer, perangkat lunak, atau perangkat keras. Tujuannya adalah untuk mengurangi efek buruk yang dapat terjadi karena kesalahan atau kegagalan dalam operasi sistem.

6. Resource

Resources merujuk pada berbagai jenis sumber daya yang digunakan dalam berbagai konteks, termasuk bisnis, lingkungan, pemerintahan, dan kehidupan sehari-hari. Manajemen sumber daya yang baik adalah kunci untuk mencapai efisiensi, keberlanjutan, dan kesuksesan dalam berbagai bidang. Beberapa contoh jenis sumber daya seperti sumber daya manusia dan sosial, alam, finansial, teknologi, waktu, energi.

7. Auditing

Audit adalah proses pemeriksaan, pengecekan, dan evaluasi terhadap catatan keuangan, operasi, atau sistem suatu entitas dengan tujuan untuk memverifikasi keabsahan, keandalan, dan kewajaran informasi yang disajikan. Tujuan pembuatan audit meliputi adalah memastikan kepatuhan untuk mengikuti peraturan dan kebijakan yang berlaku, memerikasa catatan keuangan dan laporang keuangan, mengidentifikasi risiko-risiko potensial dalam operasi entitas, meningkatkan efesiensi dan efektivitas, mendeteksi kecurangan, dan dapat melindungi kepentingan pihak ke tiga. 

8. Security

Security adalah keamanan pada sistem komputer yang menjamin sumber daya tidak digunakan atau di modifikasi oleh orang yang tidak terotorisasi, di mana pengamanannya meliputi masalah teknis, manajerial, dan legalitas.

 

 

 

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong