KOMPONEN DASAR SISTEM OPERASI

20 October 2023 21:30:17 Dibaca : 40 Kategori : TEKNIK

Nama           : Fitriani A. Liputo

Kelas           : Pendidikan Teknologi Informasi - C    

NIM              : 532423063         

Jurusan       : Teknik Informatika   

Mata Kuliah : Sistem Operasi

 

Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara user dan perangkat keras komputer. Sistem Operasi memiliki 8 komponen dasar yakni :

1. Program Control 

Program Control atau bisa disebut juga Command Line-Intepreter adalah program yang membaca dan menerjemahkan pernyataan kontrol untuk eksekusi (contoh : if, case, while, for). Ia berfungsi menentukan instruksi apa yang akan diberikan kepada komputer saat program bertemu pada kondisi tertentu. Program control memungkinkan program untuk mengambil keputusan, mengulangi instruksi, dan melompat ke bagian lain dari program.

2. Input dan Output (I/O)

Input adalah proses memasukkan data atau informasi ke komputer melalui perangkat input. Contoh perangkat input yaitu keyboard, mouse, joystick dan lainnya. Sedangkan Output adalah tampilan informasi yang di inputkan dalam bentuk gambar, video, grafis, audio, teks, angka, ataupun suara. Output tersebut ditampilkan melalui perangkat output seperti monitor, speaker, atau proyektor.

3. File System

File adalah kumpulan informasi yang saling berhubungan. Biasanya, file berupa program (baik dalam bentuk source maupun object) dan data. System File adalah metode yang digunakan untuk mengatur penyimpanan data pada media penyimpanan sekunder, seperti hard disk, disket, dan CD-ROM. System File menyediakan struktur logis untuk data, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengakses data yang mereka butuhkan. System File terdiri dari dua komponen utama yaitu struktur data dan algoritma.

4. Comms 

Comms atau Komunikasi dibutuhkan jika beberapa proses yang sedang dieksekusi saling tukar-menukar informasi. Penukaran informasi dapat dilakukan oleh beberapa proses dalam satu komputer atau dalam komputer yang berbeda melalui sistem jaringan. Komunikasi dilakukan dengan cara berbagi memori (shared memory) atau dengan cara pengiriman pesan (message passing).

5. Error Management

Error management adalah proses deteksi, diagnosis, dan perbaikan kesalahan dalam suatu sistem. Kesalahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, mulai dari kesalahan kecil yang tidak berdampak signifikan hingga kesalahan besar yang dapat menyebabkan sistem tidak berfungsi.

6. Resource

Resource berarti sumber daya. Resource berfungsi sebgai penanggung jawab terhadap pengolahan sumber daya untuk memindahkan, memproses dan menyimpan. Sumber daya yang dimaksud adalah sumber daya fisik dan sumber daya abstrak. Sumber daya fisik contohnya seperti hardware dan sumber daya abstrak berupa data dan program. Sistem harus dapat mengalokasikan resource untuk banyak user atau banyak job yang dijalanan dalam waktu yang sama.

7. Auditing

Auditing artinya memeriksa, dimana auditing adalah proses untuk memastikan keamanan sistem operasi dan mengontrol sistem operasi yang ada. Karena sistem operasi adalah penggunaan umum oleh semua pengguna, semakin besar fasilitas komputer, semakin besar potensi kerusakannya. Oleh karena itu, mengaudit atau memeriksa sistem operasi merupakan kegiatan yang menjamin keamanan sistem operasi dan mengendalikan sistem operasi yang ada.

8. Security

Fungsi keamanan (security) di sistem operasi atau OS adalah untuk melindungi OS dari berbagai ancaman, termasuk perangkat lunak berbahaya seperti worm, trojan, dan virus lainnya, kesalahan konfigurasi, dan intrusi jarak jauh. Keamanan sistem operasi biasanya melibatkan penerapan teknik kontrol yang dapat melindungi aset Anda dari modifikasi dan penghapusan atau pencurian yang tidak sah.

 

"Terima Kasih"

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong