PERANAN MAHASISWA UNTUK MENJAGA LINGKUNGAN

30 June 2022 23:25:36 Dibaca : 74

Haiii. Assalamualaikum, apa kabarnya kalian para Mahasiswa-Mahasiswi di Kampus Peradaban ini? Semoga Baik Ya.

Kenapa Peran Mahasiswa dalam menjaga Lingkungan sangat diperlukan?

Sebagai seorang mahasiswa kita harus memiliki mindset dan memiliki sikap dan karakter yang memiliki Kepedulian dan sifat pengabdian, karena rasa kepedulian bisa menggerakkan raga dan hati agar terus berbuat baik dan care, serta juga memberikan energi positif disekitar kita, dengan memiliki rasa kepedulian di dalam diri kita pasti menciptakan pribadi yang rendah hati dan tidak angkuh dan memiliki rasa humanisme antar sesama. maka dari itu sebagai seorang mahasiswa kita Mengabdi di masyarakat maupun lingkungan dan kita yang akan menciptakan perubahan yang baik kedepannya. tak perlu ribet, dengan hal sederhana saja seperti memilah dan membuang sampah pada tempatnya, gerakkan kecil ini mungkin dianggap sepele oleh sebagian besar kalangan orang, akan tetapi itu sudah cukup membantu lohh meminimalisir dan mengurangi dampak kerusakan pada lingkungan hidup. Karena zaman sekarang ini banyak kalangan mahasiswa dan masyarakat sudah kurang kesadaran mereka akan menjaga lingkungan, padahal itu adalah tempat tinggal bagi kita, satwa, maupun tumbuhan.

Apa saja Dampak jika kita tidak menjaga lingkungan mulai dari sekarang?!

-Pencemaran dan produksi sampah plasti meningkat. plastik merupakan salah satu sampah yang penguraiannya tidak bisa terurai secara alami, maka dari itu perlu pengolahan secara khusus agar sampah plastik bisa di daur ulang dengat cepat. ohhiyaa...pengolahan daur ulang sampah akan cepat jika sampah plastiknya sudah dipilah sesuai jenisnya. maka dari itu kita memerlukan perubahan mindset/pola pikir kita terhadap membuang sampah plastik. jangan campurkan dengan sampah jenis lain. agar bisa langsung dikelola oleh pihak pengelola dengan mudah. itu sudah menunjukkan sifat peduli kita terhadap orang yang mengelolanya lohh...

-Pencemaran Udara dan pemanasan Global (Global Warming). pasti sebagian besar sudah sering mendengar sebuah istilah ini, Pemanasan Global. salah satu penyebabnya ialah membakar sampah plastik dan campuran. membakar sebuah sampah bukanlah sebuah solusi. kenapa demikian? karena sampah plastik dan campuran jika dibakar akan menghasilkan asap hitam, dan hal itu akan mem buat udara tercemar dan jika terus menerus dilakukan akan membuat lapisan ozon menipis, karena senyawa dan unsur unsur kimiawi yang tercampur di asap yang berasal dari sampah campuran tersebut kita tidak tahu apa komposisinya. maka dari itu STOP membakar limbah/sampah plastik, solusi terbaiknya segera buang sampah sesuai dengan jenisnya.

-Pencemaran Air Laut, ohiyaa, jika kita tinggal di daerah pesisir pantai/bantaran sungai, stop membuang sampah sembarangan, karena hal ini bisa mencemari Air, dan akan kembali lagi kepada kita, kenapa saya bilang hal demikian, karena kita akan mengonsumsi ikan, kerang, dll yang berasal dari laut, jika residu dan sisa sisa bahan kimia yang berasal dari limbah dikonsumsi oleh ikan, lalu ikannya dikonsumsi oleh kita, itu akan menjadi racun dan membahayakan tubuh kita. 

Maka dari itu teman-teman mari kita sama -sama menjaga Ekosistem yang ada disekitar kita, agar tetap terus terjaga. ohh yaaa saya mempunyai kata sederhana yang bisa jadi pengingat bagi kita semua, yaitu DARI KITA, UNTUK KITA, dengan kita menjaga sebuah lingkungan kita akan tuai baiknya pula, dan sebaliknya jika kita tidak menjaga dan terus melanggarnya pasti akan berdampak buruk juga bagi kita. sekian semoga blog ini bisa menghibur para pembaca..

salam dari Arsitektur, untuk semua..

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong