Otot Rangka

26 November 2020 15:28:45 Dibaca : 31

   Otot rangka adalah salah satu dari tiga jenis otot utama, yang lainnya adalah otot jantung dan otot polos . Ini adalah bentuk jaringan otot lurik yang berada di bawah kendali sukarela sistem saraf somatik .Sebagian besar otot rangka melekat pada tulang oleh kumpulan serat kolagen yang disebut tendon .

   Otot rangka mengacu pada beberapa bundel ( fasikula ) sel yang bergabung bersama yang disebut serat otot. Serat dan otot dikelilingi oleh lapisan jaringan ikat yang disebut fasciae . Serat otot, atau sel otot , terbentuk dari fusi perkembangan mioblas dalam proses yang dikenal sebagai miogenesis . Serat otot berbentuk silinder dan memiliki lebih dari satu inti . Mereka juga memiliki banyak mitokondria untuk memenuhi kebutuhan energi.

   Serat otot pada gilirannya terdiri dari miofibril . Miofibril terdiri dari filamen aktin dan miosin , diulang dalam unit yang disebut sarkomer , yang merupakan unit fungsional dasar dari serat otot. Sarkomer bertanggung jawab atas munculnya lurik otot rangka dan membentuk mesin dasar yang diperlukan untuk kontraksi otot.

- Struktur Otot Rangka

1.Epimisium: lapisan paling luar di sekeliling otot

2.Perimisium: mengelilingi dan memisahkan fasikulus 

3.Endomisium: melapisi setiap sel serat otot 

4.Fasikulus: kumpulan atau berkas serat-serat otot

5.Miofibril: garis-garis gelap & terang yang menyusun otot rangka

6.Tendon: tempat melekatnya otot pada tulang

- Mekanisme Kerja Otot

Kontraksi otot dipacu oleh potensial aksi dari sinapsis sel saraf yang menyebabkan pelepasan ion kalsium (Ca²+) oleh retikulum sarkoplasma (retikulum endoplasma yang terspesialisasi) di otot. Pelepasan Ca²+ menyebabkan terjadi ikatan antara kepala miosin dan filamen aktin. Ketika filamen- filamen aktin meluncur menuju tengah sarkomer, otot memendek (kontraksi). Pada saat relaksasi, filamen-filamen tersebut kembali ke bentuk semula.

- Sifat Kerja Otot

1.Abduksi = Menjauhi Badan

2.Adduksi = Mendekati Badan

3.Ekstensi = Meluruskan

4.Fleksi = Menekuk

5.Supinasi = Menengadahkan Tangan

6.Pronasi = Menelungkupkan Tangan

7.Depresi = Menurunkan

8.Elevasi = Mengangkat

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong