ANTROPOMETRI

08 September 2022 19:47:46 Dibaca : 700 Kategori : Tugas Kuliah

 

Pengertian Antropometri

Antropometri adalah ilmu yang secara sistematis mengukur tubuh manusia. Antropometri pertama kali dikembangkan pada abad ke-19 sebagai metode yang digunakan oleh para antropolog fisik untuk mempelajari variasi dan evolusi manusia dalam populasi yang hidup dan punah. Secara khusus, pengukuran antropometrik seperti itu secara historis telah digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan atribut ras, budaya, dan psikologis dengan karakteristik fisik. 

Istilah antropometri berasal dari kata “antro” yang berarti manusia. Dan "meter" yang berarti ukuran. secara definitif antropometri Dapat dinyatakan sebagai studi yang berkaitan Dengan mengukur dimensi tubuh manusia. Antropometri adalah pengukuran dimensi tubuh atau karakteristik tubuh lainnya yang relevan dengan desain tentang sesuatu yang dipakai manusia. (Sanders dan McCormick)  Antropometri sering digunakan untuk pertimbangan Ergonomi dalam proses desain fasilitas elemen penting dari dukungan Meningkatkan pelayanan produksi. 

 

Antropometri dapat dibagi menjadi:

a.  Antropometri statis

Antropometri statis adalah ukuran dan karakteristik tubuh keadaan diam (statis) dalam posisi itu Ditentukan atau standar.

Contoh: tinggi Badan, lebar bahu

b.  Antropometri dinamis

Antropometri dinamis adalah ukuran atau karakteristik tubuh bergerak atau memperhatikan gerakan Kemungkinan pergerakan dalam kasus pekerja melakukan aktivitas.

Misalnya: putaran sudut tangan, sudut putaran pergelangan kaki.

Tujuan Antropometri:

Tujuan dari Antropometri adalah untuk memastikan keselarasan Antara manusia dan sistem kerja (man-machine system), Agar para pekerja dapat bekerja dengan nyaman, Baik dan efisien. Data dimensi manusia ini sangat membantu untuk desain Produk yang ditujukan untuk kesesuaian produk manusia siapa yang memakainya. Dimensi yang diukur dalam antropometri statis diambil secara linier (Lurus, memaksimalkan permukaan tubuh. Agar Jika hasilnya representatif, pengukuran harus dilakukan kepada individu dengan cara metode tertentu. Rancangan desain yang sangat cocok dengan orang-orang atau manusia, Siapa yang memakainya sangat penting untuk mengurangi terjadinya Bahaya karena kesalahan kerja karena kesalahan Cacat desain.

Keterbatasan antropometri dalam ergonomi, sesuatu yang tampak terlihat dan terukur Sifat manusia sebagai prasyarat perancangan dan mendesain alat atau minat melakukan aktivitas. karakteristik tubuh manusia memiliki timbangan dan dapat diukur secara kuantitatif menggunakan instrumen yang sesuai. Terlepas dari keterbatasan pengukuran praktis, sekarang ada banyak skala antropometri berbasis analog digital dengan akurasi pengukuran yang dapat diandalkan.

 

 

 

sumber:

McCormick (1992) dalam Khotiyal (2004) 

 http://staffnew.uny.ac.id/upload/197912032015042001/pendidikan/PERTEMUAN%202.%20ANTROPOMETRI.pdf

https://pengertian.apa-itu.net/apa-yang-dimaksud-dengan-antropometri.html

 

 

 

 

 

 

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong