beberapa hal yang membuat Universitas Negeri Gorontalo patut dijadikan kampus impian.

04 August 2021 11:11:03 Dibaca : 57

1. Universitas Negeri Gorontalo, Kampus Bersejarah.

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo yang berdiri pada 1 September 1963. Selama lebih dari 50 tahun, universitas ini telah mengalami enam kali perubahan nama dan tujuh kali pergantian pimpinan. Mulai dari berstatus sebagai cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado sampai diresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo, oleh Presiden Megawati pada tahun 2004.

2. Universitas Negeri Gorontalo termasuk 10 Universitas Terbaik di Indonesia Timur serta pandangan dunia terhadap Universitas Negeri Gorontalo.

Menurut Indostudent, pada tahun 2016 Universitas Negeri Gorontalo termasuk 10 universitas terbaik di kawasan Indonesia Timur lho.Untuk di tingkat nasional, UNG juga tidak kalah bersaing dan masuk dalam kategori 100 universitas terbaik. Berdasarkan data 4International Colleges and Universities, tahun 2016 UNG menempati ranking 72 dari 411 universitas yang terdaftar resmi di Indonesia.Kampus negeri di Provinsi Gorontalo ini juga menempati ranking 1558 di dunia. Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan, karena universitas lain di wilayah Indonesia Timur seperti Universitas Tadulako, Universitas Hassanudin dan Universitas Sam Ratulangi berada pada peringkat 2000-an di tingkat dunia.

3. Universitas Negeri Gorontalo melahirkan banyak mahasiswa berprestasi dalam berbagai bidang.

dua orang Mahasiswa UNG berhasil meraih peringkat 2 Nasional pada ajang pemilihan Duta Kampus SDGs Nasional 2020. Pada kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh Kementerian PPN/Bappenas secara Nasional tersebut, Mahasiswa perwakilan UNG dikukuhkan menjadi salah satu yang terbaik setelah mengungguli perwakilan Perguruan Tinggi ternama lainnya yang ikut berpartisipasi.Kedua Mahasiswa tersebut yakni Hendrawan Dwikurnia Datukramat Mahasiswa Farmasi, dan Exzalin Putri Fanda Hilala Mahasiswi Manajemen Ekonomi. Pengumuman kejuaraan ini disampaikan Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa pada acara “SDGs Annual Conference Build Forward Together: Bangkit bersama dari COVID-19 untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Kepala Pusat Studi SDGs UNG Dr. Raghel Yunginger, M.SI, selaku pembina Duta SDGs UNG mengatakan, pencapaian yang ditorehkan Mahasiswa UNG merupakan hal yang luar biasa. Ini karena pada ajang tersebut, perwakilan UNG menjadi salah satu yang terbaik mengungguli Perguruan Tinggi ternama lainnya.

Oleh : Erhawati DJ. Djaafar

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong