Tugas Mata Kuliah Pengendalian dan Penjaminan Mutu

07 February 2024 20:59:00 Dibaca : 89

Nama : Ulan Uliasari

Nim    : 561422024

Kelas : B

Prodi  : S1 teknik industri

 

Perkembangan Manajemen Yang Berpengaruh Pada Organisasi 

A. Pengertian perkembangan manajemen yang berpengaruh pada organisasi 

    Perkembangan manajemen yang berpengaruh pada organisasi merujuk pada evolusi teori, konsep, dan praktik manajemen yang telah memengaruhi cara organisasi dijalankan dan dikelola. ini mencakup perubahan dalam pendekatan, metode, dan filosofi yang digunakan oleh manajer untuk merencanakan, mengorganisasikan, menggerakan, dan mengendalikan kegiatan organisasi.

    Perkembangan-perkembangan ini sering kali berkembang seiring dengan perubahan dalam lingkungan bisnis dan teknologi, serta pemahaman yang semakin baik tentang perilaku manusia dan sistem organisasi. Dengan kata lain, perkembangan manajemen ini mencerminkan respons organisasi terhadap tantangan dan peluang yang ada di sekitarnya.

    Secara keseluruhan, perkembangan manajemen yang berpengaruh pada organisasi merupakan refleksi dari upaya untuk meningkatkan kinerja, adaptabilitas, dan berkelanjutan organisasi dalam menghadapi tantangan yang terus berubah dalam lingkungan bisnis yang dinamis

   Berikut adalah lima perkembangan manajemen yang berpengaruh beserta pencetus, tokoh-tokoh yang terlibat, dan karya-karya yang dihasilkan:

1. Perkembangan Manajemen Ilmiah

  • Penjelasan : Pada awal abad ke-20, Frederick W. Taylor memperkenalkan prinsip-prinsip manajemen ilmiah. Taylor menekankan pada penerapan metode ilimiah untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam produksi. Taylor melakukan penelitian terperinci tentang waktu dan gerakan, yang membentuk dasar untuk meningkatkan proses produksi dengan mengidentifikasi tugas-tugas yang tidak efisien dan menetapkan standar yang lebih baik. Pendekatan ini membawa perubahan signifikan dalam cara organisasi memandang manajemen dan mengelola sumber daya manusia.
  • Pencetus : Frederick W. Taylor, sering disebut sebagai  "Bapak Manajemen Ilmiah".
  • Tokoh-tokoh : Henry Gantt, Frank dan Lillian Gilbreth.
  • Karya-karya : Taylor menulis "Prinsip Administrasi Ilmiah" dan melakukan penelitian enting tentang "Time and Motion Studies". Gantt mengembangkan diagram Gantt untuk perencanaan proyek. sedangkan Gilbreths melakukan penelitian tentang gerakan manusia ergonomi.

2. Perkembangan Manajemen Administrasi

  • Penjelasan : Henri Fayol mengembangkan teori manajemen administratif yang menekankan pada fungsi-fungsi manajemen dasar yang dapat diterapkan secara universal dalam organisasi. Fayol mengidentifikasi lima fungsi manajemen utama: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, koordinasi, dan pengendalian. Konsep ini menyediakan kerangka kerja untuk mengelola organisasi dengan lebih efektif dan efisien. Sementara itu, konsep birokrasi yang diperkenalkan oleh Max Weber memberikan landasan bagi struktur organisasi yang lebih formal dan terorganisir.
  • Pencetus : Henri Fayol, dikenal sebagai "Bapak Manajemen Administratif".
  • Tokoh-tokoh : Mary Parker Follett, Max Weber.
  • Karya-karya : Fayol menghasilkan buku "Administration Industrielle et Générale" yang membahas fungsi-fungsi manajemen. Follett menulis buku "The Principles of Scientific Management" yang memberikan pandangan baru tentang manajemen berdasarkan hubungan manusiawi. Sementara Weber memperkenalkan konsep birokrasi dalam manajemen.

3. Perkembangan Manajemen Kuantitatif:

  • Penjelasan : Perkembangan ini menandai penekanan pada pendekatan kuantitatif dalam manajemen, di mana teknik-teknik matematika dan statistik digunakan untuk mengambil keputusan manajerial. Frederick W. Taylor dan Elton Mayo berkontribusi dengan penekanannya masing-masing pada manajemen ilmiah dan hubungan manusiawi di tempat kerja. Douglas McGregor kemudian memperkenalkan konsep Teori X dan Teori Y tentang motivasi karyawan, yang menggarisbawahi pentingnya persepsi manajemen terhadap karyawan dalam mencapai produktivitas yang tinggi.
  • Pencetus : Frederick W. Taylor, Elton Mayo.
  • Tokoh-tokoh : Douglas McGregor, George Elton Mayo.
  • Karya-karya : Taylor menyumbangkan ide-ide tentang manajemen ilmiah dan studi gerakan. Mayo melakukan penelitian Hawthorne yang mengubah pemikiran tentang motivasi dan kepuasan kerja. McGregor menulis buku "The Human Side of Enterprise" yang memperkenalkan Teori X dan Teori Y tentang motivasi karyawan.

4. Perkembangan Manajemen Sistem:

  • Penjelasan : Pada era ini, manajemen dipandang sebagai sistem terintegrasi yang kompleks. Konsep sistem membantu memahami hubungan antara berbagai bagian dalam organisasi serta interaksinya dengan lingkungan eksternal. Ludwig von Bertalanffy memperkenalkan teori umum tentang sistem, sedangkan W. Edwards Deming mengemukakan prinsip-prinsip kualitas yang mendasar, termasuk siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act). Peter Drucker, dengan karyanya, memperkenalkan konsep manajemen berorientasi pelanggan dan inovasi.
  • Pencetus : Ludwig von Bertalanffy, W. Edwards Deming.
  • Tokoh-tokoh : Peter Drucker, Russell Ackoff.
  • Karya-karya : Von Bertalanffy mempublikasikan "General System Theory" yang merupakan dasar dari pendekatan sistem dalam manajemen. Deming memberikan kontribusi besar terhadap kualitas dengan prinsip-prinsipnya yang terkenal, termasuk siklus PDCA. Drucker menulis "The Practice of Management" yang menekankan pentingnya fokus pada pelanggan dan inovasi. Sementara Ackoff memperkenalkan konsep manajemen berorientasi sistem.

5. Perkembangan Manajemen Kontemporer:

  • Penjelasan : Era ini menandai adaptasi organisasi terhadap perubahan pesat dalam teknologi, globalisasi, dan pasar yang semakin kompleks. Konsep strategi kompetitif dan inovasi, diperkenalkan oleh Michael Porter dan Gary Hamel, menjadi kunci dalam mempertahankan keunggulan kompetitif. Tom Peters menyoroti pentingnya manajemen berbasis nilai dan kepemimpinan yang transformasional dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ada. Ini mewakili fokus pada adaptasi organisasi dan responsibilitas terhadap lingkungan yang terus berubah.
  • Pencetus: Peter Drucker, Tom Peters.
  • Tokoh-tokoh: Michael Porter, Gary Hamel.
  • Karya-karya: Drucker merupakan tokoh kunci dalam manajemen kontemporer dengan buku-bukunya seperti "Innovation and Entrepreneurship". Peters menulis "In Search of Excellence" yang menyoroti praktik-praktik terbaik dalam manajemen. Porter memperkenalkan konsep strategi kompetitif dalam bukunya "Competitive Strategy". Hamel mempromosikan konsep inovasi dan fleksibilitas organisasi.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong