pertanian

13 March 2013 22:04:58 Dibaca : 69

Pertanian Sebagai Penyedia Oksigen
Kebutuhan pertama yang paling mendasar bagi manusia adalah oksigen (O2). Sebegitu pentingnya oksigen bagi kehidupan manusia, adalah seseorang dapat bertahan hidup berminggu-minggu tanpa makanan atau beberapa hari tanpa air, tetapi tanpa oksigen, otak manusia hanya mampu bertahan antara 5-7 menit saja. Walaupun oksigen sangat vital bagi kehidupan manusia, namun karena ketersediaannya di alam secara gratis, maka manusia jarang mengapresiasinya. Kecuali ketika ia susah bernapas atau berada di tempat yang tertutup atau beroksigen tipis (misalnya di puncak gunung yang tinggi) dan di ICU rumah sakit.
Oksigen, walaupun secara teknis dapat diproduksi oleh manusia, dan dimasukkan ke dalam tabung, namun kemasannya sangatlah tidak praktis. Yang paling praktis tentunya adalah yang tersedia bebas di udara. Oksigen bebas tersebut dihasilkan oleh tumbuhan sebagai produk dari kegiatan fotosintesis, melalui reaksi kimia sebagai berikut :
6CO2 + 6H2O C6H12O6 + 6O2
Betapa agungnya Sang Pencipta yang telah mengatur adanya proses fotosintesis dengan menciptakan tumbuhan sebagai mesinnya, dan betapa baiknya tumbuhan yang telah menghasilkan oksigen secara gratis, karena bayangkan jika harus membeli, berapa mahalnya harga oksigen per tabungnya.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll