jangan sombong

22 February 2013 15:26:57 Dibaca : 472 Kategori : pengalaman hidup

pembac yang budiman.... kali ini saya akan membahas tentang kesombongan manusia yang tidak sepantasnya kita teladani.

kelebihan yang kita miliki kadang membuat kita menjadi besar dada. sesungguhnya hanya tuhan yang pantras berbesar dada di seantero jagad ini.

sifat manusia yang tidak pernah memikirkan apa yang telah dia perbuat akan melukai hati orang lain atau tidak membuat satu kesimpulan bahwa jika manusia itu berada di atas maka ia akan menginjak orang lain.

kelebihan yang ia miliki adalah anugrah dan merupakan cobaan baginya apakah ia mampu menerima anugrah tersebut, akan tetapi berbanding terbaliki setelah apa yang ia miliki melebihi orang lain maka ia tidakmemikirkan lagi orang yang berada di sekitarnya. seakan-akan dia bertindak benar dalam segala hal.

seperti kejadian baru-baru ini ada seorang mahasiswa yang memiliki kecerdasan di banding teman-teman yang lainnya malah dalam satu ujian dia menuliskan kata-kata yang menjadi kalimat yang tidak sepantasnya di dengar oleh dosen tersebut. akibat dari sifat pandang enteng tersebut nilainya anjlok dan berimbas juga kepada teman-teman yang lain kemarahan atau kekecewaan seorang dosen tersebut. ini yang perlu menjadi perhatian kita sebagai orang yang berakal sehat.

sekali lagi sebelum anda melakukan sesuatu pikirkanlah sebaikbaik mungkin.. memank di pahami bahwa manusia adalah letaknya salah dan hilaf tapi sudah bisa kita tela'a dengan pikiran kita masing-masing apalagi kita sebagai mahasiswa. jadi jangan mencari masalah jika anda tak mau di permasalahkan.

manfaatkanlah kelebihan yang kita miliki untuk bisa berpikir lebih baik lagi. maaf jika ada kata saya yang menyinggung perasaan anda..