Kimia : asam-basa

11 February 2013 13:51:10 Dibaca : 93

Pengertian Asam-Basa

Senyawa asam-basa sudah dikenal sejak zaman dahulu sebelum ilmu kimia lahir. Senyawa asam-basa merupakan salah satu kelompok elektrolit yang berperan dalam reaksi kimia.

Suatu asam dapat berupa zat padat, cairan atau gas. Pada tahun 1777, Antoine Laurent Lavoiser menerangkan bahwa semua asam mengandungoksigen. Kemudian pada tahun 1810, Sir Humph Davy mengemukakan bahwa unsur hydrogendan oksigen yang dimiliki asam.

Pada tahun 1884, S.A Arrehenius mengemukakan teori ion dan meberikan defenisi asam basasebagai berikut : Asam : zat yang jika dilarutka ke dalam air akan menghasilkan ion hidorogen (H+) Basa: zat yang jika dilarutkan kedalam air akan menghasilkan ion hidroksida (OH-) Teori ini disempurnakan oleh Bronsted-Lowry karena menganggap teori Arrhenius hanyaberlaku pada air, maka Broensted-Lowry memberikan definisi:Asam: suatu zat yang memberikan proton ion hydrogen (H+) pada zat lain.Basa; suatu zat yang menerima proton dari asam.

Teori ini juga kurang sempurna karena hanya berbicara soal pertukaran proton. G.N Lewismelanjutkan konsep asam-basa.Asam: suatu zat yang dapat menerima sepasang electron untuk membentuk ikatan kovalenBasa: suatu zat yang dapat memberikan sepasang electron pada pembentukan sebuah ikatankovalen.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong