BIOAKTIVITAS BUAH KETIMUN DALAM BIDANG KESEHATAN

08 February 2013 13:56:44 Dibaca : 36

        Buah ketimun merupakan buah yang sangat familiar di mana-mana. Buah yang satu ini memiliki warna yang menarik dan bentuk yang unik, yaitu dengan kulit buah yang hijau dan bentuk bulat panjang seperti torpedo, Sebagian besar orang menyukai buah ini karena efek dingin dan rasa sedikit manis yang ditimbulkannya. Buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus memiliki manfaat yang sangat banyak khususnya dalam bidang kesehatan. Hal ini merupakan info positif bagi masyarakat luas karena dalam pemanfaatannya buah ini mudah di temukan.

Buah ketimun mengandung banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat baik bagi tubuh kita. Seperti, serat, asam linoleat,Racun alkaloid jenis hipoxanti,serta kalium, yang masing-masing memiliki manfaat.

  • Serat bermanfaat dalam hal ini melancarkan buang air besar,menurunkan kolestrol, serta dapat menetralkan racun.
  • Asam linoleat bermanfaat sebagai anti tumor dan anti kanker, hal ini bisa di lihat pada sebagian hidangan yang menyertakan buah ini dalam daging yang di bakar, di sebabkan karena asam linoleat ini dapat menetralkan senyawa karbon yang terdapat dalam sisa pembakaran.
  • Racun alkaloid jenis hipoxanti dapat memusnahkan cacing dalam tubuh kita, jadi bagi penderita cacingan sering-seringlah untuk mengkonsumsi buah ketimun.
  • kalium dapat meringankan penyakit hipertensi, terutama pada kelebihan mengkonsumsi garam dapur, petsi, dan soda kue. selain itu ketimun juga dapat memperlancar buang air kecil,mengobati demam, serta dapat meringankan radang tenggorokan

Kategori

  • Masih Kosong