SEJARAH SABUK TINJU

10 March 2013 03:39:57 Dibaca : 1485 Kategori : -My SPORT

 

1. Sabuk Juara untuk John L. Sullivan



Pertama kali sabuk juara disematkan pada pinggang juara kelas berat John L. Sullivan (saat itu masih tinju tangan kosong) pada tahun 1887. untuk menghormati pahlawan dari kota mereka, penduduk kota Boston menggalang dana $10,000 untuk membuat penghargaan ini bagi Sullivan. Sabuk berlapis emas itu dihiasi dengan 350 batu permata (kini batu permatanya sudah hilang), dihiasi foto Sullivan dan bendera Irlandia, Inggris dan Amerika Serikat, serta bertuliskan "Presented to the champion of champions by the people of the United States." Sejak tahun 1983, sabuk bersejarah itu disimpan oleh Museum Smithsonian sebagai bagian dari koleksi sejarah olahraga mereka.





2. The Lonsdale Belt

 

Presiden National Sporting Club of Britain, Lord Lonsdale, mengadakan suatu turnamen tinju pada tahun 1909 di Inggris. Para petinju yang berhasil mempertahankan gelar juara pada turnamen tersebut sebanyak tiga kali berturut-turut, berhak mendapatkan sabuk ini.





3. Sabuk the Ring Magazine

 

Majalah the Ring didirikan pada tahun 1922, dan mereka disebut sebagai "the Bible of Boxing" karena ulasan-ulasan mereka yang sangat dihormati oleh para pelaku tinju pada masa itu (sampai sekarang). Sabuk the Ring Magazine pertama kali diberikan kepada juara kelas berat Jack Dempsey, dan sabuk kedua diberikan kepada juara dunia kelas terbang (juara dunia pertama dari bumi Asia/Filipina), Pancho Villa. Sejak itu the Ring senantiasa menganugerahi sabuk The Ring Magazine kepada para petinju yang paling hebat. Namun kebiasaan itu terhenti sejak tahun 1990an. Mulai tahun 2002, the Ring Magazine mulai menganugerahkan sabuk the Ring Magazine kepada para petinju terbaik di setiap kelas dengan kriteria yang mereka buat secara ketat.


4. Sabuk Kulit Singa
Ternyata, Sullivan bukan petinju pertama yang menerima penghargaan berupa sabuk. Sebelumnya, di Inggris, sabuk yang terbuat dari kulit singa dianugerahkan kepada Thomas Cribb, juara nasional Inggris. Sabuk tersebut diberikan kepada Cribb pada saat mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia tinju pada tahun 1822. Sabuk tersebut kemudian dibeli oleh Tom Sayers, juara kelas menengah Inggris. 20 Mei 1860, Sayers mengundurkan diri, dan dianugerahi Sabuk "Silver Championship"