PENGEMBANGAN PRESTASI DI UNG
Pengantar
Dalam proses belajar, mahasiswa pasti mengalami berbagai masalah dalam mencapai prestasi belajarnya. Ada yang sering mendapatkan prestasi yang memuaskan ada pula yang sebaliknya. Banyak faktor yang mempengaruhi belajanya, sehingga menentukan prestasinya. Baik faktor internal dari diri itu sendiri maupun faktor eksternal dari luar seperti lingkungan dan lain sebagainya. Bahkan ada pula pendidik yang tidak mengetahui bagaimana supaya mahasiswa mendapatkan prestasi yang memuaskan. Semua ini menjadi tantangan seseorang dalam proses belajar mengajar. Guna menghadapi mahasiswa yang sulit meraih prestasi yang baik kami akan mengulas mengenai prestasi belajar anak didik serta faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat seorang mahasiswa dalam berprestasi.
Pembahasan
Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruantinggi negeri di Gorontalo, yang berdiri pada 1 September 1963. Awal mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Dari awal kepemimpinannya semua selalu mengarahkan mahsiswa dalam prestasi.
Prestasi berasal yaitu hasil dari sebuah usaha, prestasi diperolehdari usaha yang telah dikerjakan dari pengertian prestasitersebut, maka pengertian prestasi diri adalah hasil atas usahayang dilakukan seseorang terutama di lingkungan kampus.Setiap periode tertentu mahasiswa akan mengetahui bagaimanalaporan hasil prestasi belajarnya. Hasil prestasi belajar ini dapatdimanfaatkan untuk memantau bagaimana taraf kemajuan ataukemunduran, yang dialami setiap mahasiswa selama merekamengikuti perkuliahan. Mahasiswa harus mempunya prestasi akademik maupun non akademik sehingga bisa meningkatkan kualitas mereka dalam perkuliahan di kampus.
Hal utama yang untuk meraih predikat mahasiswa berprestasitentunya adalah nilai yang baik dan melebihi rata-rata. Untukitu, seorang mahasiswa harus tahu cara belajar dengan cerdas, bukan hanya belajar dengan keras satu malam sebelum ujianatau mengerjakan tugas. Duduk di barisan depan juga akanmembuat seorang mahasiswa lebih fokus mendengarkan dosen, juga lebih berpotensi dikenal dosen karena terlihat ambisiusdalam belajar.
Dalam proses pembelajaran di kelas perkuliahan tentunya jauhberbeda dengan proses belajar di bangku sekolah. Di bangkukuliah, akan merasakan bahwa dosen mengajarkan materi 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan guru sekolah. Maka dari itu harus proaktif mempersiapkan materi sebelum masuk kelas. Dosen biasanya akan memberikan rencana materi kuliah di awalsemester, sehingga Anda juga bisa memperkirakan harusmempelajari apa sebelum masuk kelas.
Jangan lupa pula untuk melakukan review setelah kelasberakhir, sehingga Anda tidak hanya menghafal materi kuliah, namun juga bisa memahaminya. Rata-rata mahasiswaberprestasi juga memiliki kemampuan memahami yang lebihtinggi dibanding mahasiswa rata-rata lainnya.
Kesimpulan
Mahasiswa di UNG, harus mengembangkan proses belajarnya selama perkuliahan agar bisa meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik. Sehingga bisa meningkatkan kampus yang unggul dan berdaya saing terutama dalam prestasi mahasiswa. Belajar dengan cerdas, bukan belajar keras ketika hsri terakhir pemgumpulan tugas maupun besoknya ujian. Dan juga mahasiswa harus meningkatkan skill belajaranya karena itu akan terpengaruh dalam prestasi.