siti

15 May 2015 17:09:27 Dibaca : 126

gggdhdhfjgg

Tugas I

07 March 2014 20:49:49 Dibaca : 148

1. Jelaskan format cell pada exel ?

Jawaban :

Format Cells adalah adalah kotak dialog yang menangani masalah pengaturan terhadap properti dalam suatu cell.

Number
Pada tab number kita bisa mengatur format pada cellAligment

Sample, menunjukkan isi cell yang anda pilih untuk diformatDecimal places, menentukan banyaknya angka di belakang koma yang maksimal sampai 30 angka di belakang koma.Kotak ini hanya untuk kategori Number, Currency, Accounting, Percentage, dan Scientific.Use 1000 Seperator, untuk mengisi pemisah ribuan pada angka. Kotak ini hanya berlaku untuk kategori Number.Negative numbers, menentukan bentuk penulisan bilangan-bilangan negatif. Kotak ini hanya berlaku pada kategori Number dan Currency.Symbol, memilih simbol mata uang. Kotak ini hanya berlaku pada kategori Currency dan Accounting.Type, memilih tampilan yang anda ingin gunakan pada angka. Kotak ini hanya berlaku pada kategori Date, Fraction, Special, dan Custom.Locale (location), memilih bahasa yang digunakan dalam menampilkan angka. Pilihan ini hanya berlaku pada kategori Date, Time, dan Special.

Text aligment

Horisontal, pilih pilihan dalam kotak daftar Horizontal untuk mengubah perataan isi sel secara horizontal. Secara default, Microsoft Office Excel perataan untuk teks ke kiri, nomor ke kanan, dan nilai-nilai logis dan kesalahan tengah. Perataan default secara horisontal adalah General.Vertical, pilih pilihan pada kotak Vertical untuk mengubah perataan isi cell secara vertical. Secara default perataan vertical adalah Bottom.

Indent, jarak isi cell terhadap dinding cell. Satu indent sebanding dengan lebar satu buah karakter. Misalnya anda memilih perataan lef dan indent 2, maka jarak antara isi cell dengan dinding cell kiri adalah 2 karakter.Orientation, pilih opsi di bawah Orientation untuk mengubah orientasi teks dalam sel yang dipilih. Rotasi pilihan mungkin tidak tersedia untuk beberapa pilihan perataan.Degrees, mengatur jumlah rotasi teks dalam sel yang dipilih. Gunakan angka positif dalam kotak Degree untuk memutar teks yang dipilih dari kiri bawah ke kanan atas dalam sel. Gunakan derajat negatif untuk memutar teks dari kiri atas ke kanan bawah pada sel yang dipilih.TextControl Wrap text, pepatkan teks ke dalam beberapa baris teks pada sel. Jumlah baris dipepatkan tergantung pada lebar kolom dan panjang isi sel.
Shrink to fit, kecilkan tampilan huruf sehingga semua data dalam sel yang dipilih sesuai dalam kolom. Ukuran karakter disesuaikan secara otomatis jika Anda mengubah lebar kolom. Ukuran font yang digunakan tidak berubah Merge cells, menggbungkan dua atau lebih sel yang dipilih ke dalam sel tunggal.Right-to-leftText direction, pilih opsi di kotak Text untuk menentukan urutan membaca dan perataan. Pengaturan default adalah Context, tetapi Anda dapat mengubahnya keLeft-to-Right atau Right-to-Left.FontFont, memilih jenis huruf untuk teks pada cell yang dipilihFont style, memilih tipe huruf untuk teks pada cell yang dipilihSize, memilih ukuran huruf untuk teks pada cell yang dipilih. Rentangannya antara 1 sampai 1638.Underline, memilih tipe garis bawah untuk teks pada cell yang dipilih.
Color, memilih warna untuk cell yang dipilih atau text.Normal font, centang pada Normal font untuk mengembaikan atau reset jenis tulisan, ukuran dan effect ke dalam bentuk normal.Efect, memungkinkan kita untuk memberikan efek pada tulisan

ProtectionLocked, mengunci cell sehingga tidak bisa diubah, diubah ukurannya, atau di hapus. Hidden, menyembunyikan formula atau rumus yang ada pada cell.

Strikethrough untuk mengisi garis pada tengah-tengah tulisan.Superscript misalnya O2Subscript misalnya 32Preview, menampilkan contoh hasil teks yang diformat.Border Style, memilih jenis garis untuk border Preset, pilih opsi border yang telah ditetapkan untuk menerapkan border atau menghapus border dari sel yang dipilih Color, untuk memilih warna dari border Border, mengisikan garis satu persatu pada sel yang dipilih sebagai border. Fill Background Color, memilih warna latar belakang cell yng dipilih.Fill Effects, untuk memberikan gradien, tekstur atau gambar sebagai warna latar cellMore Colors, untuk menambahkan warna yang tidak anda temukan pada color palettePattern Color, untuk memberi warna pada pola.Pattern Style, meilih pola yang anda inginkan untuk dijadikan latar belakang cellSample, melihat tampilan dari format yang anda buat

2. Fungsi logika pada exel, fungsi teks, fungsi look up dan fungsi statistic ?

Jawab :

a. Fungsi Logika

Fungsi Logika dalam Microsoft Excel digunakan untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan syarat tertentu dan oleh Microsoft Excel akan dikatakan TRUE (Nilai 1) jika syaratnya terpenuhi atau FALSE (Nilai 0) jika syaratnya tidak terpenuhi.

Syarat yang digunakan untuk menguji suatu kondisi bisa hanya satu syarat, salah satu syarat diantara beberapa syarat (Fungsi OR), dua syarat atau lebih wajib terpenuhi (Fungsi AND), atau bukan dengan syarat tertentu (Fungsi NOT).

Fungsi Logika yang di gunakan adalah Fungsi IF, dengan bentuk umum sebagai berikut :

=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)

b. Fungsi teks

Salah satu kategori fungsi pada Microsoft Excel adalah fungsi TEXT, yang berisi fungsi-fungsi yang dapat digunakan untuk mengolah data berupa teks/STRING/label/kata/kalimat bahkan dapat digunakan untuk mengolah data numerik tetapi tentunya akan menghasilkan data text/label.

c. Fungsi look up

Cara Menggunakan Fungsi Lookup & Referensi

Fungsi Lookup & Reference digunakan untuk mengambil atau membaca informasi dari tabel lain untuk dijadikan referensi ke dalam tabel yang sedang dianalisis. Fungsi Excel yang terdapat pada kategori Lookup & Reference ini salah satunya adalah Hlookup dan Vlookup.

Kedua fungsi tersebut pada dasarnya adalah sama, namun digunakan pada orientasi yang berbeda saja. Hlookup digunakan untuk mengambil atau membaca informasi dari tabel lain yang disusun secara horizontal. Sedangkan Vlookup digunakan untuk mengambil atau membaca informasi dari tabel lain yang disusun secara vertikal.

d. Fungsi statistic

Fungsi Statistik Sum, Average, Min, Max, Count pada Microsoft Excel - dalam Microsoft Excel Fungsi (function) adalah sekumpulan formula untuk melakukan operasi perhitungan tertentu dengan menggunakan nilai yang disebut argument. Statistik adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, pengelompokan, penyajian, serta analisa data dan cara pengambilan kesimpulan secara umum. sedangkan Fungsi Statistik pada Microsoft Excel adalah fungsi sederhana yang menentukan nilai dari suatu sel yang akan dihitung yang sudah disediakan oleh Mikrosoft Excel.

 

Blogroll

  • Masih Kosong