TUGAS. APLIKASI KOMPUTER ADM PERKANTORAN

07 March 2014 10:55:57 Dibaca : 1488

TUGAS 1. APLIKASI KOMPUTER ADM PERKANTORAN

1. Pengertian Format cell pada excel

Format Cells adalah kotak dialog yang menangani masalah pengaturan terhadap properti dalam suatu cell. Untuk memunculkan dialog Format Cells klik kanan pada cell atau range yang ingin diformat.

Untuk mengatur tampilan dan format dari cell dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai beriku :

Klik tab HomePilih kategori CellsKlik tombol FormatPilih Format Cells (atau dapat juga dengan menekan tombol Ctrl+1). Sehingga akan ditampilkan kotak dialog format cell.

Dalam kotak dialog format cell, terdapat 6 buah tab pilihan format, yaitu :
1. Numbering Digunakan untuk mengatur format angka dari cell. Terdapat 12 pilihan kategori jenis angka antara lain :

2. Alignment
Digunakan untuk mengatur perataan dari cell.
Terdapat 4 buah pengaturan :
1) Text alignment
Digunakan untuk mengatur perataan teks,terdapat 2 buah opsi pengatura yaitu:
Horizontal :Perataan secara horizontal
Vertical :Perataan secara vertical

2) Text control
Wrap text : Membuat teks

mengikuti ukuran lebar cell
Shrink to fit : Membuat teks mengecil mengikuti lebar cell
Merge cells : Menggabungkan cell

3) Right-to-left
Text Direction : Mengatur arah penulisan teks

4) Orientation
Mengatur derajat kemiringan dari teks.

3. Font Digunakan untuk mengatur karakter huruf dari cell

Terdapat 6 buah pengaturan :
1) Font
Digunakan untuk memilih jenis huruf yang diinginkan.

2) Font Style
Digunakan untuk memilih gaya penulisan (tergantung font),terdiri dari:

RegularItalic (cetak miring) (Ctrl+I)Bold (cetak tebal) (Ctrl+B)Bold Italic (cetak tebal dan miring)

3) Size
Digunakan untuk mengatur ukuran huruf.

4) Underline
Digunakan untuk mengatur garis bawah huruf.

5) Color
Digunakan untuk mengatur warna huruf dan garis bawah.

6) Effects
Digunakan untuk memberi efek huruf, terdiri dari:

Strikethrough : efek coretanSuperscript : huruf berukuran kecil diatas karakter umum (seperti pangkat)Subscript : huruf berukuran kecil dibawah karakter umum.

4. Border
Digunakan untuk mengatur bingkai/garis luar dari cell

Terdapat 4 buah pengaturan :
Line
Digunakan untuk mengatur jenis garis

Color
Digunakan untuk mengatur warna garis

Presets
None : tanpa bingkai
Outline : memberi garis luar cell/range.
Inside : memberi garis dalam cell/range

Border
Digunakan untuk memberi garis sesuai arah yang diinginkan.

5. Fill
Digunakan untuk memberi warna cell.

Terdapat 3 buah pengaturan :
Backgroud Color
Digunakan untuk memilih warna latar belakang cell. Tombol pilihan Fill Effect digunakan untuk memberi warna dengan efek tertentu.

Pattern Color
Digunakan untuk memilih warna arsiran dari cell

Pattern Style
Digunakan untuk memilih jenis arsiran untuk cell

6. Protection
Digunakan untuk melindugi isi cell dengan mengunci dan/atau menyembunyikan rumus didalam cell

2. Fungsi Logika pada excel

Fungsi Logika Microsoft Excel 2007- Dalam melakukan perhitungan, seringkali ditemukan adanya beberapa pilihan yang harus ditentukan. Sebagai contoh, dari nilai mahasiswa akan ditentukan apakah mahasiswa tersebut lulus atau tidak, dan jika lulus apakah predikat dari nilainya tersebut. Dalam menangani hal ini telah disediakan fungsi untuk percabangan, yaitu dengan mengunakan fungsi IF. Fungsi ini digunakan untuk menguji suatu kondisi atau logika, yang akan menentukan nilai kembali ke-1 jika kondisi tersebut bernilai benar dan menentukan nilai kembali ke-2 jika kondisi tersebut salah.

Fungsi logika adalah fungsi untuk menghasilkan suatu nilai dari hasil suatu perbandingan dengan nilai Benar (True) atau Salah (False). Fungsi Logika biasa menggunakan operator pembanding (=,<,<=,>,>=,<>) dan operator logika (AND, OR, NOT). Fungsi Logika biasa di gunakan dengan menggunakan fungsi If. Jika hasil pengujian Fungsi Logika menggunakan Fungsi IF bernilai benar maka akan dihasilkan nilai yang benar, sebaliknya jika pengujian salah maka nilai yang di hasilkan Salah.

Fungsi logika (logical) juga digunakan untuk menyatakan suatu pernyataan logika bernilai benar atau salah. Dalam fungsi logika diperlukan operator pembanding, hasil pembanding fungsi logika berupa nilai logika True (benar) dan False (salah). Fungsi logika ada 7 bagian, diantaranya AND, FALSE, IF, IFERROR, NOT, OR, dan TRUE.

3. Fungsi Teks pada excel

Data berupa teks dapat dinyatakan sebagai sebuah argument. Salah satu fungsi teks yang sering digunakan adalah fungsi pemotongan teks untuk mendapatkan atau menggunakan informasi dari sebagian atau seluruh teks yang ada.

4. Fungsi Lookup pada excel

Fungsi lookup mengembalikan sebuah nilai baik dari rentang satu baris maupun satu kolom atau dari array Fungsi lookup memiliki dua bentuk sintaks: bentuk vektor dan bentuk array.

5. Fungsi Statistik pada excel

Fungsi Statistik di dalam Microsoft Excel

1.SUM, berfungsi untuk melakukan penjumlahan

Rumus :=SUM(Range), Contoh :SUM (A1:A20)

2. SUMIF,brfungsi untuk mencari Total jumlah berdasarkan criteria

Rumus :=SUMIF(Range,Criteria,Sum_Range),

3.AVERAGE, Berfungsi untuk mencari nilai Rata-Rata

Rumus :=AVERAGE(Range), Contoh :SUM (A1:A20)

4.MIN, Untuk Mencari Nilai terkecil

Rumus :=MIN(Range), Contoh :MIN (A1:A20)

5. MAX, Untuk Mencari Nilai terkecil

Rumus :=MAX(Range), Contoh :MAX (A1:A20)

6.COUNT, Untuk menghitung jumlah data yang berbentuk numeric

Rumus := COUNT(Range),

Contoh : COUNT(A1:A20)

7.COUNTA, Untuk menghitung jumlah data yang berbentuk numerik / Karakter Rumus := COUNTA(Range),

Contoh : COUNTA(A1:A20)

8.COUNTIF, Untuk menghitung jumlah data yang berbentuk numerik / Karakter berdasarkan numerik / Karakter yang dicariRumus := COUNTIF(Range,”Kriteria”),

Contoh : COUNTIF(A1:A20,”Komputer”)

9. COUNTBLANK, Untuk Mencari jumlah data yang Kosong

Rumus := COUNTBLANK(Range),

Contoh : COUNTBLANK (A1:A20)

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong