Olahraga Malam

07 February 2013 21:09:12 Dibaca : 45

Karena tuntutan pekerjaan di kota-kota besar dengan banyak kesibukan, banyak orang-orang lebih memilih untuk berolah raga pada malam hari dari pada di pagi hari, dengan keadaan seperti ini timbul pertanyaan apakah olah raga pada malam hari baik untuk kesehatan kita atau malah sebaliknya??? Yuk kita lihat sama-sama jawabannya sobat…

Sudah ada penelitian yang menyebutkan olahraga malam ternyata tidak akan mengganggu pola tidur Anda di malam hari. Tidak memiliki waktu luang berolahraga di pagi hari tentu sekarang dapat mengolah tubuh di malam hari.

Penelitian yang dilakukan Universitas South Carolina Columbia, membuktikan olahraga di malam hari sama sekali tidak mengganggu pola tidur. Olahraga di malam hari memang membuat suhu tubuh meningkat, namun tidak mempengaruhi kebiasaan tidur Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat yang didapat dari olahraga pada malam hari:

Manfaat olahraga malam

Otot lebih hangat dan fleksibel karena sudah melakukan aktivitas fisik sebelumnya.Melepas stres sehabis bekerja atau sekolah.Pukul 4-5 sore, fungsi paru-paru sedang dalam kondisi paling baik sehingga cocok untuk berolahragaDapat mengurangi napsu makan di malam hari.

Kerugian olahraga malam

Lebih banyak mengalami gangguan, khususnya pikiran dan pekerjaan.Perlu waktu untuk mengosongkan perut sebelum berolahraga.Jika mengalami gangguan tidur maka Anda harus menjadwal ulang olahraga. Sebisa mungkin jangan mendekati jam tidur Anda.Jika berolahraga di luar ruangan, maka rentan kecelakaan karena cahaya yang temaram dan suhu lebih dingin. Oleh karena itu usahakan berolahraga di dalam ruangan jika ingin berolahraga di malam hari.

Sumber : http://melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1745_Manfaat-Olahraga-Pagi-dan-Malam

Pada umumnya olahraga baik untuk kesehatan, sehingga manfaat olahraga malam bisa Anda rasakan baiknya. Di mana dan kapan waktu yang baik untuk berolahraga tidak lagi menjadi masalah, yang terpenting ialah komitmen dalam melakukannya.

"Jam tubuh yang akan terganggu bila melakukan olahraga di luar jam tubuh. Tapi kalau sudah biasa sih nggak masalah," ujar Dr Michael Triangto, SpKO, ahli kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran saat berbincang dengan detikHealth, ditulis pada Rabu (26/12/2012).

Jika Anda belum terbiasa berolahraga malam, Dr Michael memberikan beberapa tips agar olahraga di malam hari tak merugikan tubuh, yaitu:

1. Intensitas latihan tak berlebihan

Bila ingin mendapatkan manfaat kesehatan, olahraga harus dilakukan sesuai dengan kapasitas tubuh. Intensitas latihan tidak bisa disamakan pada setiap orang, karena masing-masing tubuh berbeda kebutuhannya.

"Kenali diri masing-masing. Intensitas latihan harus sesuai dengan diri, jangan memaksakan," jelas Dr Michael.

Menurut Dr Michael, bila olahraga dilakukan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan kapasitas tubuh, akibatnya akan terjadi penimbunan asam laktat yang menyebabkan badan menjadi pegal-pegal dan sulit tidur.

2. Atur waktunya

"Latihan harus diatur, jam olahraga jangan terlalu dekat dengan jam tidur. Minimal 2 jam sebelum tidur," tutur Dr Michael.

Menurutnya, bila olahraga dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur akan menyebabkan siklus tubuh terganggu. Hal ini karena tubuh masih melakukan pembakaran meski olahraga sudah berlalu.

Akibatnya, tubuh menjadi panas, tidak tenang, susah tidur, kegelisahan, keresahan, bahkan menyebabkan stres. Inilah yang akhirnya menyebabkan siklus normal tubuh terganggu.

"Tapi ini tidak terjadi pada semua orang. Kalau orangnya sensitif bisa terjadi, tapi kalau kebal, tidur ya tidur saja," ujar Dr Michael.

3. Minum yang cukup

"Faktor minum harus cukup, sehingga membuat proses pendinginan (tubuh) lebih cepat. Jadi suhu tubuh cepat kembali ke suhu normal. Juga dapat mengeliminasi asam laktat yang terbentuk lebih cepat. Hal ini yang membuat badan lebih nyaman," jelas Dr Michael.

Sumber : http://health.detik.com/read/2012/12/26/152737/2127039/775/sebelum-olahraga-di-malam-hari-perhatikan-hal-hal-ini

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong