Pengertian Biaya

25 September 2013 13:31:01 Dibaca : 244

Pengertian Biaya dan Klasifikasi Biaya Menurut Para Ahli

Biaya dalam suatu perusahaan merupakan motor penggerak dalam setiap aktivitas perusahaan. Dalam menjalankan aktivitas perusahaan senantiasa mengorbankan biaya guna kelancaran operasi. Jumlah biaya yang dikorbankan pada transaksi jual beli atas sebidang tanah maka besarnya biaya diukur sebesar berapa harga perolehan (cost) yang kita keluarkan untuk memperoleh sebidang tanah tersebut.

Untuk memperoleh gambaran tentang biaya, berikut ini dikemukakan beberapa pengertian biaya oleh para ahli ekonomi, menurut Madiasmo (2000:9) mengemukakan bahwa biaya dalam arti luas adalah pengguanaan sumber-sumber ekonomis yang diukur dengan satuan uang yang terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk objek atau tujuan tertentu.

Demikian pula Supriyono (1999:16) menurutnya biaya (expenses) adalah harga perolehan ekonomis yang dikorbankan atau digunakan dalam rangka memperoleh penghasilan dan akan dipakai sebagai pengurang penghasilan.

Jadi secara singkat dapat dikatakan bahwa biaya merupakan pengorbanan sumber daya ekonomis untuk memperoleh barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan menurut Sunarto (2003:4) mengemukakan bahwa biaya adalah harga pokok atau biaya yang dimanfaatkan atau digunakan untuk memperoleh pendapatan.

Lain halnya dengan Moher, Reakin (2002:32) menurut mereka biaya adalah pengorbanan sumber daya dalam menjalankan kegiatan sehari-hari kita memberi banyak barang yang berbeda seperti pakaian, makanan, mobil, dan sebagainya. Setiap barang itu mempunyai harga yang mengukur pengorbanan kita lakukan untuk memperoleh.

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong