NORMALISASI

21 November 2012 20:20:37 Dibaca : 129

PENGERTIAN NORMALISASI

Normalisasi adalah suatu proses untuk suatu tabel yang memiliki maalah tertentu kedalam dua buah tabel atau lebih, yang tidak lagi memiliki masalah tersebut (Abdul Kadir,2002: 52). masalah tersebut biasanya merupakan suatu ketidak konsistenan (tidak normal) apabila dilakukan penghapusan (delete), pengubahan (update), dan pembacaan (retrieve) pada suatu basis data.

aturan-aturan dalam masing-masing bentuk normalisasi tersebut adalah sebagai berikut (Abdul Kadir, 2002: 54)

 

Beberapa definisi Normalisasi:

- Normalisasi adalah suatu proses memperbaiki atau membangun dengan model data relasional, dan secara umum lebih tepat dikoneksikan dengan model data logika.

- Normalisasi adalah proses pengelompokan data kedalam bentuk tabel atau relasi untuk menyatakan entitas dan hubungan mereka seg\hingga terwujud satu bentuk database yang mudah untuk dimodifikasi.

-Normalisasi dapat berguna dalam menjawab dua pertanyaan mendasar yaitu: "Apa yang dimaksud dengan desain database logical?" dan "Apa yang dimaksud dengan database fisical yang baik?"

- Normalisasi adalah suatu proses untuk mengidentifikasi "Tabel" kelompok atribut yang memiliki ketergantungan yang sangat tinggi antara satu atribut dengan atribut lainnya.

 

Bentuk tidak Normal

bentuk ini merupakan kempulan data yang akan disimpan, tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu, dapat saja data tidak lengkap atau terduplikasi dan data dikumpulkan apa adanya.

  • Bentuk Normal Pertama

suatu tabel dikatakan dalam bentuk normal pertama (1NF) bila setiap kolom bernilai tunggal untuk setiap baris. ini berarti bahwa nama kolom yang berulang cukup diwakili oleh sebuah nama kolom 9tidak perlu ada indeks dalam memberi nama kolom).

  • Bentuk Normal Kedua

suatu tabel berada dalam bentuk normal kedua (2NF) jika tabel berada dalam bentuk normal pertama, semua kolom bukan kunci primer tergantung sepenuhnya terhadap kunci primer.

  • Bentuk Normal Ketiga

suatu tabel berada dalam bentuk normal ketiga (3NF) jika tabel berada dalam bentuk normal kedua, setiap kolom bukan kunci primer tidak memiliki ketergantungan secara transitif terhadap kunci primer.

 

TUJUAN NORMALISASI

  • Untuk menghilang kerangkapan data
  • Untuk mengurang kompleksitas
  • untuk mempermudah pemodifikasian data