PERINTAH-PERINTAH SQL

04 October 2012 19:09:17 Dibaca : 5758 Kategori : 921411108tugas2

Mengenal DATABASE SQL dan Tingkatan APLIKASI DATABASE bahwa SQL merupakan sebuah bahasa permintaan yang mendekat pada suatu SMBD termasuk MYSQL. Perintahnya dapat kita sebut dengan queri. dalam penggunaanya, perintah SQL dikategorikan menjadi 3 sub perintah, yaitu DDL (Data Definition Language), DML (Data manipulation Language) dan DCL (Data Control Language). Banyak perintah dan fungsi SQL yang dapat digunakan untuk mendefenisikan maupun memanipulasi database. Suatu rangkaian aktivitas yang berhubungan dengan pemulihan dan pengoptimalan perintah query di dalam database pada SQL dapat dituliskan fasilitas yang memiliki antarmuka grafis yaitu Query Analyzer. Beberapa aktivitas yang dimaksud, antara lain :

  • Melakukan query pada databese SQL dengan menggunakan perintah-perintah SQL untuk melihat teks atau grid.
  • Melihat representasi grafik dari langkah-langkah untuk mengakses query
  • Melakukan analisa kinerja indeks

MEMAHAMI SQL

1. DATA DEFINITION LANGUAGE (DDL)

Data definition language (DDL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk membangun kerangka database.DDL merupakan bagian dari SQL yang digunakan untuk mendefenisikan data dan proyek database. Perintah digunakan untuk mendefenisikan suatu proyek, yaitu membuat, mengubah, menghapus dan memberikan izin.

ada 3 perintah yang termasuk DDL yaitu :

CREATE : Perintah ini digunakan untuk membuat , termasuk diantaranya membuat database baru, tabel baru, view baru, dan kolom.

ALTER : Perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. pekerjaanya mencakup mengganti nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, menghapus kolom, maupun memberikan atribut pada kolom.

DROP : Perintah ini digunakan untuk menghapus database dan tabel.

 

2. DATA MANIPULATION LANGUAGE (DML)

Data Manipulation Language (DML) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah terbuat.DML merupakan bagian dari SQL yang digunakan untuk memanipulasi data. Perintah-perintah ini bertugas untuk melakukan query dan perubahan yg dilakukan dalam suatu tabel

Perintah yang digunakan diantaranya :

INSERT : Perintah ini digunakan untuk menyimpan atau memasukan data baru kedalam tabel. penggunaanya setelah database dan tabel selesai dibuat.

SELECT : Perintah ini digunakan untuk mengambila data atau menghasilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi. data yang diambil dapat kita tampilkan dalam layar PROMPT MySQL. secara langsung maupun ditampilkan pada tampilan aplikasi.

UPDATE : Perintah inidigunakan untuk memperbarui data lama menjadi data terkini. jika andamemiliki data yang salah atau kurang up to date dengan kondisi sekarang, maka dapat diubah isi datanya menggunakan perintah UPDATE.

DELETE : Perintah ini digunakan untuk menghapus data dari tabel. biasanya data yang dihapus merupakan data yang sudah tidak diperlukan lagi. pada saat menghapus data, perintah yang dijalankan tidak dapat digagalkan, sehingga data yang telah hilang tidak dapat dikembalikan lagi.

Selain itu ada beberapa perintah SQL yang termasuk DML, Seperti :

Select diigunakan untuk memilih data dari suatu tabel atau view
Insert digunakan untuk Menyisipkan baris dari suatu tabel
Delete digunakan untuk Menghapus baris dari suatu tabel
UpDate digunakan untuk Mengubah isi dari kolom (field) pada suatu tabel
Commit digunakan untuk Menuliskan perubahan ke dalam disk
Rollback dingunakan untuk Membatalkan perubahan yang dilakukan setelah perintah Commit yang berakhir.
 

3. DATA CONTROL LANGUAGE (DCL)

Data ControlLanguage (DCL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk melakikan pengontrolan data dan server databasenya.DCL (Data Control Language ) adalah bagian inti dari SQL (Structured Query Language) yang mempunyai kemampuan untuk mengatur hak akses terhadap sebuah basis data (database).

DCL terbagi dua :

1.GRANT (Memberikan Hak Akses)

GRANT select, insert, update, delete ON dept TO dbora1;

 
 
Perintah GRANT di atas menunjukkan bahwa user dbora1 diberikan hak akses untuk menampilkan, menambah, memodifikasi dan menghapus data pada table dept.
 
 
 

 

2.REVOKE (Mencabut Hak Akses)

 

REVOKE priviliges ON tbname from user.REVOKE insert, update, delete ON dept FROM dbora1;

 
 
 
Perintah REVOKE di atas menunjukkan bahwa sebagian hak akses dari dbora1 dicabut kembali. Hak akses yang dicabut adalah hak untuk menambah, memodifikasi dan menghapus data. Sementara user dbora1 masih bisa menampilkan data, karena hak select tidak dicabut.

Perintah SQL, diantaranya :

GRAND : Perintah ini digunakan untuk memberikan hak/ijin akses oleh administrator (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). hak akses tersebut berupa hak membuat (CREATE), mengambil (SELECT), menghapus (DELETE), mengubah (UPDATE), dan hak khusus berkenaan dengan databasenya.

REVOKE : Perintah ini memiliki kegunaan terbalik dengan GRAND, yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user oleh administrator.