tipe data pada database

19 September 2012 09:12:45 Dibaca : 692 Kategori : 921411136tugas2

A.       Tipe Data pada MySQL

 

·    Numerik, yaitu MySQL dapat menerima masukan berupa angka-angka yang dibagi atas integer (angka tanpa pecahan) dan floating-point (angka dengan pecahan). MySQL juga mengerti notasi scientific yaitu integer atau floating-point yang diikuti tanda ‘e’ atau ‘E’, tanda ‘+’ atau ‘-‘. Misalnya angka 1.34E+12 atau 3.23e-5.

·      String/Karakter, merupakan deretan huruf yang membentuk kata yang diapit oleh tanda petik (‘’) atau tanda petik ganda (“”).

·     Waktu, merupakan data yang berisi tanggal (date) dan jam (time) misalnya “2001-10-15” untuk tanggal dengan format YYYY-MM-DD dan “12:45:15” untuk jam dengan format hh:mm:ss.

 

B. Tipe Data pada FIREBIRD

 

1). Backup Database

Perintah yang digunakan yaitu : gbak.exe -v -user <nama_user> -password <pass_user> <nama_db.fdb> <nama_db_backup.fbk>. Contoh :

1

gbak -v -user SYSDBA -password masterkey d:\database\dbsis.fdb d:\database\backup\dbsis.fbkhttp://coding4ever.files.wordpress.com/2010/12/09122010-2.jpg?w=300&h=124

 

 

Kalo databasenya ada di komputer lain gimana? Apakah tetap bisa menggunakan tool ini ? Ya jelas bisa kita tinggal tambahkan aja alamat komputernya didepan penulisan nama databasenya. Contoh :

1

gbak -v -user SYSDBA -password masterkey 192.168.0.1:d:\database\dbsis.fdb d:\database_lokal\backup\dbsis.fbk

Dengan asumsi 192.168.0.1 adalah nama komputer target, yang perlu diperhatikan disini adalah penulisan nama folder jika menggunakan spasi harus diapit tanda petik dua (“). Contoh :

1

gbak -v -user SYSDBA -password masterkey "d:\database sekolah\dbsis.fdb"d:\database\backup\dbsis.fbk

atau

1

gbak -v -user SYSDBA -password masterkey 192.168.0.1:"d:\database sekolah\dbsis.fdb"d:\database_lokal\backup\dbsis.fbk

 

2. Restore Database

Untuk proses restore perintah yang digunakan yaitu : gbak.exe -v -c -r -rep -user <nama_user> -password <pass_user> <nama_db_backup.fbk> <nama_db_restore.fdb>. Contoh :

1

gbak.exe -v -c -r -rep -user SYSDBA -password masterkey d:\database\backup\dbsis.fbk d:\database\dbsis.fdb

Perintah diatas akan mereplace database lama (untuk contoh disini DBSIS.FDB) dengan syarat tidak ada koneksi aktif ke database tersebut.

 

Nah untuk mengekstrak struktur database firebird kita akan menggunakan tool lainnya yaitu isql. Adapun perintah yang digunakan yaitu :
isql -ex <nama_db_.fdb> -d <nama_db_.fdb> -o <nama_file_backup.sql> -user <nama_user> -pass <pass_user>, contoh :

1

isql -ex d:\database\dbsis.fdb -d d:\database\dbsis.fdb -o d:\database\backup\dbsis.sql -user SYSDBA -pass masterkey

jika berhasil kita akan mendapatkan file dbsis.sql di folder d:\database\backup, yang bersisi struktur lengkap database dbsis.fdb

Tapi isql masih mempunyai kekurangan yaitu hanya mengekstrak struktur databasenya saja, untuk datanya akan kita ekstrak secara manual dari aplikasi yang insya Allah kita bahas pada artikel berikutnya.

 

3. Tipe data pada Oracle

·     VARCHAR2(size), untuk menampung string/karakter dengan panjang bervariasi (tidak harus sepanjang saat didefinisikan). Ukuran maksimum 4000.

·        NVARCHAR2(size), untuk menampung string/karakter dengan panjang bervariasi (tidak harus sepanjang saat didefinisikan). Ukuran maksimum 4000, tergantung dari karakter nasional yang dipakai dalam database.

·    NUMBER(precision, scale), untuk kolom yang menampung data angka yang memiliki total panjang sebanyak precision dan angka di belakang koma sebanyak scale. precision mulai dari 1-38 sedangkan scale mulai dari -84 sampai 127.

·         LONG, yaitu data karakter dengan ukuran maksimum 2GB.

·         DATE, yaitu tanggal mulai dari 1 Januari 4712 SM sampai 31 Desember 9999.

·         BINARY_FLOAT, yaitu 32 bit floating-point.

·         BINARY_DOUBLE yaitu 64 bit floating-point.

·         TIMESTAMP(precision), yaitu tanggal + waktu, dimana precision adalah jumlah digit detik (mulai 0-9, default 6).

·         TIMESTAMP(precision) WITH TIME ZONE, yaitu jumlah digit detik (mulai 0-9, default 6).

·         TIMESTAMP(precision) WITH LOCAL TIME ZONE. TIMESTAMP yang merujuk kepada local time (waktu di komputer kita).

·         INTERVAL YEAR(precision) TO MONTH yaitu waktu dalam bentuk tahun dan bulan, dimana precision adalah digit dari tahun yang digunakan (mulai 0-9, default 2).

·         INTERVAL DAY(day_precision) TO SECOND(second_precision) yaitu waktu dalam bentuk hari, jam, menit, dan detik. Dimana day_precision jumlah digit dari DAY (mulai 0-9, default 2) dan second_precision merupakan jumlah digit detik (mulai 0-9, default 6).

·         RAW(size) yaitu, data biner dalam format RAW, size dalam ukuran byte, maksimum size adalah 2000 byte.

·         LONG RAW yaitu data biner dalam format RAW, sama seperti LONG

·         ROWID yaitu string basis 64 yang merepresentasi alamat unik tiap baris dalam tabel.

·         UROWID(size) yaitu string basis 64 yang merepresentasi alamat unik tiap baris dalam tabel yang terindex, ukuran maksimumnya 4000 byte.

·         CHAR(size) untuk menyimpan string/karakter dengan panjang tetap, maksimum panjangnya 2000, defaultnya 1 byte dan akan dimampatkan di sebelah kanan sampai panjang terpenuhi dengan memakai spasi.

·         NCHAR(size). Yaitu versi CHAR dengan multibyte karakter.

·         CLOB dapat menampung sampai lebar 4GB.

·         NCLOB sama seperti CLOB, tetapi dia mengandung karakter Unicode.

·         BLOB yaitu Binary Large Object sampai 4GB, menyimpan data dalam bentuk binernya.

·         BFILE merupakan reference kepada file biner dari sistem operasi